Kenali Rumah Kreatif BUMN, Rugi Kalau Kamu Tidak Bergabung

Sekilas Tentang RKB Menyambung tulisan kemarin mengenai pendampingan umkm , saya ingin sharing informasi mengenai Rumah Kreatif BUMN (RKB), program Kementrian BUMN yang diluncurkan sejak tahun 2016. Program ini merupakan salah satu bentuk kontribusi BUMN dalam pengembangan usaha di Indonesia, khususnya skala usaha mikro dan kecil.





Sekilas Tentang RKB
Menyambung tulisan kemarin mengenai pendampingan umkm , saya ingin sharing mengenai Rumah Kreatif BUMN (RKB), program Kementrian BUMN yang diluncurkan sejak tahun 2016.  Program ini merupakan salah satu bentuk kontribusi BUMN dalam pengembangan usaha di Indonesia, khususnya skala usaha mikro dan kecil. Dalam rkb.id, disebutkan bahwa Rumah Kreatif BUMN merupakan wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatakan kapasitas dan kapabilitas UKM itu sendiri.


Pada awal peluncurannya, RKB didirikan oleh BUMN  di Kabupaten/Kota yang telah ditentukan. Dalam situs resmi RKB, dituliskan bahwa saat RKB yang telah berdiri adalah sebanyak 211 buah dari target 514. Adapun pelaksanaan RKB dikelola oleh tim yang dibentuk oleh 24 BUMN di masing-masing RKB. RKB didirikan tidak hanya di pulau Jawa saja, tetapi di seluruh Indonesia. Sebaran lokasi RKB dapat dilihat pada gambar di bawah.




Peta Lokasi RKB dan BUMN Pelaksana
. Saat ini jumlah pelaku usaha yang bergabung di RKB adalah sebanyak 488.148 orang, yang tersebar dalam berbagai sektor usaha, diantaranya adalah : makanan/minuman, fashion, kerajinan, industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa, dan lainnya.

Ingin Menjadi Anggota RKB?
Bagi pelaku usaha yang ingin menjadi anggota RKB, caranya tidak sulit, tinggal datang ke RKB yang ada di kotamu, lalu mendaftar ke RKB terdekat di kotamu.. Mengenai biayanya, tidak perlu khawatir, karena kegiatan yang dilaksanakan oleh RKB tidak berbiaya alias Gratisss.  Setelah mendaftar apa yang harus dilakukan? Tim RKB akan melakukan analisis data yang sudah diisi oleh pendaftar. Selanjutnya, mengikuti tahapan kegiatan yang ada di RKB seperti gambar berikut.

Alur Proses RKB


Apa saja kegiatan di RKB?

Layanan yang diberikan oleh RKB sangat beragam, mulai jasa pelatihan, pendampingan, pemasaran,  pameran, hingga pembiayaan.

1. Pelatihan
Pelatihan menjadi salah satu aktivitas rutin yang dilaksanakan oleh RKB. Seperti yang dilaksanakan oleh RKB BRI Bandung, yang pada tahun 2018, telah melakukan kegiatan pelatihan sebanyak 110   kali dengan melibatkan sekitar 1.500 peserta.  Jenis pelatihan yang diberikan beragam, tidak hanya manajemen, tetapi juga teknis produksi. Adapun narasumber pelatihan tersebut berasal dari  akademisi, hingga praktisi yang sudah berpengalaman, baik sebagai pelaku usaha maupun trainer.

Suasana Saat Saya Mengisi Pelatihan BMC di RKB BRI Bandung


2. Inkubator Bisnis
Inkubator bisnis menjadi salah satu program unggulan RKB BRI di tahun 2018. Program yang melibatkan salah satunya RKB BRI Bandung, telah memilih 100 peserta untuk mengikuti program inkubasi dan akselerasi bisnis. Program yang dilaksanakan selama 2,5 bulan ini telah berlangsung sejak Oktober 2018-12 Desember 2018.

Suasana Mentoring Program Inkubator Bisnis

3. Pameran
Kegiatan pameran menjadi unggulan dari RKB, dimana para anggota RKB dapat melakukan promosi secara offline dari produk yang telah dihasilkan. Pameran yang dilakukan tidak hanya di internal BUMN tetapi juga beberapa pameran lain yang potensial di wilayah kota tempat RKB beraktivitas.
Kang Uvit (kanan), Pengelola RKB BRI Bandung di acara pameran


4. Pemasaran 
Khusus untuk pemasaran, pelaku usaha anggota RKB akan didaftarkan pada marketplace Blanja,com yang merupakan marketplace yang dibangun oleh PT. Telkom.Berdasarkan data di RKB.id, saat ini terdapat 11.778 pelaku usaha yang listing di blanja.com.

Blanja.com  marketplace produk binaan RKB


5. Akses Pembiayaan
Program kredit usaha rakyat (KUR) yang dilaksanakan oleh pemerintah melalui Bank Nasional menjadi salah satu layanan yang diberikan kepada anggota RKB. Selain KUR, anggota RKB juga dapat mengakses pembiayaan dari BUMN yang dikenal dengan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dilaksanakan oleh 21 BUMN yang ditunjuk.

Sosialisasi Akses Pembiayaan


Melihat berbagai layanan yang diberikan oleh RKB, rasanya akan sangat rugi kalau para pelaku usaha tidak memanfaatkannya. Tentunya semua kembali kepada kita, apakah usaha yang sedang dikelola ingin maju atau tidak. Segera datangi RKB yang ada di kotamu dan lejitkan bisnis supaya bisa Naik Kelas.

Happy weekend, Salam UMKM Naik Kelas

sumber :
www.rkb.id
foto : instagram.com/rkb_bandung





COMMENTS


Maintenance by Hakimtea - Blogger Bandung
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan kompetisi blog Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Menu Sehat Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros review film Review Hotel Review Produk Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Seputar Rhamadlan Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Kenali Rumah Kreatif BUMN, Rugi Kalau Kamu Tidak Bergabung
Kenali Rumah Kreatif BUMN, Rugi Kalau Kamu Tidak Bergabung
Sekilas Tentang RKB Menyambung tulisan kemarin mengenai pendampingan umkm , saya ingin sharing informasi mengenai Rumah Kreatif BUMN (RKB), program Kementrian BUMN yang diluncurkan sejak tahun 2016. Program ini merupakan salah satu bentuk kontribusi BUMN dalam pengembangan usaha di Indonesia, khususnya skala usaha mikro dan kecil.
https://4.bp.blogspot.com/-uYjNMa3IWsY/XANzzF2h48I/AAAAAAAAFQc/peJ2WVRVddIFw4LnXpc4eIZuydAKuwiEwCLcBGAs/s400/rkb.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-uYjNMa3IWsY/XANzzF2h48I/AAAAAAAAFQc/peJ2WVRVddIFw4LnXpc4eIZuydAKuwiEwCLcBGAs/s72-c/rkb.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2018/12/kenali-rumah-kreatif-bumn-rugi-kalau.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2018/12/kenali-rumah-kreatif-bumn-rugi-kalau.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy