Bekerja sambil Wisata Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner

Era digital saat ini membuat pola pemesanan tiket menjadi berubah. Tahun 2007, saat bertugas di Aceh, setiap dua pekan, saya pesan tik...



Era digital saat ini membuat pola pemesanan tiket menjadi berubah. Tahun 2007, saat bertugas di Aceh, setiap dua pekan, saya pesan tiket pesawat Jakarta-Banda Aceh pp melalui kantor atau travel biro. Tetapi, sejak beberapa tahun terakhir ini, kondisi berubah. Setiap akan melakukan survey ke lapangan, pihak klien mengirimkan bekal termasuk untuk membeli tiket.  Saat ini, cukup masuk situs pencarian lalu memesan tiket dan membayar melalui debit atau lainnya, tiket sudah di tangan. Kemudahan yang membuat saya selalu tidak kuasa menolak pekerjaan survey Jelajah Nusantara  seperti yang saya lakukan ke Malang tahun lalu.

Jelajah Nusantara Saat Kerja, Siapa Takut
Diantara beberapa profesi yang djalani, profesi sebagai peneliti sosial sudah berjalan 11 tahun, dan masih ditekuni . Bagaimana tidak, profesi satu ini seringkali menghadapkan saya pada situasi tak terduga yang menyenangkan. Seperti tahun lalu, ketika mendapatkan tawaran untuk melakukan survey di sentra umkm di Kota dan Kabupaten Malang.

Perjalanan ke Malang kali ini, saya mendapat Tiket Pesawat Garuda , tentunya dibeli melalui situs travelling terpercaya. Apalagi, ketika berangkat di saat menjelang akhir pekan. Sudah terbayang, harus pesan minimal sepekan sebelumnya, jika tidak mau kehabisan tiket. Ya, kalau boleh jujur, paling nyaman memang menggunakan pesawat garuda. Walau  membeli tiket pesawat Garuda Indonesia kelas ekonomi, tapi fasilitasnya paling lengkap. Selain dapat makanan, juga tersedia hiburan dan satu lagi, tidak pakai telat.

Karena dari Bandung ke Malang penerbangan hanya satu kali, dan perusahaan membelikan tiket pesawat Garuda Indonesia, hari itu, dari Bandunh berangkat dini hari. Perlu 4 jam menuju Bandara Soeta,  supaya tidak terlambat saat penerbangan pukul 8 pagi. Garuda saat ini berada di terminal 3 yang cukup mewah dibanding terminal lainnya. Ruangan yang asri, dilengkapi sofa yang dapat merebahkan tubuh yang pegal. Pemandangan menuju landasan pacu yang dengan akses menarik, membuat tubuh dan mata ini dimanjakan. Tepat pukul 7.25 pagi, sesuai jadwal, terdengar panggilan untuk penumpang Garuda rute Jakarta-Malang. Waktunya boarding, saatnya Garuda bersiap terbang menembus awan.

Perjalanan Jakarta-Malang ditempuh sekitar 1,5 jam. Cukup waktu untuk  menikmati hiburan di pesawat, dan film Rudi Habibie, menemani sejak tinggal landas hingga tak terasa sudah tiba di Malang. Garuda juga merupakan maskapai yang membantu pemasaran produk ukm. Produk ukm Kabupaten Bandung, menjadi salah satu produk yang dipasarkan di katalog Garuda. Bangga melihat produk buatan Teh Rina dan para ibu dengan anak berkebutuhan khusus ada di katalog, jalur Internasional pula.

Produk Usaha Mikro Kab Bandung
di Katalog Belanja Garuda Indonesia

Workcation at Malang
Bisa dikatakan, saat tugas ke Malang, sulit membedakan antara  bekerja atau liburan.  Beberapa lokasi yang didatangi adalah tempat wisata. Tugas saya sebetulnya mendatangi sentra-sentra ukm, tapi ya itu dia, beberapa sentra ukm di Malang merupakan tempat wisata. Sebut saja sentra keripik tempe Sanan yang terletak di pusat kota. Selesai survey,  dilanjutkan memborong oleh-oleh untuk pulang. Atau saat berkunjung ke Desa Pujon Kidul yang tujuan awalnya mengunjungi  koperasi wanita dan sentra pertanian.  Ternyata Desa Pujon Kidul punya tempat  wisata yang hits. Wisata kampung sawah Desa Pujon kidul dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Melihat pemandangan di Kampung Sawah, hampir tidak percaya kalau buatan warga. Penataan sawah yang asri dengan pernak-pernik yang menarik. "Semua dikelola warga bu, mulai dari penjual makanan, penjaga karcis, hingga tukang parkir," Ujar pengelola yang saya wawancara saat itu. Pengunjung yang tumpah ruah membuat makanan pun ludes. Terlihat para ibu bergantian mengisi wadah-wadah makanan. Luar biasa, kagum rasanya melihat kreatifitas warga desa Pujon Kidul.


Keripik Buah Produksi Ukm Kab Malang

Tak hanya wisata di kota dan pegunungan,  Malang juga masih memiliki beberapa destinasi wisata lain, seperti wisata  Pantai Sendangbiru dan CMC Tiga warna. Kunjungan ke kecamatan Sumbermanjing wetan membawa sensasi lain. Selain mengunjungi  sentra ikan pindang, dan olahan ikan laut, sekaligus dapat menikmati keindahan pantai Sendangbiru. Ternyata lokasi kunjungan tidak.jauh dari Pulau Sempu, sebuah pulau yang katanya masih eksotis. Sekilas tampak biasa, tapi lautnya yang jernih membuat hati ini jadi tenang. Bagi saya yang tinggal di pegunungan, laut selalu membuat saya merindu. Deburan ombak, jernihnya air laut, angin sepoi-sepoi, ah, nikmat mana lagi yang harus ku dustakan.

Pindang Tongkol Khas Sumawe

 Malang juga memiliki wisata industri seperti sentra aneka olahan Apel di Poncokusumo, sentra sendal di Singosari serta sentra lainnya.  Yang lebih asyik lagi,  selalu ada spot-spot menarik untuk dijadikan tempat swafoto. Seperti saat ke Singosari, Candi yang terkenal berada di jalan yang kami lalui. Tidak perlu sengaja untuk berekreasi, cuci mata bisa dilakukan juga sambil bekerja. Dan saat mengunjungi pengrajin jus apel di Kecamatan Tumpang, tak jauh dari tempat produksi terdapat  candi Jago yang sayang dilewatkan untuk berfoto. Sebagai penggemar wisata sejarah, Malang membuat kerinduan saya untuk menyelami masa lalu menjadi terbayarkan. Sekilas jadi teringat bagaimana pertarungan Ken Arok dengan Tunggul Ametung dalam mempertahankan Ken Dedes. Sekitar candi sudah dibangun perumahan warga, tetapi kondisinya tetap terpelihara.

Candi Jago di Kecamatan Tumpang

Walau sedang bekerja, asupan gizi jangan dilupakan. Apalagi saat survey kegiatan bisa dimulai pagi hari dan selesai saat malam.  Selain itu, Malang dikenal sebagai tempat kuliner.  Mulai dari cwie mie, soto lombok, hingga hidangan khas Jawa Timur jadi incaran untuk mengisi perut. Lupakan diet, karena kalau sedang survey harus jaga stamina, padahal modus. Tapi, makanan di Malang memang menggoda. Bukan saja karena lapar, tampilan makanan yang menarik hingga lokasi yang asri membuat suasana makan semakin menyenangkan. Beberapa menu pun harganya cukup ramah silingkungan kantong.

Cwie Mie Khas Malang

Selesai bertugas jangan lupa beli oleh-oleh. Bukan hanya menyenangkan yang di rumah, juga memberi kebahagiaan bagi ukm yang dikunjungi. Dengan membeli produk lokal sama dengan memberi rejeki bagi keluarga, karyawan dan masyarakat di rantai bisnis ukm. Malang terkenal dengan produk ukm, dan selain belanja di toko oleh-oleh, bisa juga membeli di tempat produksi. Walau survey, urusan oleh-oleh tidak boleh modus. Justru ini kesempatan untuk memperkuat ukm. Setelah belanja, jangan lupa posting di sosial media. Kalau ada yang pesan, berarti kita berkontribusi kepada peningkatan ekonomi mereka. Kalau begini, kan aktivitas kita di sosmed menjadi lahan amal juga.


Wisata Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner
Malang hanya satu dari sekian banyak destinasi wisata di Indonesia. Keindahan alam dengan ragam budaya sayang untuk dilewatkan.  Terlebih dengan kegiatan wisata yang saat ini menjadi kebutuhan.  Berbagai destinasi yang ada lebih mudah dijangkau saat ini. Dengan adanya berbagai situs wisata, sangat mudah untuk menjelajah nusantara. Seperti yang disediakan oleh Skyscanner, sebuah perusahaan situs wisata, berbasis web dan aplikasi. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2003 ini menyediakan layanan untuk memperoleh tiket pesawat, tiket hotel dan rental mobil di seluruh Indonesia

Khusus untuk pembelian tiket pesawat, skyscanner memberikan 3 perjalanan, pulang pergi, sekali jalan atau multikota. Jadi jika akan bepergian ke lebih dari satu kota cukup melakukan satu kali pemesanan. Selain menyediakan penjualan tiket pesawat, Skyscanner juga menyediakan tips dan artikel wisata yang tentunya akan sangat membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas wisata. Yang menarik, skyscanner memberikan alternatif tiket sehingga konsumen dapat memilih berbagai alternatif maskapai yang digunakan. Apakah ingin yang cepat, paling murah atau layanan paling lengkap. Harga yang diberikan pun sama dengan harga yang tertera di maskapai, jadi tidak harus membuka beberapa situs maskapai penerbangan.
Tampilan situs skyscanner

Oh ya, skyscanner bukan agen perjalanan maupun agen penjualan tiket. Jadi bagi yang ingin mendapatkan informasi mengenai status pesanan dapat langsung menghubungi agen penerbangan maupun agen perjalanan. Akan tetapi, jika ada hal-hal yang perlu ditanyakan, dapat masuk ke sub kategori bantuan yang terdapat di kanan bawah web skyscanner.

Informasi Situs Skyscanner

Nah, sudah merencanakan agenda wisata di tahun 2018? Skyscanner dapat menjadi alternatif pilihan dalam membeli tiket pesawat, hotel maupun rental mobil. Mumpung masih di awal tahun, ayo rencanakan sejak sekarang. Atau mau  workcation seperti saya? Bekerja sambil piknik, karena semua orang perlu piknik.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarkan oleh ID Corners dan Skyscanner.







COMMENTS

BLOGGER: 6
Loading...

Maintenance by Hakimtea - Blogger Bandung
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan kompetisi blog Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Menu Sehat Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros review film Review Hotel Review Produk Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Seputar Rhamadlan Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Bekerja sambil Wisata Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner
Bekerja sambil Wisata Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner
https://3.bp.blogspot.com/-JuXXoWWGGN4/Wss4XC1gs9I/AAAAAAAAEkA/b1FXPYfqt64I4oavRz8vcFM6QjlpuKkvQCLcBGAs/s400/CYMERA_20180409_165313.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-JuXXoWWGGN4/Wss4XC1gs9I/AAAAAAAAEkA/b1FXPYfqt64I4oavRz8vcFM6QjlpuKkvQCLcBGAs/s72-c/CYMERA_20180409_165313.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2018/04/bekerja-sambil-wisata-jelajah-nusantara.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2018/04/bekerja-sambil-wisata-jelajah-nusantara.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy