Menikmati Ikan Bakar Khas Selayar, Sambalnya Ngangenin

Saat mendarat di Bandara H Alloepara, menjelang siang. Pagi hari di Bandara Hasanuddin, perut baru diisi Barongko dan Panada. Seper...




Saat mendarat di Bandara H Alloepara, menjelang siang. Pagi hari di Bandara Hasanuddin, perut baru diisi Barongko dan Panada. Sepertinya perlu makanan yang mengenyangkan. Tapi berhubung tamu, saya ikut tuan rumah. Begitu memasuki kota, mobil kemudian berhenti di sebuah tempat tidak jauh dari pelabuhan. Tampak beberapa panggangan dengan cerobong asap. Tampaknya ikan bakar nih, dalam hati saya. Ternyata benar, siang itu kami mau makan ikan bakar.


                                  Baca juga : Perjalanan ke Selayar



Olahan Ikan Khas Selayar
Sebagai daerah yang ada di lautan, ikan menjadi penganan khas Selayar. Sumber protein yang satu ini selalu tersedia, kecuali pada saat gelombang besar. Salah satu tempat yang dikenal menyajikan bakar ikan adalah di Benteng Selayar. Tepatnya di samping pelabuhan Benteng. Di lokasi ini terdapat beberapa penjual ikan bakar. Selain ikan ada juga cumi dan udang. Lokasinya cukup bersih. Pastinya tidak usah khawatir kalau ikan bakar yang dikonsumsi akan bercampur dengan asap kendaraan atau debu jalan. 




Aneka jenis ikan laut dalam organik yang ditawarkan. Ada kakap, kerapu, baronang, kue dan lainnya. Jenis ikan ini umumnya, berdaging tebal. Saya memilih ikan baronang untuk jadi hidangan siang itu. Ada 3 sambal yang disiapkan untuk melengkapi ikan bakar. Sambal terasi, sambal mangga dan sambal dabu-dabu.


.

Selain ikan dan sambal, nasinya juga unik. Nasi yang disajikan juga berbeda. Bukan hanya nasi putih biasa, tetapi nasi gurih, sejenis nasi uduk. Apa karena kelapa menjadi komoditi unggulan di Selayar? Kelapa jadi bahan yang selalu tersaji




Selain dibakar, ikan juga enak dibuat kuah. Di Selayar, juga ikan diolah menjadi Pallu Mara. Pallu Mara sejenis sup ikan dengan bumbu kuning dan belimbing wuluh. Kunyit menjadi salah satu bumbu yang selalu hadir di masakan Sulawesi Selatan. 

Ikan Bakar Bumbu
Juara dari semua hidangan adalah ikan bakar bumbu. Sembari dibakar, ikan diberi bumbu yang terdiri dari cabai, terasi, kunyit, bawang dan lainnya. Bumbu olesnya sangat meresap pada daging ikan.




Harga ikan ikan di selayar tidak akan membuat kantong bolong. Ikan dijual dalam 2 ukuran, kecil dan besar. Ukuran kecil dibanderol seharga Rp 25.000/ekor, sedangkan harga ikan bakar ukuran besar Rp 50.000/ekor. Total 8 orang, kami habis Rp 400.000 dengan tambahan minum dan cumi saus padang. Kalau di Bandung sudah habia berapa, ya? 



Lupakan diet kalau ke Selayar. Tidak.usah khawatir gemuk. Ikan bakarnya digado juga enak. Ya iyalah, ikan laut segar. Kalau di Bandung sulit dapat ikan laut segar. Dan malamnya saya tidur dengan nyenyak karena kekenyangan. 

Ikan bakar baru dari sekian kuliner yang dicicpi saat ke Selayar. Masih ada yang lain? Ada dong. Tunggu cerita selanjutnya. (Bersambung ....)
Baca : Baznas di Selayar

COMMENTS

BLOGGER: 25
  1. Wuih mantep, bikin ngiler ah

    BalasHapus
  2. Sambelnya menggugah selera. Jd laper nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Sayang tidak minta resepnya.

      Hapus
  3. Ya Allah teteh, malam-malam gini ngomongin ikan bakar ama sambel. Ya jadi laperlah wkwkwkk. Maklum aku orang padang, jadi kalau cari tempat makan harus ada sambelnya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan bakar padang juga favorit saya tuh.

      Hapus
  4. Baru aja kemarin suami ngajakin makan ikan bakar. Di Bandung jarang ikan segar bakar yg bener² segar...
    Mantap Ceu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bu. Makanya kalau ke pantai, lupakan yang lain, sempatkan makan ikan bakar.

      Hapus
  5. Lagi di Selayar ceu? Saya tinggal di makassar nih,malah belum pernah ke Selayar. Hehehe. Tapi ikan bakar bumbunya luar biasa, memang joss👍 Sulawesi kaya akan ikan😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke Selayarnya bulan Februari, baru sempat nulis sekarang. Kuliner Makassar memang luar biasa. Ikannya.... wow.

      Hapus
  6. Dari awal liat foto udah galfok sama ikan bakar bambunya, kebayang enaknya. Apalagi di pusatnya ikan pasti seger ya Ceu.

    BalasHapus
  7. Pagi-pagi baca tentang ikan bakar jadi laper, hehe. Seru nih ceritanya. Masih ada sambungannya. Lanjut, Teh!

    BalasHapus
  8. 400 ribu buat 8 orang.. Murahnyaaa

    Enak bangets lagi lihatnya. Wah di Jakarta berapa iti, enggak segar lagi ikannya. Hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau di Bandung entah habis berapa tuh.

      Hapus
  9. Makasar adalah tempatnya ikan & kuliner ikan bakarnya bikin mupeng Mba....hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Lautnya luas, dan para pelautnya hebat-hebat. Dimana ada pantai, pasti ada suku Bugis. Masakannya juga, hadeuh, bikin gagal diet.

      Hapus
  10. pengennya tiap hari makan ikan bakar. Ntar sore rayu abi beli ikan bakar aaah. Makasih foto2 menggiurkannya mbak, bener2 bikin bumil ngidam ini. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maapkan saya ya, semoga segera bisa menemukan ikan Bakar. Oh ya, rajin-rajin makan ikan ya bun. Supaya dede bayinya cerdas. Saya sudah buktikan pas hamil anak ketiga setiap hari makan ikan laut segar. Otaknya moncerr.

      Hapus
  11. 400 rebu untuk ber 8??? uwooowwww banget itu hihihihi.. jadi ngiler baca blognya si eceu mah euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murah ya Mbak. Daku juga suka mupeng baca blog Mbak Betty. Semangat ya...

      Hapus
  12. Wah bikin pengen ikan bakar nih. Itu murah banget mbak harganya :D

    BalasHapus
  13. Ya ampun, bikin ngiler aja looh, postingannya. Aku suka makan ikan apalagi ikan bakar. Hmm...

    BalasHapus

Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,53,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,70,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Menikmati Ikan Bakar Khas Selayar, Sambalnya Ngangenin
Menikmati Ikan Bakar Khas Selayar, Sambalnya Ngangenin
https://2.bp.blogspot.com/-N6K_gQukWhg/Wz3TrCwEz4I/AAAAAAAAE3s/RblZd7fwkbE9A_X8pI9eMwZ3d_ebkGqZACLcBGAs/s320/CYMERA_20180705_151458.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-N6K_gQukWhg/Wz3TrCwEz4I/AAAAAAAAE3s/RblZd7fwkbE9A_X8pI9eMwZ3d_ebkGqZACLcBGAs/s72-c/CYMERA_20180705_151458.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2018/07/menikmati-ikan-bakar-khas-selayar.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2018/07/menikmati-ikan-bakar-khas-selayar.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung