Perlukah Kelompok Informasi Masyarakat di Wilayah Kabupaten?

"Penguasa informasi adalah penguasa media", demikian,  bunyi tagline sebuah situs yang saya baca. Apakah demikian? Jika kita...



"Penguasa informasi adalah penguasa media", demikian,  bunyi tagline sebuah situs yang saya baca. Apakah demikian? Jika kita melihat bertaburannya informasi dan berita yang kita lihat, kita dengar dan kita baca baik di berbagai media, tampak bahwa penguasa informasi adalah penguasa media. Informasi yang tersebar di masyarakat, terkadang tidak selamanya benar. Tatkala muncul dari media yang terkenal, seringkali menjadi rujukan, tetapi tak jarang  informasi yang benar justru diragukan kebenarannya.

Di sisi lain, masih ada informasi yang hanya diketahui oleh kelompok masyarakat terbatas. Walaupun di era digital saat ini, terjadi perubahan alur  informasi, dimana informasi seharusnya diketahui semakin cepat.   Menurut webster, 1986, terdapat 5 kategori masyarakat informasi :1. Teknologi, 2. Ekonomi, 3. Pekerjaan, 4. Tata ruang (spasial), 5. Kulturasi/budaya.

Menyikapi semua dinamika pergerakan informasi yang ada, Dinas Kominfo  Kabupaten Bandung, melalui seksi kemitraan komunikasi publik, melaksanakan Diseminasi Informasi Media Interpersonal, bertempat di Riung Panyaungan, Banjaran, Tanggal 24 Mei 2017.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Susanti Agustina, bahwa saat ini Indonesia mengalami darurat literasi. Dimana masyarakat sangat mudah terkena hoax, sangat mudah menyerap dan membagikan informasi. Hal ini terjadi karena masyarakat yang jarang membaca akan kesulitan untuk membaca secara dalam, karena terbiasa membaca cepat. Sehingga  membaca harus kembali menjadi kebiasaan yang dilakukan masyarakat.

Dalam mendorong tersosialisanya informasi yang penting bagi masyarakat, Diskominfo Kabupaten Bandung akan membentuk kelompok informasi masyarakat (kim)  di Kabupaten Bandung. KIM merupakan gabungan dari lembaga komunikasi sosial. Pada pertemuan yang dihadiri oleh komunitas TBM, Ukm, Radio dan blogger, dipaparkan tentang peran komunitas dalam penyebaran informasi positif di masyarakat.

Penyebaran informasi yang positif terutama berkait dengan layanan masyarakat perlulah menjadi hal yang dikomunikasikan. Peran KIM diharap dapat mendorong penyebaran informasi masyarakat.

Dalam menyebar informasi perlu memperhatikan beberapa hal :
1. Kebenaran adanya berita
2. Apakah berita itu fakta atau tentang tidak
3. Apakah jika disebar akan bermanfaat atau tidak
4. Apakah akan mengganggu atau merugikan sekelompok orang atau tidak.

Perlu arif dalam menyebar berita. Apakah akan berdampak poaitif atau tidak. Berita yang benar hanya tersebar 2 blok, tetapi berita yang tidak benar biasanya mudah tersebar hingga ke belahan dunia.

Semoga upaya yang digagas Diskominfo Kab Bandung dapat menjadi media bagi pencerdasan masyarakat dalam penyebaran informasi yang benar bagi masyarakat.

#DinasKominfoKabBandung #PembentukanKIMKabBandung #Blogger #RTIKKabBandung #StopHoax #LembagaKomunikasiSosial #


COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship entrepreneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi Hut 69 Koperasi Indonesia IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan koperasi era modern Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Perlukah Kelompok Informasi Masyarakat di Wilayah Kabupaten?
Perlukah Kelompok Informasi Masyarakat di Wilayah Kabupaten?
https://3.bp.blogspot.com/-hDW3H6sRqLQ/WSUWTNet7KI/AAAAAAAADG4/waJrxLDVH_A8XUnPWa5CQo3HH2MIO_dywCLcB/s400/CYMERA_20170524_121141.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-hDW3H6sRqLQ/WSUWTNet7KI/AAAAAAAADG4/waJrxLDVH_A8XUnPWa5CQo3HH2MIO_dywCLcB/s72-c/CYMERA_20170524_121141.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2017/05/perlukah-kelompok-informasi-masyarakat.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2017/05/perlukah-kelompok-informasi-masyarakat.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy