Kenali Program UMKM Naik Kelas, Jangan Sampai Ketinggalan

Perkembangan dunia usaha saat ini tumbuh dengan pesat. Apalagi bagi yang tinggal di beberapa Provinsi yang memiliki program pengembangan...



Perkembangan dunia usaha saat ini tumbuh dengan pesat. Apalagi bagi yang tinggal di beberapa Provinsi yang memiliki program pengembangan UMKM. Diantaranya, Provinsi Jawa Barat dengan Program Pencetakan 100 RIbu Wirausaha, Provinsi Sulawesi Selatan dengan program Young Entrepreneur School Sulawesi Selatan (YESS), Program Wirausaha Muda di Jambi, dan Provinsi Gorontalo, serta  Program Oke-Oce di Provinsi DKI Jakarta. Selain program tersebut, pemerintah melalui  Kementrian Koperasi dan UMKM mengadakan pula pembiayaan melalui program wirausaha pemula (WP) serta pendampingan Kredit Usaha Rakyat.

Banyaknya program-program umkm yang tersebar mulai tingkat Pusat, Provinsi hingga Kabupaten/Kota meningkatkan jumlah pelaku usaha umkm di Indonesia. Menurut data dari Kementrian Koperasi dan UMKM, jumlah umkm di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 60 juta atau sekitar 3,1 % dari total penduduk Indonesia. Dari data tersebut, 99 % merupakan usaha mikro, 1,15 % usaha kecil,  1 % usaha kecil dan 0,1 % usaha besar.

Melihat perkembangan umkm tadi serta persaingannya di tingkat global, pada acara Temu  Nasional Pendamping UMKM ke II di Yogyakarta, diadakan pencanangan UMKM Naik kelas oleh ABDSI. Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI), merupakan organisasi BDS atau lembaga pendampingan umkm yang tersebar di Indonesia. Asosiasi yang berdiri sejak tahun 2002, hingga kini tetapi berkomitment untuk mengembangkan kapasitas UMKM di Indonesia. Program UMKM Naik Kelas yang digagas saat TNP II di Yogyakarta, saat ini menjadi salah satu program yang masuk dalam agenda Nasional.

Dalam mewujudkan UMKM Naik Kelas, berdasarkan hasil pengamatan ABDSI, para pelaku usaha tidak dapat berjalan sendiri. Untuk itu, peran pendamping sangat dibutuhkan. Saat ini ABDSI telah menggagas berbagai program untuk meningkatkan kapasitas pendamping dalam mewujudkan UMKM Naik Kelas. Diantaranya melalui program UMKM Naik Kelas, sertifikasi pendamping umkm, pencanangan hari UMKM tanggal 12 Agustus, dan lainnya.

UMKM Naik Kelas




Program UMKM Naik Kelas, saat ini sudah menjadi program yang dijalankan oleh Pemerintah untuk meningkatkan performance pelaku usaha di Indonesia. Program ini tidak hanya dijalankan oleh Kementrian Koperasi dan UMKM, tetapi juga oleh kementrian lain, diantaranya adalah Kementrian BUMN melalui pembentukan Rumah Kreatif BUMN (RKB), Kementrian Kominfo melalui pemberian 1 juta domain, dan Kementrian Perekonomian melalui KUR, Kementrian Keuangan melalui perubahan pajak umkm menjadi 0,5 %, dan lainnya.

Sedangkan ABDSI sendiri, saat ini para pendamping terus meningkatkan kapasitas untuk dapat mendampingi umkm agar dapat naik kelas. Untuk mempercepat pertumbuhan UMKM Naik Kelas, ABDSI membuat sebuah web yaitu http://umkmnaikkelas.com/ yang merupakan media bagi umkm dapat menigkatkan kapasitas.

Secara konsep, saat ini terdapat 7 isu strategis umkm yang diharapkan dapat meningkatkan kelas umkm, yaitu :
1. Deregulasi Kemudahan Berbisnis
2. Menangkap Peluang Era Disruptif
3. Personalisasi Model Bisnis
4. Pelibatan Generasi Milenial Dalam Bisnis
5. Akses Pembiayaan Alternatif
6. Penguatan Komunitas
7. Go Modern, Go Digital, Go Global

Peran Pendamping UMKM


Untuk mensukseskan program UMKM Naik Kelas, ABDSI bersama para pendamping umkm terus bergerak, baik melalui kegiatan yang dijalankan oleh pemerintah maupun pihak lain. Saat ini di seluruh Indonesi terdapat lebih dari 4000 pendaping UMKM yang sebagian besar bergabung dalam ABDSI. Para pendamping UMKM ini terdiri dari PNS dan Non PNS yang aktif di program pemerintah, perguruan tinggi, NGO, serta pendamping independent.

Keberadaan para pendamping saat ini dapat ditemui diantaranya di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang pada tahun 2017 tersebar di 51 Kabupaten/Kota dan di Tahun 2018 akan bertambah. Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kota yang mendapat pembantuan pendamping koperasi dan umkm, Inkubator perguruan tinggi, serta lembaga independent yang memiliki fokus pada pengembangan umkm.

Berbagai program yang saat ini dijalankan diharapkan dapat meningkatkan kualitas UMKM di Indonesia, sehingga dapat bersaing dengan perusahan dari negara lain. Apalagi, dibanding dengan konglomerasi, maka usaha dengan skala mikro, kecil dan menengah dianggap lebih tahan. Terbukti saat krisis moneter tahun 1998, umkm menjadi penyangga ekonomi negara dari kebangkrutan. Harapannya dalam kondisi ekonomi global yang tidak menentu, ketahanan umkm juga dapat mengulangi kisah suksesnya. Akan tetapi, kita berharap, umkm di Indonesia dapat terus meningkat kualitasnya, Apalagi tantangan bisnis saat ini semakin kuat, sehingga umkm juga harus dapat meningkatkan kapasitas. Keberadaan pendamping dapat menjadi mitra bagi umkm untuk dapat mempercepat pertumbuhan usaha sehingga dapat meningkat sesuai dengan yang diinginkan.

Pemerintah sudah mengeluarkan jurus ampuhnya, tinggal para pelaku usaha memanfaatkan berbagai kemudahan yang ada. Pilihan-pilihan ada di tangan anda, saatnya untuk bergerak. Akan tetap seperti saat ini atau mengikuti perkembangan jaman. Ayo manfaatkan program umkm naik kelas, untuk Indonesia yang lebih baik. Bagi yang ingin mendapat informasi update tentang program umkm di Indonesia dapat mengunjugi fokus umkm.




COMMENTS

BLOGGER: 23
Loading...

Maintenance by Hakimtea - Blogger Bandung
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan kompetisi blog Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Menu Sehat Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros review film Review Hotel Review Produk Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Seputar Rhamadlan Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Kenali Program UMKM Naik Kelas, Jangan Sampai Ketinggalan
Kenali Program UMKM Naik Kelas, Jangan Sampai Ketinggalan
https://1.bp.blogspot.com/-8GqqgVuDASo/Ww44AMDPn1I/AAAAAAAAEv0/pkniZcOzMLES6qY_CeKwbX3gN1nMtVSkgCLcBGAs/s200/Logo-Lunas2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-8GqqgVuDASo/Ww44AMDPn1I/AAAAAAAAEv0/pkniZcOzMLES6qY_CeKwbX3gN1nMtVSkgCLcBGAs/s72-c/Logo-Lunas2.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2018/05/kenali-program-umkm-naik-kelas-jangan.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2018/05/kenali-program-umkm-naik-kelas-jangan.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy