Pelantikan ABCGM dan ICSB Ramaikan Geliat UMKM di Kabupaten Sukabumi

Sumber : Dok ABCGM Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten terluas di Provinsi Jawa Barat, dengan 47 kecamatan yang membentang seluas 416...

Sumber : Dok ABCGM

Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten terluas di Provinsi Jawa Barat, dengan 47 kecamatan yang membentang seluas 4162, 41 km2. Sebagai kabupaten yang terletak di ujung barat Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sukabumi berbatasan dengan Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Kabupaten yang memiliki potensi alam "Gurilaps" yaitu Gunung, Rimba, Laut, Pantai, dan Sungai, memiliki potensi ekonomi yang luar biasa. Berdasarkan data yang dilansir dpkukm kab sukabumi, terdapat 27.000 umkm di Kabupaten Sukabumi yang terdiri dari berbagai sektor. Besarnya potensi di Kabupaten Sukabumi merupakan peluang bagi pengembangan ekonomi di Kabupaten Sukabumi. Hal ini yang menjadi pendorong didirikannya forum sinergitas Academy, Business, Community, Goverment & Media (ABCGM)  dan International Council  for Small Business (ICSB) di Kabupaten Sukabumi pada tanggal 7 Desember 2018.

Aula Hotel Augusta Kabupaten Sukabumi pada pukul 14.30 menjadi saksi dilaksanakannya pelantikan pengurus forum sinergitas ABCGM dan ICSB. Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi Drs Asep Japar, MM, yang menyampaikan dasar pelaksanaan acara pelatikan yang dilanjutkan dengan workshop manajemen kewirausahaan bagi pelaku usaha mikro kecil di Kabupaten Sukabumi. Acara dilanjutkan dengan sambutan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, yang menyampaikan betapa besarnya potensi yang ada di Kabupaten Sukabumi sehingga perlu difikirkan untuk mengembangkan potensi pasar ke luar. Keberadaan ABCGM dan ICSB diharapkan dapat menjadi media bagi pengembangan umkm, termasuk akses pasar.

Sambutan Bupati Sukabumi
Sumber : Dok ABCGM

Dalam sambutannya, Bupati Sukabumi juga menyampaikan, bahwa dalam pengembangan umkm, perlu adanya sinergitas antara pelaku usaha dengan pemerintah, akademisi, juga media. Peran akademisi adalah melakukan kajian dan meningkatkan pengetahuan pelaku usaha, sedangkan media memiliki peran untuk mempromosikan usaha yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Pelantikan Pengurus ABCGM
Sumber : Dok ABCGM


Pelantikan pengurus ICSB dilaksanakan langsung oleh Ketua Wilayah Jawa Barat, yaitu Pery Tristianto, pengusaha sektor wisata di Jawa Barat. Sedangkan pengurus ABCGM dilantik oleh Achmad Rosyad, SP, MM, waka IV Forum Sinergitas ABCGM Jawa Barat. Dalam sambutannya, Perry menyampaikan bahwa pengurus ICSB harus membantu pemerintah daerah dalam pengembangan umkm di Kabupaten Sukabumi. Senada pula yang disampaikan oleh Achmad Rosyad, bahwa sinergitas ABCGM merupakan forum yang diisi para volunteer dalam pengembangan umkm di Jawa Barat. Sinergitas yang dibangun oleh lima pilar, dibentuk untuk dapat mewujudkan umkm naik kelas. Saat ini di Kabupaten Sukabumi adalah daerah keempat yang telah membentuk forum ABCGM setelah Kabupaten Karawang, Kota Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Di wilayah tersebut, di tahun 2019 akan dijalankan program UMKM Naik Kelas, setelah dilaksanakan di Bandung pada tahun 2018.

Pembinaan UMKM dan Peran Forum Pentahelix
Saat ini belum banyak umkm yang dibina oleh pemerintah, karena berbagai keterbatasan. Keberadaan forum pentahelix, diharapkan dapat meningkatkan volume umkm yang didampingi. Hanya saja, umkm, terkadang belum apa-apa sudah meminta modal, padahal usaha mikro di tingkat awal belum membutuhkan modal. Tetapi, bagaimana produk yang ada dapat dijual sesuai kebutuhan pasar. Hal ini diungkapkan Perry Tristianto, saat workshop manajemen kewirausahaan usai  pelantikan pengurus ABCGM dan ICSB.


Perry Tristianto dan M Rudibillah
Sumber : Dok ABCGM

Acara yang digelar pukul 16.00-17.30 diisi oleh 4 pembicara, yaitu : Perry Tristianto, Drs Rudibillah MM (Kabid UKM Dinas Koperasi & UMKM), Achmad Rosyad, serta Siti Nur Maftuhah (Waka I ABCGM Prov Jawa Barat/Kepala Sekolah UMKM Naik Kelas Sinergitas ABCGM). Pada kesempatan kedua, Rudibillah menyampaikan program yang akan dilaksanakan oleh Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Barat di tahun 2019, diantaranya : One Pesantren One Product (OPOP) & UMKM Naik Kelas. Program tersebut diharapkan dapat mewujudkan Visi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yaitu Jawa Barat Juara Lahir Batin.

Achmad Rosyad
Sumber : Dok ABCGM

Siti Nur Maftuhah
Sumber : Dok ABCGM

Sedangkan Achmad Rosyad dan Siti Nur Maftuhah menyampaikan aktivitas di Sinergitas ABCGM Jawa Barat dan pelaksanaan UMKM Naik Kelas yang sudah berjalan. Kegiatan-kegiatan ini, akan pula dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi mulai tahun 2019. Sehingga organisasi yang sudah dibentuk tidak akan diam atau "tukcing", dibentuk cicing. Saat ini umkm naik kelas telah melakanakan kegiatan pelatihan online dan offline, akses bisnis, serta promosi dan pameran bagi 100 pelaku usaha mikro di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. Pada program tahun 2019, sudah dilaksanakan seleksi untuk 30 pelaku usaha mikro di Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Karawang. Yang direncanakan berjalan sejak bulan Januari 2019.

Semoga keberadaan forum sinergitas ABCGM maupun ICSB dapat mendorong bagi peningkatan jumlah dan kualitas UMKM di Kabupaten Sukabumi. Sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan pendampatan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sukabumi. (SNM)

COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,53,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,73,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Pelantikan ABCGM dan ICSB Ramaikan Geliat UMKM di Kabupaten Sukabumi
Pelantikan ABCGM dan ICSB Ramaikan Geliat UMKM di Kabupaten Sukabumi
https://1.bp.blogspot.com/-jejbwURiQuQ/XAygyU1c1YI/AAAAAAAAFUM/VRj1jTVTgcokS2SydMrrO7UZCGp9DoTAwCLcBGAs/s400/pelantikan%2Babcgm.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-jejbwURiQuQ/XAygyU1c1YI/AAAAAAAAFUM/VRj1jTVTgcokS2SydMrrO7UZCGp9DoTAwCLcBGAs/s72-c/pelantikan%2Babcgm.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2018/12/pelantikan-abcgm-dan-icsb-ramaikan.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2018/12/pelantikan-abcgm-dan-icsb-ramaikan.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung