Punya Usaha, Ingat Batas Tax Amnesty 31 Maret 2017

"Sosialisasi tax amnesty saat gathering pendamping, buat apa?" Tanya saya, saat panitia gathering menyampaikan akan ada sosi...




"Sosialisasi tax amnesty saat gathering pendamping, buat apa?" Tanya saya, saat panitia gathering menyampaikan akan ada sosialisasi tax amnesty di acara gathering pendamping wirausaha baru Jabar hari ini. Oh ya, hari ini, minggu, 26 Februari 2017, para pendamping wub mengadakan acara gathering. Wub =wirausaha baru adalah program yang dijalankan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam upaya mencetak 100 ribu wirausaha. Dinas Koperasi dan Usaha Kecil menjadi salah satu pelaksana, melalui UPT Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil (Balatkop).  Berbeda dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya, Balatkop merancang program pendampingan dengan melibatkan para pelaku usaha yang memiliki keinginan berbagi pengalaman dan pengetahuan. Membayangkan ada sosialisasi tax amnesty di acara gathering yang niatnya ingin ketawa-ketiwi pasti "enggak banget". Tapi ya, karena sudah diputuskan dan juga ada permintaan dari Balatkop ya apa boleh buat. Semoga tidak bikin acara jadi tidak mengasyikkan, celetukan beberapa teman.

Batas Waktu Tax Amnesty 31 Maret 2017

Mendengar kata tax amnesty, saya berfikir, itu sih domain pengusaha besar. Iya lah, saya ini bisnisnya masih mikro banget. Per definisi, usaha mikro adalah usaha yang asset kurang dari Rp 50.000.000, dan omzet kurang dari Rp 300.000.000/ tahun. Sedangkan usaha kecil itu, asset antara Rp 50.000.000-Rp 250.000.000 dan omzet antara Rp 300.000.000-Rp. 2.500.000.000 per tahun. Bagi kategori ini, maka dikenakan pajak 1% dari omzet. Jadi ya, saya fikir belum jadi obyek tax amnesty. Hmm, Kanwil Pajak, difikir-fikir rajin sekali ya, sampai kejar-kejar event ukm untuk sosialisasi soal pajak.

Di acara gathering hari ini, alokasi waktu untuk kanwil Pajak
Pak Irwan, Kasi Bimb Penyuluhan 
adalah setelah sambutan. Tetapi, karena Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Dr. Dudi Sudrajat Abdurrahim, pamit ada agenda lain, maka para pendamping ingin foto bersama dulu. Usai foto-foto, lalu peserta berkumpul lagi untuk mendengarkan uraian tentang tax amnesty. Kanwil pajak diwakili oleh Bapak Irwan dan Bapak Teguh dari Humas Kantor Pajak wilayah Jabar I Pak Irwan menyampaikan tentang kenapa tax amnesty penting untuk ukm.

 Pak Teguh, Petugas Pajak Terbaik
Tax amnesty atau pengampunan pajak adalah program penghapusan laporan pajak sebelum tahun 2016. Kenapa dilakukan tax amnesty, karena dari 32 juta pemilik npwp, hanya 1 juta yang melaporkan dan membayar pajak. Hayoo, pada lapor pajak tidak ? Nah saat pelaporan pajak, wajib pajak diharuskan melaporkan harta yang dimiliki. Objek pajak adalah pendapatan kita, sedangkan harta bukan objek pajak. Nah tax amnesty dilakukan untuk menghapus pajak harta yang penghasilannya belum dilaporkan hingga tahun 2016.

Hal ini dilakukan, karena setelah program tax amnesty selesai, jika ada harta yang belum dilaporkan dan diketahui oleh petugas pajak, maka akan dikenakan pajak sebesar 5 % untuk perolehan harta kurang dari 10 M. Ih serem kan. Apalagi yang punya penghasilan, punya harta, tidak pernah lapor pajak. Sekarang Dirjen Pajak diberikan kewenangan oleh Bank Indonesia untuk mengetahui rekening bank para wajib pajak. Oow....ketahuan deh rekeningnya gembul tapi tidak lapor pajak.

Untuk pelaku usaha mikro dan kecil, akan dikenakan  tax amnesty sebesar 0,5 % . Kok bisa? Karena usaha mikro dan kecil punya pendapatan kurang dari 4,8 Milyar per tahun. Tapi kalau usahanya lebih dari 10 M atau masuk kategori usaha menengah, an kena 2% dari harta yang dilaporkan.  Oh ya, batas tax amnesty adalah tgl 31 Maret 2017, bersamaan dengan masa akhir pelaporan pajak tahunan orang pribadi.

Sangsi Tidak Ikut Tax Amnesty
Kalau tidak punya npwp dan tidak ikut tax amnesty bagaimana? Pak Teguh, yang menurut  Pak Irwan adalah petugas pajak terbaik tingkat nasional, menjelaskan dampak tidak ikut tax amnesty untuk pelaku usaha : 1. Harta yang dimiliki akan dikenakan pajak, 2. Harta yang dimiliki  jika diwariskan, maka ahli waris akan terkena peraturan pajak yang baru. Apa saja sih harta yang harus dilaporkan : 1. Rumah, 2. Kendaraan, 3. Tabungan, 4. Perhiasan atau logam mulia, 5. Asuransi unit link, 6. Saham dan pendapatan lain.

Saat ini Dirjen Pajak melakukan reformasi pajak, sehingga objek pajak jika tidak membuat laporan pajak yang benar akan dikenakan sangsi.  Nah mumpung masih ada waktu 32 hari lagi. Ayo lapor pajak dan lakukan pembetulan atau tax amnesty. Caranya bagaimana? Berhubung bukan petugas pajak, saya tidak bisa sampaikan di sini. Tapi, bagi para wajib pajak yang punya NPWP, dapat menemui bagian humas di kanwil pajak di daerah nya atau konsultan pajak resmi (AR) di tempat kita mendapat NPWP.

Sosialisasi Pajak Bertabur Hadiah
Penjelasan yang disampaikan Pak Irwan dan Pak Teguh hari ini
Hadiah dr Kanwil DJP Jabar I
Hternyata jauh dari kesan membosankan maupun menakutkan. Acara diisi berbagai kuis seputar pajak, dan saya jadi malu karena sudah berfikir akan sia-sia.  Maaf ya pak, sudah berfikiran kurang baik. Bahkan acara ini boleh dibilang seru. Dapat ilmu, dapat hadiah dan kesempatan kerjasama pula. Saya sendiri kebagian medical kit, horee.

Mungkin karena suasananya santai, sambil lesehan di taman dan ngemil hasil karya para pendamping bidang mamin, walau materinya tax amnesty tapi tidak berkesan seram. Saya dan peserta lainnya jadi bersyukur dapat informasi ini. Coba kalau terlambat, kan harus bayar lebih mahal.

Bicara pajak, saat ini jadi solusi untuk pendapatan negara. Di saat harga minyak bumi turun, batubara anjlok, minerba lain juga semakin berkurang karena tidak bisa dibarukan.  Maka sektor usaha riil yang bisa jadi tumpuan negara. Memang sih kalau diakumulasi nilainya lumayan. Hanya kalau difikir-fikir, pajak kan juga dibebankan ke konsumen, jadi ya tidak masalah. Jika pendapatan kita kurang dari 4,8 milyar per tahun, maka pajak yang harus dibayarkan adalah 0,5 %. Informasi dari Pak Teguh, ke depan pajak ukm adalah 0,5 % dari yang sebelumnya 1%. Masih lebih kecil kok dari bayar zakat untuk muslim. Itung- itung shodakoh deh sama negara, dan ini bukti kecintaan kita pada negara. Lupakan Gayus dan kasusnya. Jangan pernah protes tentang lambatnya pembangunan negara kalau tidak pernah bayar pajak.

Saya lapor pajak, kamu? Yuk perbaiki laporan pajak kita supaya tidak kesulitan dikemudian hari, mumpung masih ada waktu sampai 31 Maret 2017.

#taxamnesty #sosialisasipajak #gatheringwubjabar #kanwilpajakIJabar #laporSptOrangPribadi

COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi Hut 69 Koperasi Indonesia IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Punya Usaha, Ingat Batas Tax Amnesty 31 Maret 2017
Punya Usaha, Ingat Batas Tax Amnesty 31 Maret 2017
https://4.bp.blogspot.com/--qUBB4AvDdI/WLLAI4uTPvI/AAAAAAAAC0Y/-wtvi4nZ4fwuExyUQAbW_dEMZLj2V0EkgCLcB/s640/IMG-20170226-WA0003.jpg
https://4.bp.blogspot.com/--qUBB4AvDdI/WLLAI4uTPvI/AAAAAAAAC0Y/-wtvi4nZ4fwuExyUQAbW_dEMZLj2V0EkgCLcB/s72-c/IMG-20170226-WA0003.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2017/02/punya-usaha-ingat-batas-tax-amnesty-31.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2017/02/punya-usaha-ingat-batas-tax-amnesty-31.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy