5 Wisata Asyik di Malang

Siapa yang tidak kenal Malang, sebuah wilayah di Jawa Timur yang terkenal dengan buah apel nan segar dan sehat. Malang raya terdiri dari...



Siapa yang tidak kenal Malang, sebuah wilayah di Jawa Timur yang terkenal dengan buah apel nan segar dan sehat. Malang raya terdiri dari 3 wilayah, yaitu Kab Malang, Kota Malang dan Kota Batu. Selain apel, malang juga dikenal dengan aneka olahan makanan dan tempat wisata yang luar biasa. Saya cukup beruntung bisa berkunjung ke destinasi wisata di Malang.

Tugas saya di Malang, adalah melakukan survey usaha mikro kecil di Malang dan tugas ini membawa saya terdampar di 5 lokasi wisata asyik di Malang. Ingin tahu, perjalanan saya, nah berikut 5 lokasi asyik yang saya kunjungi :

Sentra Tempe Sanan Malang
Sanan adalah nama jalan yang terletak di Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbingsari Kota Malang. Nama Sanan identik dengan tempe.  Sejak puluhan tahun yang lalu, warga Sanan menggeluti usaha membuat tempe dan kripik tempe. Saat ini terdapat sekitar 400-an pembuat tempe dan kripik tempe di Sanan. Dan sejak tahun 2016, Dinas Pariwisata Kota Malang menjadikan Sanan sebagai tujuan wisata.
Sepanjang jalan Sanan, mulai dari jalan Sunandar Priyo Sudarmo kita akan disuguhi oleh bilboard toko oleh-oleh yang menjual aneka penganan khas Malang. Terlebih setelah memasuki jalan Sanan. Hingga gang kecil pun dipenuhi pembuat tempe dan kripik tempe. Banyak varian rasa yang kini dibuat, mulai harga Rp 3.500, sebungkus kripik tempe sudah dapat dinikmati. Saat ini para produsen tidak hanya melayani pembelian di Sanan, tapi pesanan ke luar daerah pun dapat dilayani. Ingin kunjungan ke Sanan sambil belajar membuat tempe, dapat menghubungi paguyuban Tempe Sanan atau melalui Dinas Pariwisata Kota Malang.


Kampung Jodipan 
Kampung umumnya berkesan kumuh, tetapi berbeda dengan
kampung Jodipan di Kota Malang. Kampung yang disulap warna-warnai oleh mahasiswa UMM pada pertengahan tahun 2016 ini menjadi destinasi wisata di Kota Malang. Kampung Jodipan berada di bantaran sungai Brantas, tepatnya Rw 02 kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing Malang. Jelang jembatan yang melintas di Jl Gatot Subroto Malang, tampak pemandangan yang menarik, yaitu atap rumah bercat warna-warni. Tak ayal, lokasi kampung jadi tempat tujuan bagi penggemar selfie.

Cafe Pinggir Sawah, Pujon Kidul
Kecamatan Pujon terletak di kaki Gunung Arjuno. Untuk melewati kecamatan Pujon kita harus melewati Kota Batu. Saat itu kami ke Pujon untuk melakukan wawancara ke kelompok simpan pinjam majlis ta'lim. Kebetulan lokasinya di DesaPujon Kidul. Pas saat waktunya makan siang, maka mampirlah kami ke Cafe Sawah. Semula saya membayangkan cafe sawah seperti rumah makan di pinggir sawah yang banyak di Bandung, tapi ternyata cafe sawah adalah sebuah destinasi wisata yang digagas oleh Desa Wisata Pujon Kidul. Bentuknya adalah taman dengan beberapa spot foto dilengkapi saung penjual makanan dan tempat para pengunjung beristirahat. Untuk masuk ke Cafe sawah, pengunjung dikenai biaya Rp 5.000 yang dapat menjadi kupon diskon saat membeli makanan.
Cafe sawah dibangun sebagai destinasi wisata yang juga menjadi tempat pemasaran produk warga Desa Pujon Kidul. Desa ini pun mendapat dukungan CSR dari Bank BNI, sehingga menjadi bagian dari program kampung BNI.


Desa Wisata Gubukklakah, Kaki Gunung Bromo
Demi mengejar wawancara ke pembuat sirup apel, akhirnya
kami sampai di Gubuk Klakah. Tetiba di sana, ibu yang membuat minuman sari apel sedang ke Malang. Tak mau kehilangan moment, sampailah kami di pengelola desa wisata Gubukklakah Kecamatan Poncokusumo. Desa wisata Gubukklakah salah satu Desa Wisata yang pengelolaannya cukup profesional. Desa yang berada di kaki gunung Bromo ini mengelola homestay penyewaan land rover untuk ke menikmati Bromo, dan beberapa paket wisata lainnya, seperti petik apel, menelusuri air terjun, dan destinasi lainnya. Dipasarkan melalui travel biro dan beberapa situs wisata, Desa wisata Gubukklakah tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal, melainkan hingga ke mancanegara. Serupa dengan Desa Wisata Pujon Kidul, di Gubukklakah, manfaat kunjungan wisata dirasakan pula oleh masyarakat. Mulai dari penyediaan homestay, makanan, guide, penyewaan land rover hingga petani apel dan produsen olahan pun kecipratan rejeki. Ingin berwisata ke Gubukklakah, dapat langsung memesan di situs Desa Wiisata Gubukklakah

Pantai Clungup,CMC Tiga Warna Sumawe
Kecamatan Sumanjing Wetan (Sumawe) adalah lokasi survey terakhir yang kami kunjungi. Demi mengunjungi pembuat pindang terbesar yang konon memproduksi pindang tongkol hingga 2 ton per hari, kami berangkat ke Sumawe. Bisa dibayangkan berapa besar tempat pemindangan yang dibangun. Dari Kota Malang, menuju Sumawe membutuhkan waktu 3 jam. Kami berangkat pukul 7 pagi dari hotel dan tiba di lokasi pukul 10. Supaya cepat, supir memberi usul untuk melewati pintu pantai Sendangbiru, salah satu pantai destinasi wisata di Sumawe. Begitu masuk pantai tampak deretan kapal nelayan yang menurut supir kami bisa disewa ke Pulau Sempu. Cukup lama saya mendengar eksotisme Pulau Sempu, dari salah satu peserta program MBM Bank Mandiri tahun 2012 yang saya ikuti. Dan tahun 2017, Pulau Sempu ada di hadapan saya.
Sembari mencari produsen olahan ikan, kami terus menggali data tentang potensi di Sumawe. Dan ternyata wisata di wilayah Sendangbiru selain dikelola Perhutani, juga dikelola ladesta Clungup CMC 3 warna.
Bagi saya, Sendangbiru dan Clungup salah satu surga bahari yang indah. Sulit membayangkan laut biru di Pulau Jawa, dengan harga yang bersahabat. Banyak tempat makan siang sana, tapi kami memilih kedai Ikan Bakar Pak Karnadi yang terletak di pintu masuk TPI sendangbiru. Selain menjual ikan bakar, Pak Karnadi juga membuat abon ikan tuna. Kami makan berempat menghabiskan Rp 150.000., harga yang wajar untuk menu ikan bakar dengan pelengkap urap dan es jeruk. Oh ya, tuna dan tongkol adalah hasil tangkapan utama nelayan di Kecamatan Sumawe.
Untuk berwisata ke Clungup, Mbak Lia dan tim sudah memiliki web dan akun sosial media yang lengkap. Supaya tidak penasaran, langsng saja masuk ke akun fb Cmctigawarna . Hanya saja jangan berfikir dapat seenaknya di Clungup. Sebagai kawasan konservasi tim ladesta sangat menjaga kebersihan, keasrian dan keberlangsungan ekosistem. Bagi yang buang sampah sembarangan, siap-siap di denda Rp 100.000/sampah.

Nah, liputan saya tidak biasa kan. Semua highly recommended. Tidak bakal menyesal datang ke Malang. Saya sendiri ingin kembali ke Malang, mengajak keluarga mengunjungi destinasi yang luar biasa. Selain berwisata, kita juga membantu ekonomi warga sekitar. Katanya cinta NKRI, yuk tunjukkan dengan belanja produk lokal dan mengunjungi wisata yang dikelola warga lokal.

#5WisataAsyikDiMalang #TempeSanan #KampungJodipan #DesaPujonKidul #WisataGubukKlakahBromo #Sendangbiru #CMCTigaWarna

COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi Hut 69 Koperasi Indonesia IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: 5 Wisata Asyik di Malang
5 Wisata Asyik di Malang
https://4.bp.blogspot.com/-WQkshrvIimM/WR17kTaoFpI/AAAAAAAADE8/r6JQWWSxWGUO-yInhlRNgeOFRTrpo2aXACLcB/s640/CYMERA_20170518_173850-01.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-WQkshrvIimM/WR17kTaoFpI/AAAAAAAADE8/r6JQWWSxWGUO-yInhlRNgeOFRTrpo2aXACLcB/s72-c/CYMERA_20170518_173850-01.jpeg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2017/05/5-wisata-asyik-di-malang.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2017/05/5-wisata-asyik-di-malang.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy