Kenali Batasmu, Ketika Harus Selow Sejenak

#resolusi2020 #selowsejenak #bahagia #HidupMengalir



dok : Pixabay

Sudah 6 hari berlalu di tahun 2020. Sebagian orang tentunya sudah mempunyai mimpi, seperti yang saya lakukan pula di tahun 2019 lalu. Dan dengan kesungguhan dan takdir yang maha kuasa, sebagian mimpi itu tercapai, kecuali menghadirkan buku solo yang sudah 6 tahun masih dalam rancangan.

Semua semangat yang biasanya hadir di awal tahun, entah mengapa, tidak terlalu berluapan saat ini. Dengan semua kesibukan yang dialami di tahun 2019 lalu, menghadirkan satu kejenuhan dan sebuah kenyataan, bahwa saya harus lebih selow, setelah saya sempat drop bulan Desember lalu. Sebagai seorang yang suka "gak enakan" kalau diminta tolong, seringkali tertimpa tugas lebih banyak. Padahal badan sudah nolak-nolak. "Ingin libur," teriak tubuh, yang tidak saya indahkan. Akhirnya tanggal 6 Desember 2019 saya disuruh balik kanan sama dokter. "Ibu pulang saja, istirahat. Ini tensinya sudah terlalu tinggi." (Gak akan ditulis ah, takut pada kaget, hehe). 

Akibatnya, di tahun ini beberapa rencana yang sudah dirancang sejak pertengahan lalu, harus ditunda dulu. Kalau ibarat mobil-mobilan, mesti mundur dulu ambil ancang-ancang. Bukan tidak mau melewati batas, tapi justru karena sudah melewati batas, harus mundur sejenak.

Situasi seperti ini sudah saya alami beberapa kali. Bandel ya, memang. Saya tipe yang ngotot. Kalau sudah memulai, harus sampai selesai. Bagus sih, iya kalau tubuhnya prima. Untuk Survivor Autoimun, harus tahu kapan injak rem, dan kapan tancap gas, dan kapan masuk bengkel. Apalagi sudah lama saya mengobati stop obat. 😄

Hidup Tidak Selalu Tentang Dunia

Kalau hanya ingat dunia, bisa jadi saya stress berat. Tentunya saya ingin melewati target-target tahun lalu. Tahun lalu, saya berhasil mengikuti 3 antologi, menangani beberapa projek tingkat Provinsi, melahirkan 1 PT, mengawal sebuah asosiasi. Dan, saya jenuh. Jenuh dari berbagai target, jenuh dari berbagai iming-iming dunia. Dalam segala macam yang tampak gemerlap, sebetulnya kita butuh rehat sejenak. Hanya untuk diri sendiri dan orang terdekat.
Dan tahun ini, ada beberapa hal yang akan saya revisi dalam menjalani hari-hari ke depan, Khususnya dalam menyusun target hidup. Terutama dalam menetapkan visi jangka pendek di tahun 2020. Pada tahun ini akan ada beberapa peristiwa besar yang dilalui, diantaranya :
1. Anak no 1 sudah lulus kuliah, saya harus membuat sebuah aturan baru untuknya, karena dia bukan anak kecil lagi, 
2. Anak no 2 akan menghadapi ujian SMP, jadi kami harus serius menyiapkan calon sekolahnya, tentunya sesuai dengan minat dan target sekolah anak,
3. Memperbaiki kondisi tubuh yang kalau tidak hati-hati bisa "ngedrop lagi". 
4. Memilih aktivitas yang tidak hanya berfokus pada dunia, tetapi juga mulai berfikir pada bekal akhirat. Usia kami sudah masuk tahap jelita, jangan ceroboh dengan mengejar sesuatu yang tidak akan dibawa "pulang'.

Hidup Mengalir Mengikuti Takdir

Usia saya kalau dalam karir lagi puncak-puncaknya. Tapi, dibalik karir yang tinggi, kondisi fisik sudah mulai menurun. Yang namanya penyakit tidak menular banyak menghinggapi. Kalau istilah teman sedang puncaknya juga. Kolesterol naik, tensi naik, gula darah naik, asam urat naik. Jadinya sudah mulai harus mengatur pola hidup, mulai pola makan, pola istirahat, hingga olahraga. 

Tidak ada lagi lembur, makan sembarangan, hingga rebahan berkepanjangan. Jadi usia ini sebetulnya sudah tidak cocok lagi untuk review makanan, kecuali makanan sehat. Ibarat diet, cheating sehari, harus dibalas cleaning seminggu, hehehe. 

Begitu juga dengan target hidup harus menyesuaikan. Mulai mengikuti alur takdir. Tidak ngoyo lagi mengejar proyek, tapi biarkan proyek yang  mengejar kita. Terus memperkuat portofolio dan tidak lupa memilih pekerjaan yang cocok. Kalau 5 tahun lalu saya masih bisa ambil pekerjaan di luar kota 2 sampai 3, sekarang harus banyak pertimbangan. Traveling tetap mengasyikkan, tapi perlu difikir juga resiko yang akan terjadi. 

Sehingga kita harus menerima dan mensyukuri semua yang terjadi, termasuk penambahan berbagai penyakit. Saya sih sadar diri, itu semua karena kecerobohan. Tapi saat masih diberi waktu, kita bisa melakukan perbaikan. Dan saya sekarang mulai lagi menekuni hobi yang menenangkan dan memilih pola hidup yang lebih sehat dan teratur.

Walau Selow, Tetap Bahagia

Kadang kita tidak pernah puas dan ingin mencapai yang lebih tinggi, dan kalau dilihat apa sih yang kita cari? Ternyata sebuah eksistensi. Dihormati, dihargai, disanjung, dianggap kaya, dianggap hebat, dianggap mampu, dan semua adalah identitas untuk mencari bahagia. Saya tidak akan menyalahkan siapapun yang memilih jalan itu, tapi tidak bagi saya. 

Semua orang berhak bahagia dengan caranya, Saya tidak memilih cara bahagia seperti di atas. Beberapa tahun lalu saat masih mengejar karir, saya bahagia jika memenangkan sebuah tender, saya bahagia jika mendapat posisi dengan penghasilan International. Tapi sekarang saya bahagia saat keluarga bahagia. Dan ternyata kebahagiaan mereka adalah diantaranya saat bisa berkumpul bersama. Saya pernah mengalami long distance mariage, secara finansial sangat sehat, tapi tidak sehat secara spiritual.

Pada dasarnya dalam di era sekarang, materi menjadi ukuran, sehingga semua orang berlomba-lomba untuk mencari materi. Tetapi kita melupakan bahwa hidup tak sepenuhnya dinilai secara materi, walah hidup perlu materi. Sebagai mahluk cerdas yang diberikan akal untuk berfikir manusia tidak boleh terpuruk. Karena, saat satu pintu tak dapat dibuka kembali, masih banyak pintu lain yang dapat dibuka. Dengan memilliki contingency atau second plan. Tetapi, kembali manusia hanya menjalankan, karena pintu-pintu tersebut ada di genggaman Sang Maha Kuasa. Tentunya, meminta kepada Sang Maha Kuasa menjadi hal utama yang harus dilakukan. Karena tanpa takdirnya pintu itu tak akan terbuka. 

Bahagia ada di dalam diri. Tak banyak yang hidup bergeliman harta tapi hati menangis. Dan tak sedikit yang hidup dengan keterbatasan, tapi selalu tertawa bahagia. Walau harus selow tetaplah bahagia. Karena adakalanya kita harus mundur sejenak, melihat ke dalam diri sebelum kembali menjemput mimpi.

Ciganitri, 6 Januari 2020


COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,85,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Kenali Batasmu, Ketika Harus Selow Sejenak
Kenali Batasmu, Ketika Harus Selow Sejenak
#resolusi2020 #selowsejenak #bahagia #HidupMengalir
https://1.bp.blogspot.com/--19Z8bKAxdA/XhMogx-qkZI/AAAAAAAAGVk/Ytnmwqi-hWM80waYPJvMxxTINIAS4DbxQCLcBGAsYHQ/s320/6%2Bjanuari.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--19Z8bKAxdA/XhMogx-qkZI/AAAAAAAAGVk/Ytnmwqi-hWM80waYPJvMxxTINIAS4DbxQCLcBGAsYHQ/s72-c/6%2Bjanuari.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2020/01/kenali-batasmu-ketika-harus-selow.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2020/01/kenali-batasmu-ketika-harus-selow.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung