Manfaat Minyak Zaitun Secara Medis dan Agama, Dibahas di Acara Dokter Vs Ustadz

Sudah 1 tahun ini ibu mertua rajin mengkonsumsi minyak zaitun. Usianya yang sudah melewati 70 tahun mulai mengalami gangguan kesehatan. ...



Sudah 1 tahun ini ibu mertua rajin mengkonsumsi minyak zaitun. Usianya yang sudah melewati 70 tahun mulai mengalami gangguan kesehatan. Info konsumsi minyak zaitun didapat dari teman-temannya. Dalam usia tersebut, kesehatan jadi salah satu topik obrolan yang tidak pernah lepas dari keseharian. Ibu anu minum minyak zaitun, lututnya sudah tidak sakit lagi. Ibu ini minum minyak zaitun, pegal-pegalnya hilang. Saya sudah mulai disarankan pula minum minyak zaitun. Tapi rasanya itu yang seringkali membuat asam lambung saya naik.

Pagi ini, dapat info kalau acara talk show Dokter VS Ustadz yang diadakan K-link di TVRI setiap Minggu, pukul 11-12 siang membahas tentang manfaat minyak zaitun. Pas sedang tidak ke luar rumah, stay tune deh di depan tv. Siapa tahu bakal dapat pengetahuan baru.

Dokter VS Ustadz




 K-link,  perusahaan penjualan langsung yang memasarkan aneka produk, menyiarkan acara talkshow di TVRI dengan tajuk Dokter vs Ustadz. Acara ini dikelola oleh rumah sehat k-link, layanan k-link di bidang kesehatan. Acara yang sudah berlangsung selama 6 episode sejak 8 April 2018 menyampaikan berbagai informasi kesehatan. Yang menarik adalah informasi disampaikan dalam 2 sisi, yaitu secara pengetahuan medis dan juga secara ilmu agama. Kok ustadz bicara kesehatan, eits, jangan salah, salah bapak ilmuwan kesehatan itu adalah Ibnu Sina atau di dunia barat dipanggil Avicenna. Beliau menulis beberapa kitab di bidang kesehatan yang menjadi rujukan, diantaranya adalah kitab Al Qaanun fi Ath Thib, dan Kitab Asy-Syifa. Apalagi saat ini, berkembang pula metoda pengobatan cara nabi. Beberapa episode yang telah ditayangkan, diantaranya membahas mengenai beberapa hal : kolostrum (episode 1), organ intim wanita (episode 2), jantung dan stroke (episode 3), demam berdarah (episode 4), hubungan suami istri (episode 5), dan minyak zaitun (episode 6).
Talkshow ini dibawakan oleh Zee zee Shahab sebagai host. Untuk episode 6 tentang minyak zaitun, narasumber adalah Ustadz Fadlan Gamaratan dan Dokter Arief Munandar.


Minyak Zaitun, Kandungan dan Jenisnya
Minyak zaitun merupakan minyak yang berasal dari buah zaitun. Tanaman zaitun banyak terdapat di kawasan Mediterania, dan Afrika. Di Indonesia, budidaya zaitun baru dimulai, tetapi belum dalam jumlah besar. Dirangkum dari berbagai sumber,  Kandungan minyak zaitun terdiri dari  24 % lemak jenuh, omega 6 dan lemak omega 3. serta vitamin E,vitamin K, phenolic dan zat besi. Kandungan asam oleat dalam minyak zaitun menyebabkan minyak ini paling sehat dibandingkan jenis minyak lainnya. Dalam 1 sdm minyak zaitun, sama sekali tidak terdapat kandungan kolesterol.

Menurut dokter Arief Munandar, terdapat beberapa jenis minyak zaitun, berdasarkan prosesnya. Diantaranya adalah extract virgin oil, merupakan minyak hasil pengepresan pertama. Jenis minyak ini sangat murni sehingga tidak boleh dimasak. Umumnya dikonsumsi langsung, atau dicampur dengan sayuran sebagai dressing. Sedangkan untuk memasak, dapat menggunakan jenis light olive oil.

Penggunaan minyak zaitun untuk kesehatan sebetulnya bukan sebagai obat. Akan tetapi, kandungan zat gizi dalam minyak zaitun yang sangat baik, diyakini dapat memperbaiki sistem dan organ tubuh. Sehingga bagi penderita sakit seperti kolesterol, sakit jantung, dan diabetes, dan penyakit degeneratif lainnya disarankan untuk mengkonsumsi minyak zaitun. Bahkan ada penderita diabetes yang kondisinya membaik dengan rutin mengkonsumsi minyak zaitun.

Selain dikonsumsi, minyak zaitu juga dapat digunakan untuk kosmetika, Sehingga selain memperbaiki sel dari dalam, dapat juga digunakan untuk penggunaan di kulit. Akan tetapi untuk hasil maksimal, akan lebih baik jika dikonsumsi. Penggunaan minyak zaitun di Indonesia belum terlalu banyak, bisa jadi karena berbagai hal. Diantaranya adalah kurangnya informasi tentang manfaat minyak zaitun, Dokter Arief menyarankan supaya orang Indonesia mulai kembali mengkonsumsi makanan sehat seperti orang mediterania. Minyak zaitun dapat dikonsumsi sebagai campuran dalam sambal, misalnya sambal matah atau sambal dabu-dabu. Rasanya yang getir memang tidak familiar di lidah orang Indonesia. Tetapi untuk kesehatan mengapa tidak. Konsumsi minyak zaitun bukan sebagai obat, tetapi untuk konsumsi harian. Bahkan zaitun pun dapat meningkatkan napsu makan untuk orang-orang yang sulit makan.


Minyak Zaitun dalam Al Quran
Ustad Fadlan Gamaratan mengungkapkan bahwa zaitun disebut berkali-kali dalam Al Quran. Dalam beberapa surat, tanaman ini disebutkan, diantaranya QS At Tiin :1-2. Tanaman ini diyakini sebagai tanaman tertua. Bahkan dijelaskan, bahwa minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang digunakan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW secara rutin mengkonsumsi minyak zaitun, juga menggunakannya sebagai minyak untuk memijat.

Menurut Ustad Fadlan Gamaratan, di Indonesia konsumsi zaitun belum terlalu banyak, karena asalnya dari daerah mediterania. Konsumsi minyak zaitun di Indonesia memang belum seperti kurma yang sekarang sangat mudah diperoleh dengan harga yang terjangkai. Bisa jadi, karena umat Islam belum memahami manfaat zaitun. Andaikata masyarakat sudah tahun manfaat zaitun, mungkin penggunaannya akan lebih banyak. Memang harga minyak zaitun lebih mahal dari minyak lainnya, tetapi jika sebanding  dengan manfaatnya, "Daripada mengkonsumsi minyak yang murah tetapi malah jadi sakit, pengobatannya kan jadi lebih mahal." Ujar Ustadz Fadlan.

Penjelasan dokter dan ustadz ternyata sejalan ya. Zaitun tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Berarti ibu mertua saya tepat sekali terapinya. Memang zaitun bukan obat, tetapi jika kita sehari-hari mengkonsumsi makanan sehat, maka tubuh kita akan terhindar dari berbagai penyakit.


Mengapa Harus K-Olive Oil Desert Miracle 


Acara Dokter vs Ustad juga menghadirkan Pak Surya Dharma,salah seorang Crown Ambassador K-link yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun. Bahkan dalam satu bulan, beliau dapat mengkonsumsi 2 botol. Pak Surya Dharma mengatakan kalau beliau banyak makan tetapi tidak gemuk. Apa mungkin ya, karena manfaat minyak zaitun yang dikonsumi.

K-link sebagai perusahaan penjualan, mengeluarkan produk minyak zaitun dengan merk Desert Miracle. K-Olive Oil Desert Miracle merupakan minyak zaitun jenis ekstra virgin dengan kemurnian sangat tinggi.

Komposisi  :
- Minyak zaitun murni hasil perkebunan El-Borouj Estate yang terletak di kaki bukit Atlas Marocco yang diproses secara "Cold Press" (pemerasan tanpa pemanasan).
- Salah satu Extra Virgin Olive Oil dengan kadar keasaman terendah 0,19 %

Kandungan Nutrisi :
- Oleic acid, merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).
-Tokoferol atau vitamin E. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun lebih baik dari minyak lainnya.
- Senyawa Fenolic, yaitu sejenis senyawa yang berfungsi untuk meningkakan stabilitas oksidatif dan meningkatkan rasa. Hydrohytrosol, tyrosol, oeluropein dan beberapa asam fenokik terutama ditemukan dalam minyak zaitun.

Manfaat :
- Diet padar penderita Diabetes tipe 2
- Kesehatan jantung
- Kesehatan tulang
- Mengatasi depresi
- Memperkecil resiko kanker usus
- Memperkecil resiko kanker kulit
- Membantu menjaga berat badan
- Membantu menurunkan tekanan darah
- Menjaga kebersihan telinga
- Menjaga kelembaban rambut
- Kaya akan vitami A dan E yang baik bagi nutrisi kulit
- Membantu menjaga kesehatan pencernaan

Produk K-Desert Miracle dapat diperoleh di stockis K-link atau seller di penjuru Indonesia, atau pemesanan online melalui K-net Digital Store. Oh ya, kalau jadi member K-Link, akan dapat discount member sebesar 20 %. Bingung caranya, bisa daftar member k-link . Tinggal mengisi formulir secara online,dan membayar pendaftaran. Harga K-Olive Oil Desert Miracle adalah Rp 288.000 untuk wilayah A, dan Rp 317.000 untuk wilayah B. Kalau jadi member tinggal dikurangi saja 20 %. Ingin tahu cara belanja online di web K-link, dapat baca artikel berikut .

Giveaway dan Kuis Dokter vs Ustadz

Program Dokter Vs Ustadz, selain memberikan informasi seputar kesehatan dan produk K-link, juga memberikan quiz dan giveaway setiap penayangannya. Hadiahnya, produk untuk 2 orang (quiz) dan 5 orang untuk giveaway. Kalau mau lihat seperti apa, bisa masuk ke akun instagram @klink_indonesia_official.

Jangan lupa, pekan depan nonton acara Dokter vs Ustadz di TVRI, hari Minggu pukul 11-12 siang. Nontonnya insya allah bermanfaat. Siapa tahu beruntung dapat hadiah dari giveaway dan quiz. Bisa dapat double, dapat ilmu dan produk K-Link yang bagus banget. Jadi ngarep nih, mudah-mudahan saya salah satu pemenang  episode keenam yang membahas manfaat minyak zaitun. Semoga berkah Ramadhan ya.

Sumber :
Factsheet olive oil
Wikimapia
K-link.co.id

Foto :
Pixabay
K-link.co.id



COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...

Maintenance by Hakimtea - Blogger Bandung
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan kompetisi blog Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Menu Sehat Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros review film Review Hotel Review Produk Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Seputar Rhamadlan Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Manfaat Minyak Zaitun Secara Medis dan Agama, Dibahas di Acara Dokter Vs Ustadz
Manfaat Minyak Zaitun Secara Medis dan Agama, Dibahas di Acara Dokter Vs Ustadz
https://4.bp.blogspot.com/-Xt2k_Z8hbRY/WwGCpuv4vTI/AAAAAAAAEsw/6bVSsTn2Xw0eSOBQkHTxF44zdHdUrES0gCLcBGAs/s400/olive-oil-968657_1280.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-Xt2k_Z8hbRY/WwGCpuv4vTI/AAAAAAAAEsw/6bVSsTn2Xw0eSOBQkHTxF44zdHdUrES0gCLcBGAs/s72-c/olive-oil-968657_1280.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2018/05/manfaat-minyak-zaitun-secara-medis-dan.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2018/05/manfaat-minyak-zaitun-secara-medis-dan.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy