Punya Daging Kurban Dimasak Apa?

Idul Adha, salah satu hari raya dalam ajaran agama Islam, memiliki makna tersendiri. Di saat sebagian umat mendapat panggilan menjalank...




Idul Adha, salah satu hari raya dalam ajaran agama Islam, memiliki makna tersendiri. Di saat sebagian umat mendapat panggilan menjalankan ibadah haji, maka sebagian lagi tetap di tanah air dengan melaksanakan ibadah kurban. Bagi yang tidak melakukan ibadah kurban, tetap berhari raya, dan mendapatkan kebahagian lain, dari pembagian daging kurban. Menu olahan daging kurban di Indonesia sangatlah beragam. Sebutlan mulai dari rendang, sate, gulai, tongseng, krengsengan, kari, dan masih beragam lainnya.

Tahun ini, berbeda dengan biasanya, saya tidak mengolah daging menjadi menu yang umum dibuat. Anak saya yang paling kecil, selalu mengeluh saat kami mengolah daging menjadi masakan yang saya sebut di atas. Alasannya adalah susah dikunyah. Bagi anak 8 tahun, mengunyah daging memang menjadi satu perjuangan. Akhirnya, daging harus diolah dengan cara digiling. Di sosial media, bertebaran foto-foto olahan daging, dan foto yang paling banyak muncul adalah baso. Hmm, kalau baso, olahannya, terbatas, saya perlu menu olahan lain dari daging giling, yang tidak kalah enak, tapi disukai anak saya. Pilihan saya jatuh pada burger dan rolade. Dua olahan daging, yang sebetulnya sangat sederhana, cepat membuatnya, dan rasanya tidak kalah enak dengan olahan lainnya, dan satu lagi anak saya bakal suka.

Burger
Bahan :
1/2 kg daging sapi, digiling halus (saya pakai hand blender)
1 butir telur
3 sdm tepung roti
4 siung bawang putih, diulek
1 bawang bombay ukuran sedang, dicincang halus
1 sdt garam
1/2 sdt merica

Cara Membuat :
1. Campurkan semua bahan, aduk rata
2. Buat bulatan, saya bagi menjadi 8 bulatan, pipihkan menjadi diameter 10-15 cm
3. Panaskan wajan anti lengket , beri sedikit minyak
4. Letakkan bulatan daging pada wajan, masak sampai berubah warna, dan agak kecoklatan. Lalu balikkan, lakukan hal yang sama untuk sisi lainnya.
5. Setelah kedua sisi matang kecoklatan, angkat. Lakukan untuk bulatan daging lainnya.
6. Daging burger siap dimakan. Dapat dimakan menjadi isian roti, atau diolah lagi menjadi makanan lainnya, misalnya menjadi bagian dari tumisan atau diberi saus asam manis.
7. Simpan di wadah, biarkan dingin, lalu tutup wadah dan masukkan dalam lemari pendingin.

Burger yang sudah matang, dapat disimpan di lemari pendingin selama maksimal sampai dengan 7 hari, dalam wadah kedap udara.


Rolade Daging
Bahan :
1/2 kg daging sapi digiling halus
1 butir telur
4 siung bawang putih
1/2 bawang bombay ukuran sedang (1/2 potong lagi untuk saus)
2 buah wortel, parut halus
1/2 sdt merica
1 sdt garam
Daun pisang/alumunium foil untuk membungkus

Dadar telur : 
2 butir telur

Saus Rolade
1/2 potong bawang bombay cincang halus
2 siung bawang putih
1/4 sdt merica
1/2 sdt garam
2 sdm kecap manis
1 sdm saus tomat
150 ml air

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan, aduk rata.
2. Kocok telur, buat menjadi 4 buah dadar
3. Beri air pada dandang/kukusan, panaskan
3. Ambil 1/4 bagian adonan, ratakan di atas telur dadar, gulung dan dibungkus dengan daun pisang/alumunium foil. Lakukan menjadi 4 gulung.
4. Setelah air di kukusan mendidih, kukus gulungan rolade, sekitar 15-25 menit, sampai matang.
5. Setelah matang, angkat, dan dinginkan.
6. Potong-potong setebal 1,5-2 cm.


Saus :
1. Tumis bawang putih dan bombay yang sudah dicincang halus, dengan minyak (1-2 sdm), sampai layu dan harum
2. Tambahkan air 150 ml
3. Tambahkan kecap dan saus, biarkan mendidih, sampai agak mengental
4. Lalu angkat. Setelah hangat, tambahkan merica dan garam. (saya terbiasa menambahkan merica dan garam setelah makanan matang. Katanya sih lebih sehat, hehe).
5. Dinginkan, tuangkan di atas rolade yang telah dipotong.

1 gulung rolade bisa  menjadi 6-8 potong, sesuai selera. Untuk mengkonsumsinya, setelah rolade dipotong, dapat diberi saus. Jika rolade tidak habis, maka dapat disimpan di dalam wadah kedap udara, selanjutnya dimasukkan ke lemari pendingin.

1 gulung rolade dapat saya pakai untuk makan siang, 4 orang. Rolade ini dapat dinikmati bersama dengan aneka macam sayur seperti sayur asem, sayur kacang, atau menu lainnya. Jadi tetap kita makan dengan menu seimbang, cukup karbohidrat, cukup protein, banyak sayur dan banyak buah. Rolade ini dapat dikonsumsi sampai 4 kali makan. Ekonomis kan. Coba kalau beli, 1 potong rolade dengan tambahan tepung sampai 50 % harganya Rp 4.000/potong. Yang kita buat ini murni daging tanpa campuran tepung, malah bisa kita tambahkan sayur seperti wortel, labu, tapi umur simpannya akan lebih pendek.

Buat yang punya balita atau anak kecil, menu ini bisa jadi alternatif untuk konsumsi daging. Dewasa pun akan menyukai. Kalau ingin terasa rempah, bisa ditambahkan potongan cabe pada saus.

Selamat mencoba.........

#DagingKurban #IdulAdha #MenuAnak #MenuBalita #SumberProtein #MenuRumahan #RoladeDaging #Burger #MakanEnak #MakanLezat

COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship entrepreneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan koperasi era modern Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Menu Sehat Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Review Produk Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Punya Daging Kurban Dimasak Apa?
Punya Daging Kurban Dimasak Apa?
https://1.bp.blogspot.com/-dTcv2bdp26U/Wa9nuVCBdnI/AAAAAAAADaM/SEv70HtWMhobWA3hnmEbQ2QwGYnai_YEQCLcBGAs/s320/IMG-20170903-WA0002.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-dTcv2bdp26U/Wa9nuVCBdnI/AAAAAAAADaM/SEv70HtWMhobWA3hnmEbQ2QwGYnai_YEQCLcBGAs/s72-c/IMG-20170903-WA0002.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2017/09/punya-daging-kurban-dimasak-apa.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2017/09/punya-daging-kurban-dimasak-apa.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy