Pendampingan Usaha, Pilih Gratis atau Berbayar?

Apa itu Pendamping usaha? Pendampingan usaha sudah sejak lama dilakukan, kalau merujuk pada beberapa dokumen, pertama kali dilakukan saat program Bimas di tahun 64/65. Kemudian bermunculan lembaga pemberdayaan masyarakat, diantaranya Bina Swadaya di Jakarta, Yayasan Mandiri dan PUPUK di Bandung. Pola pendampingan usaha di masa lalu lebih banyak diarahkan pada pemberdayaan masyarakat.




Anda menjalankan bisnis sendiri? Sudah berjalan berapa lama? 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun, atau lebih dari 5 tahun. Bagaimana perkembangan bisnis yang anda jalankan? Ada yang belum 1 tahun sudah melesat jauh, ada yang masih jalan perlahan, ada yang sudah 3 tahun masih jalan di tempat. Kira-kira, apa yang salah dengan bisnis yang sedang dijalankan?

Bisnis jaman ini memang tidak mudah. Terlepas dari persoalan politik yang sedang ramai, bisnis pun juga ramai.  Bagi yang aktif di sosial media, setiap hari kita sering melihat bertebarannya produk baru. Bagi yang aktif di komunitas bisnis, apalagi di Bandung, hampir setiap hari kita mendapat broadcast info bisnis forum. Mulai dari gratisan sampai berbayar, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun komunitas. Tidak hanya offline, alias pertemuan resmi, via online pun ada. Dengan duduk manis sambil berdaster atau menggunakan sarung, kita dapat menyerap ilmu dari para mastah tanpa harus keluar rumah. Cukup kah kita mengikuti pelatihan? "Yang penting jalani usaha dengan tekun," ungkap seorang teman. Tapi, seringkali saya juga dapat japri dari beberapa orang yang minta didampingi? Apakah bisnis butuh pendamping?

Apa itu Pendamping usaha?
Pendampingan usaha sudah sejak lama dilakukan, kalau merujuk pada beberapa dokumen, pertama kali dilakukan saat program Bimas di tahun 64/65. Kemudian bermunculan lembaga pemberdayaan masyarakat, diantaranya Bina Swadaya di Jakarta, Yayasan Mandiri dan PUPUK di Bandung. Pola pendampingan usaha di masa lalu lebih banyak diarahkan pada pemberdayaan masyarakat. Dari sisi bahasa, agak sulit menemukan padanan kata pendamping. Dalam bahasa Inggris, tidak dikenal istilah pendamping usaha. Padanan kata dari pendamping yang secara umum dikenal adalah mentor, coach, fasilitastor, dan trainer.

Berikut perbedaan antara keempat aktivitas yang dilaksanakan dalam pendampingan usaha :


Tabel Jenis-jenis pendampingan usaha
Seberapa Perlu Memiliki Pendamping Usaha
Perlu atau tidaknya memiliki pendamping usaha, bergantung pada kebutuhan bisnis kita. Apakah keempat proses kita butuhkan, atau salah satu saja? Pada dasarnya kebutuhan pendamping usaha berbeda untuk setiap tahapan pertumbuhan bisnis. Secara umum, terdapat 5 tahapan pertumbuhan bisnis yang akan dilalui oleh sebuah entitas bisnis, seperti gambar berikut :
Pada tahap ide, seorang pelaku usaha umumnya mendapatkan pengetahuan mengenai bisnis dari kegiatan pelatihan sehingga di awal, dia membutuhkan trainer. 
Meningkat ke tahap start up, umumnya yang dibutuhkan adalah fasilitator yang dapat menuntun bisnis hingga dapat berjalan sesuai alur. Di tahap ini, peran fasilitator dibutuhkan untuk megurus perijinan usaha, perijinan produk, serta beberapa persyaratan dasar dalam menjalankan usaha.
Tahap growth  pelaku usaha mulai membutuhkan mentor yang dapat menarik usaha untuk dapat berjalan dengan system. 
Memasuki tahap scale up, pelaku usaha membutuhkan coach yang dapat mendorong pelaku usaha untuk dapat memasuki tahap maturity. Di tahap ini skala usaha sudah memasuki skala menengah atau besar. Bergantung juga kepada goal yang ingin dicapai oleh pelaku usaha. 

Tahap Pertumbuhan Usaha


Pendamping, dimana engkau berada?
Saat ini pendamping usaha mudah ditemukan. Mau yang gratisan  disediakan oleh pemerintah, BUMN, atau komunitas, atau mau yang berbayar. Semua bergantung pada kebutuhan dari pelaku usaha. Yang gratisan, tidak selamanya jelek, yang berbayar pun tidak menggaransi bisnis kita akan menanjak. Semua bergantung pada diri kita sendiri. 
Sehebat apapun trainer, fasilitator, mentor maupun coach yang melatih kita, kalau kitanya malas, baperan, tidak mau kerja keras, manja, jangan mimpi akan menjadi pemenang di bisnis yang sedang kita jalankan. Saat ini pemerintah melalui Kementrian Koperasi dan UMKM, Kementrian BUMN, Kementrian Perindustrian, Badan Ekonomi Kreatif, Bank Indonesia, serta Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi dan Kabupaten atau Kota, telah meluncurkan berbagai program pengembangan usaha dengan tujuan menjadikan usaha yang ada di Indonesia menjadi berdaya saing. 

Untuk informasi berbagai layanan pendampingan usaha dapat dilihat di laman berikut :
1. Kementrian BUMN - Rumah Kreatif BUMN
2. Kementrian Koperasi dan UMKM - Pusat Layanan Usaha Terpadu
3. Badan Ekonomi Kreatif
4. Bank Indonesia
5. Pemerintah Daerah

Keberadaan program-program ini sayang sekali jika tidak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Nah, kembali lagi, mau kekeuh jalan sendiri tertatih-tatih, atau belajar dari yang sudah sukses usahanya? Pilihan ada di tangan anda. 

Sumber :
Panduan Pendampingan Usaha, Program Yes I Do, PUPUK Bandung-Plan Internasional Indonesia






COMMENTS


Maintenance by Hakimtea - Blogger Bandung
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan kompetisi blog Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Menu Sehat Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros review film Review Hotel Review Produk Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Seputar Rhamadlan Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Pendampingan Usaha, Pilih Gratis atau Berbayar?
Pendampingan Usaha, Pilih Gratis atau Berbayar?
Apa itu Pendamping usaha? Pendampingan usaha sudah sejak lama dilakukan, kalau merujuk pada beberapa dokumen, pertama kali dilakukan saat program Bimas di tahun 64/65. Kemudian bermunculan lembaga pemberdayaan masyarakat, diantaranya Bina Swadaya di Jakarta, Yayasan Mandiri dan PUPUK di Bandung. Pola pendampingan usaha di masa lalu lebih banyak diarahkan pada pemberdayaan masyarakat.
https://4.bp.blogspot.com/-ylYqgLyskwU/XAIdNtLfLHI/AAAAAAAAFNk/MgKcc3WO3WwSPbimBPOmqdnKmc9ZthrdACLcBGAs/s640/pendampingan%2Busaha.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-ylYqgLyskwU/XAIdNtLfLHI/AAAAAAAAFNk/MgKcc3WO3WwSPbimBPOmqdnKmc9ZthrdACLcBGAs/s72-c/pendampingan%2Busaha.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2018/11/pendampingan-usaha-pilih-gratis-atau.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2018/11/pendampingan-usaha-pilih-gratis-atau.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy