Aspek Pemasaran Pada Business Plan

Thank God Is Friday, tidak terasa sudah hari Jumat lagi. Hampir sepekan sejak posting serial pertama materi business plan. Di bagian ke...




Thank God Is Friday, tidak terasa sudah hari Jumat lagi. Hampir sepekan sejak posting serial pertama materi business plan. Di bagian ketiga ini, saya akan share tentang aspek pemasaran yang merupakan hal penting dalam business plan. Seringkali saat akan menjalankan bisnis, kita lebih fokus pada produk atau fitur, dan melupakan pemasaran, Sehingga pada saat bisnis berjalan, kita kebingungan, siapa sih target market produk kita. Jika saja sebelum bisnis dimulai perencanaan sudah dilakukan, tidak ada lagi pernyataan, "Masalah bisnis yang dialami adalah pemasaran." Karena sejak perencanaan, kita sudah menentukan siapa yang akan membeli dan menggunakan produk barang atau jasa yang dijual.

Seberapa Penting Aspek Pemasaran Dalam Bisnis? 
Semua orang akan menjawab bahwa pemasaran adalah penting, Ya tentunya, kalau tidak dapat memasarkan, bagaimana kita dapat memperoleh pendapatan dari bisnis? Tanpa pendapatan, maka bisnis kita hanya akan menjadi cost centre, alias membuang uang. Padahal, yang namanya bisnis ya harus profit. Kalau tidak profit, ya bikin sosial bisnis saja.

Dalam bisnis plan, sebetulnya kita sejak awal dapat menentukan pasar walau produk belum ditetapkan, atau sebaliknya. Produk sudah diketahui, selanjutnya menentukan pasar. Sehingga nanti akan berbeda dalam hal pengambilan data serta melakukan analisis pasar. Jika dasarnya adalah pasar, maka yang dicari, adalah bisnis apa yang peluang pasarnya besar, tetapi masih sedikit produk yang tersedia. Sedangkan jika produk sudah ditetapkan, maka yang dilakukan adalah menghitung berapa eksisting serapan pasar terhadap produk yang sudah disiapkan, dan yang kedua adalah berapa banyak peluang pasar yang dapat diambil.

Sebagai contoh, seorang ibu rumah tangga bernama Ani, ingin berbisnis pakaian muslim, dengan spesifikasi jilbab instant. Karena produknya sudah diketahui, maka Ibu Ani harus menghitung, berapa banyak masyarakat yang akan membeli jilbab instant. Karena usahanya masih baru, maka perlu juga ditargetkan, di tahun pertama, berapa banyak target penjualan dari jilbab instant. Andaikata dana yang tersedia adalah untuk produksi 100 jilbab per minggu, maka perlu dirancang, untuk menjual 100 jilbab instant dalam satu minggu, pasar mana yang akan dibidik terlebih dahulu. Semakin spesifik akan semakin bagus. Karena akan berpengaruh pada penetapan harga jual, cara promosi, disain produk, dan sebagainya.

Tidak sedikit penjual yang tidak berhasil memasarkan produknya karena tidak sesuai dengan pasar yang dibidik. Misalnya jika akan menjual jilbab instant model khimar,  akan lebih baik jika mulai dari komunitas. Akan tetapi jika modelnya adalah jilbab instant untuk mahasiswi, atau pekerja, maka memasarkannya pun di kalangan mahasiswi atau pekerja.

Dalam menyusun aspek pemasaran, perlu dilakukan analisis pasar, dengan menggunakan data sekunder maupun data primer. Adapun secara metodologi, konsep bauran pemasaran serta STP   dapat digunakan. Materi STP dan bauran pemasaran tidak saya sampaikan disini ya. Semoga ada kesempatan lain untuk sharing tentang teori STP dan bauran pemasaran.

Untuk menetapkan aspek pemasaran, terdapat beberapa informasi yang perlu ditampilkan di business plan,  diantaranya adalah : 1. rencana penjualan, 2. kondisi calon pembeli atau pasar sesuai pasar sasaran, 3. informasi tentang pesaing, 4. strategi pemasaran sesuai dengan konsep STP dan bauran pemasaran. Gambaran rinci tentang poin-poin yang perlu ditampilkan dalam aspek pasar, dapat menggunakan form yang ditampilkan berikut.

Nah, bagaimana, sudah punya gambaran seperti apa rencana pemasaran bisnis akan dilakukan? form yang ditampilkan adalah form yang digunakan dalam business plan CEFE. Silakan dimodifikasi sesuai kebutuhan, pastinya semakin lengkap akan semakin baik.

Semoga tidak semakin pusing ya. Ayo semangat berbisnis, mulai saja setahap demi setahap, dan nikmati prosesnya. Semoga pekan ini merupakan pekan yang membahagiakan untuk kita semua. Have a nice weekend, selamat menjalankan weekend yang indah bersama orang-orang tercinta.


COMMENTS

BLOGGER: 1

Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,14,Event blogger,23,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,93,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Aspek Pemasaran Pada Business Plan
Aspek Pemasaran Pada Business Plan
https://1.bp.blogspot.com/-OfaZB-3wsFk/Wmrp4JhhrmI/AAAAAAAAEQA/VxAQRrwMI2E5In-8Fgyff-m-CfQovPlhgCLcBGAs/s320/rtificate.png
https://1.bp.blogspot.com/-OfaZB-3wsFk/Wmrp4JhhrmI/AAAAAAAAEQA/VxAQRrwMI2E5In-8Fgyff-m-CfQovPlhgCLcBGAs/s72-c/rtificate.png
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2018/01/aspek-pemasaran-pada-business-plan.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2018/01/aspek-pemasaran-pada-business-plan.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung