Contoh Proposal Usaha Sederhana

Bagi teman-teman yang akan mendaftar di Program Pencetakan 100 ribu wirausaha Jawa Barat, terdapat beberapa persyaratan administras...




Bagi teman-teman yang akan mendaftar di Program Pencetakan 100 ribu wirausaha Jawa Barat, terdapat beberapa persyaratan administrasi yang harus disiapkan, dan salah satu diantaranya adalah proposal. Proposal untuk program wirausaha baru, berbeda dengan proposal untuk kegiatan peringatan hari besar nasional (17 Agustus, Sumpah Pemuda), maupun proposal kegiatan keagamaan. Tetapi, proposal yang diperlukan juga bukan proposal usaha semacan bisnis plan (rencana usaha). Proposal yang diminta adalah sebuah uraian tertulis tentang rencana usaha yang akan dilaksanakan para calon peserta program atau juga gambaran tentang bisnis yang sudah berjalan dan rencana di masa depan. 

Proposal Rencana Usaha Sederhana

Terdapat beberapa model rencana usaha yang umum dibuat oleh pelaku usaha. Saya dan teman-teman konsultan ukm, sering menggunakan proposal dengan metode CEFE (Competency Based Economies trough Formation of Enterprises), akan tetapi, proposalnya sangat rinci. Untuk memudahkan para calon peserta program WUB Jabar, maka panitia mensyaratkan format proposal sederhana. 

Secara prinsip, proposal rencana usaha, terdiri dari 6 bagian : 
1. Summary (ringkasan)
2. Latar belakang usaha
3. Aspek Pemasaran
4. Aspek Produksi
5. Aspek Manajemen 
6. Aspek Keuangan

Secara ringkas, isi proposal yang harus disiapkan adalah sebagai berikut :

Ringkasan
Bagian ini cukup 1 halaman, yang merupakan gabungan dari seluruh informasi dalam proposal, meliputi  : 
a. Data pribadi (nama. alamat, no telpon, alamat tempat usaha (jika berbeda), email, akun sosmed bisnis, web).
b. Data usaha (sektor usaha : kuliner,salon/,ashion/craft; jenis usaha : kue kering, catering, minuman, dsb;  produk : semprong, gabus, bolu dsb; merk : yaki, yummy, dsb. 
c. Aspek pemasaran   : pemasaran ke mana, segmen pasar, dsb
d. Aspek produksi      : ukuran kemasan, bahan baku, kapasitas produksi
e. Aspek Manajemen  : nama pimpinan, jumlah tenaga kerja
f. Aspek keuangan      : besaran biaya investasi, modal kerja, proyeksi penjualan, proyeksi keuntungan, laba/rugi

Latar Belakang Usaha
Pada bagian ini, disampaikan sejarah atau latar belakan usaha. Misalnya, kapan usaha ini didirikan, apakah merupakan usaha baru atau melanjutkan usaha orang tua. Jika usaha baru, apa alasan memilih usaha ini, misalnya karena hobi, atau pernah bekeja di perusahaan sejenis dan lainnya. 

Aspek Pemasaran
Di bagian pemasaran, akan lebih baik jika menggunakan analisis STP (segmenting,targetting, positioning). Jika belum faham, secara umum, digambarkan, siapa saja calon konsumen usaha anda. Tinggal di wilayah mana, jenis kelamin, usia, pendapatan. Sesuaikan juga dengan rencana produk yang akan dijual. Banyak yang menulis, bahwa pemasaran seluruh Indonesia, tapi produknya spesifik daerah. Atau menulis calon konsumen adalah semua umur. Padahal kita tahu, bahwa produk itu memiliki batasan. Semakin spesifik, informasi semakin baik. 
Tuliskan juga kompetitor atau pesaing usaha yang udah ada. Boleh dicantumkan nama perusahaan, atau merek. Perlunya informasi spesifik, menunjukkan keseriusan anda membuat proposal. Bisnis itu sangat spesifik, jadi kalau copy/paste dari proposal teman, akan ketahuan.

Aspek Produksi
Di aspek produksi, anda perlu menjelaskan apa produk anda. Yang perlu dijelaskan adalah :
a. Spesifikasi produk : bentuk, rasa, ukuran kemasan, bahan baku
b. Alur atau proses usahaa : dibuat diagram alir proses produksi atau layanan 
c. Peralatan yang digunakan : tuliskan alat-alat yang digunakan

Aspek Manajemen
Tuliskan struktur organisasi atau tabel organisasi, mulai dari pemilik hingga pelaksana. Jika semua masih dikerjakan sendiri, tuliskan peran-peran yang ada dalam bisnis anda. Selain struktur organisasi, tuliskan juga ijin yang sudah dimiliki, misalnya IUMK, SKU, PIRT, Halal, untuk usaha makanan. Jika belum memiliki perijinan baik untuk usaha maupun produk, tuliskan saja bahwa anda belum memiliki ijin usaha atau ijin produk apapun. 

Aspek Keuangan
Di aspek keuangan, ada 2 hal yang harus dicantumkan, yaitu : 1. proyeksi pembiayaan (baik investasi maupun modal kerja), dan 2. proyeksi penjualan. Berdasarkan kedua angka tersebut, nanti akan dapat dilihat, apakah usaha anda layak atau tidak. Tenang saja, proposal ini bukan untuk proposal pembiayaan, tetapi akan memandu anda juga untuk menakar, apakah bisnis yang akan dilakukan ini masih bisa dilakukan atau tidak. 

Berikut, saya kirimkan contoh proposal produksi. Link ini dapat digunakan untuk teman-teman yang menjalankan usaha di sektor usaha fashion maupun makanan dan minuman.



Buat teman-teman yang menjalankan usaha di sektor jasa salon, berikut ini contoh proposal jasa salon  yang dapat digunakan. Sekali lagi, ini hanya contoh ya. Silakan teman-teman membuat proposal sesuai dengan usaha masing-masing.




Akan membutuhkan waktu memang untuk menyusun rencana usaha yang mendekati kondisi sebenarnya. Anggap saja, bahwa proposal ini adalah proposal yang akan memandu anda untuk menjalankan bisnis anda ke depan. Tidak usah khawatir, jika masih belum sempurna, dalam kegiatan pelatihan, dan pendampingan anda dapat melakukan perbaikan proposal. Sehingga, proposal yang dibuat ini akan dapat menjadi proposal untuk mengajukan pembiayaan kepada investor, maupun mitra bisnis. 

Oh ya, jangan lupa buat tampilan menarik dengan menambahkan foto-foto. Untuk halaman awal, jangan lupa juga cantumkan cover atau halaman depan, sedangkan di halaman akhir dibuat penutup proposal, sebagaimana umumnya proposal dibuat. 

Bagi yang masih bingung dengan panduan ini, saya lampirkan contoh proposal sederhana. Tapi jangan ditiru isinya ya. Karena proposal contoh ini hanya karangan alias rekayasa. Teman-teman harus membuat contoh menyesuaikan dengan kondisi sebenarnya. 

Selamat membuat proposal, semoga semua lancar pada waktunya. Ingat batas terakhir pendaftaran, kirimlah tidak saat tenggat akhir, supaya tidak terjadi gangguan di server panitia. Lupa deadline nya? buka informasi wub Jabar

Untuk teman-teman yang usahanya sudah berjalan dan ingin membuat dokumen bisnis plan secara lebih lengkap dan rinci, silakan untuk membaca tulisan tips membuat business plan yang efektif


Salam wirausaha. 



COMMENTS


Maintenance by Hakimtea - Blogger Bandung







Philips AVENT - Avent sahabat bunda
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Menu Sehat Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros review film Review Hotel Review Produk Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Contoh Proposal Usaha Sederhana
Contoh Proposal Usaha Sederhana
https://4.bp.blogspot.com/-sJbe-2dXvWY/WmF_EHWAawI/AAAAAAAAELc/dVP4Wb-meXQyx6mFRfZ1gmM1HqK68vQPgCLcBGAs/s400/business-2987962_1280.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-sJbe-2dXvWY/WmF_EHWAawI/AAAAAAAAELc/dVP4Wb-meXQyx6mFRfZ1gmM1HqK68vQPgCLcBGAs/s72-c/business-2987962_1280.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2018/01/contoh-proposal-usaha-sederhana.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2018/01/contoh-proposal-usaha-sederhana.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy