Menikmati Ikan Segar Ala Pantura

Kuliner bagi saya menjadi sebuah bahasa universal yang dapat menyatukan semua hati, pikiran dan perasaan. Terlebih di saat perut sud...





Kuliner bagi saya menjadi sebuah bahasa universal yang dapat menyatukan semua hati, pikiran dan perasaan. Terlebih di saat perut sudah berteriak ingin di isi. Perjalanan survey ke wilayah Pantura Subang pekan ini terselamatkan oleh kuliner olahan ikan yang terkenal di wilayah ini.

Kabupaten Subang merupakan Kabupaten di Jawa Barat yang dianugerahi alam luar biasa. Sebelah selatan merupakan dataran tinggi dengan keindahan alam yang terletak di kaki gunung tangkuban perahu. Sedangkan sebelah utara merupakan perairan laut Jawa dengan area perairan dan pantai dengan perairan payau. Membelah wilayah Subang, terdapat aliran irigasi dari bendungan jatiluhur yang memberikan pasokan air bagi usaha masyarakat di sana.

Salah satu kuliner yang terkenal di Subang adalah ikan. Dengan 3 potensi perairan yang dimiliki, Kabupaten Subang sejak lama dikenal sebagai sentra ikan air tawar (ikan mas), air payau (bandeng, udang), dan air laut. Bisa ditebak, dalam kegiatan selama 3 hari di Subang, ikan menjadi menu utama pengisi perut.

Rumah Makan dan Pemancingan H Romli Pabuaran


Pabuaran menjadi salah satu lokasi survey. Berdasarkan saran Kades Pabuaran, kami disarankan melakukan wawancara ke H Romli, salah satu pemilik usaha pembibitan ikan. Usaha pembibitan ikan milik H Romli berdiri sejak tahun 1985. Saat tiba di lokasi, ternyata usaha H Romli tidak hanya pembibitan ikan mas, tetapi juga pemancingan dan rumah makan.

Olahan ikan mas menjadi menu utama di restoran ini. Ikan yang dimasak, berasal dari kolam ikan sehingga masih segar. Kami memilih 11 ekor ikan dengan ukuran sekitar 300-400 gram per ekor, setelah ditimbang kami memesan 4 kg ikan. Ikan yang sudah dibeli dapat diolah menjadi aneka macam, seperti dibakar, digoreng, cobek, hingga pepes. Kami memesan ikan bakar, goreng dan cobek.


Memesan makanan di H Romli memerlukan waktu. Karena kami kesana sambil beristirahat, sekaligus briefing, waktu 40 menit tidak terasa. Terlebih suasana rumah makan yang dikelilingi kolam ikan, dengan angin sepoi-sepoi memberikan suasana segar di tengah udara pantura yang panas. Sarana yang dimiliki memang tidak wah, tapi terbayar dengan makanan yang rasanya enak.

Akhirnya makanan pun tiba, 3 piring ikan ditambah sepiring besar karedok, lalab sambal (sambalnya 3 macam), dan semangkuk tumis telur ikan. Entah saking laparnya, 11 ekor ikan kami habiskan, begitu pula dengan karedok plus tahu dan tempe goreng. Untuk makan 11 orang dengan menu lengkap, kami membayar Rp 330.000,- jadi per orang membayar Rp 30.000.

Rumah makan H Romli dilengkapi dengan mushola, memudahkan untuk yang akan menunaikan ibadah shalat. Kalau mau datang, jam buka adalah pukul 9 pagi dan tutup pukul 17.00. Tidak sulit menuju RM Makan H Romli, karena lokasinya cukup strategis, yaitu di pinggir saluran irigasi sekunder tarum timur, perempatan jalan Pabuaran.

Ikan Bakar Blanakan Rinata Jaya
Jika Pabuaran menjadi sentra ikan air tawar, maka Blanakan adalah sentra ikan air payau dan laut. Untuk mendapat ikan segar, di setiap deaa terdapat trmpat pelelangan ikan. Tetapi lokasi pengolahan ikan masih terbatas, diantaranya Restoran Ikan Bakar Rinata Jaya. Restoran ini terletak sebelum kantor kecamatan Blanakan, dengan plang cukup besar.



Selain membeli ikan yang sudah disediakan, pembeli juga dapat membawa ikan sendiri dan membakar di sana. Lokasinya cuku nyaman, dengan tempat lesehan di samping sawah. Ikan dibakar dengan bara batok kelapa, yang sesekali ikan dioles bumbu khusus.

Tempatnya cukup luas dan juga tersedia berbagai menu. Tapi saat tadi kami memilih ikan bakar. Lengkaplah menu ikan yang kami konsumsi pekan ini. Untuk minuman, kami memesan kelapa muda.


Ikan laut yang terkenal di Pantura adalah etong, yang bentuknya agak gempal. Karena tidak ada ukuran besar, kami memesan ikan sebelah, 1 ekor ukuran besar untuk 7 orang. Keunggulan ikan yang kami pesan, yaitu ikan masih segar, sehingga rasanya manis. Berbeda dengan makan ikan laut di Bandung yang kata teman-teman, sudah mati berkali-kali

Untuk makan sebanyak 7 orang dengan minum kelapa muda, kami membayar Rp 210.000, artinya per orang membayar Rp 30.000. Cukup murah untuk seukuran restoran ikan laut segar.

Sebenarnya masih ada yang lain, tapi 2 lokasi ini saya fikir cukup representatif dan juga memuaskan kebutuhan perut yang keroncongan. Memang tidak seperti makan di rumah makan prasmanan, tetapi saya cukup puas. Kalau ke pantura lagi, kedua tempat ini akan jadi pilihan.

#IkanBakarPantura #Pabuaran #Blanakan #Subang #Kuliner #IndonesianFood #Grilledfish #IkanSegar #SambalKecap

COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship entrepreneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan koperasi era modern Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Menu Sehat Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Review Produk Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Menikmati Ikan Segar Ala Pantura
Menikmati Ikan Segar Ala Pantura
https://4.bp.blogspot.com/-WP-dOUoLXHA/WbvqpU1UP8I/AAAAAAAADc0/5R01lBczKAEXyR2i7Cq5DYV84KXGdzmqACLcBGAs/s400/IMG_20170913_131244.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-WP-dOUoLXHA/WbvqpU1UP8I/AAAAAAAADc0/5R01lBczKAEXyR2i7Cq5DYV84KXGdzmqACLcBGAs/s72-c/IMG_20170913_131244.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2017/09/menikmati-ikan-segar-ala-pantura.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2017/09/menikmati-ikan-segar-ala-pantura.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy