Tips Libur Berkesan Ala Traveler

Siapa yang tidak suka dengan libur? Hari libur selalu dinantikan semua orang, baik anak-anak hingga dewasa. Seperti hari ini, hari Jumat,...


Siapa yang tidak suka dengan libur? Hari libur selalu dinantikan semua orang, baik anak-anak hingga dewasa. Seperti hari ini, hari Jumat, hari terakhir bekerja dan sekolah bagi sebagian besar orang. Buat saya yang di Bandung, Jumat adalah awal dari kemacetan yang akan terus berlangsung hingga Minggu pagi. Tapi pagi ini saya mau cerita mengenai tips liburan yang disampaikan Bu Joice Tauri Santi, wartawan senior Kompas dan Parmadi Budiprasetyo seorang fotografer. Mereka berdua hadir sebagai pembicara pada event roadshow yang diadakan oleh Sun Life Financial Indonesia, tanggal 31 Juli 2016 si Cafe Halaman Paris Van Java Bandung. Roadshow yang berjudul "Wujudkan Liburan Terbaikmu itu menghadirkan kedua pembicara tersebut bukan dalam aktivitas profesionalnya, tetapi tentang aktivitas sebagai traveler. Acara yang menyampaikan info tentang Perencanaan Keuangan dari Sun Life Financial ini menjadi berbeda. Wah, jadi penasaran betul. Bagaimana ya menciptakan liburan terbaik? Soalnya liburan saya biasa tanpa perencanaan. Pas mau direncanakan suka gagal. Tapi kok bisa ya,Bu Joice dan Mas Parmadi merencanakan liburannya dengan matang. Nah, saya bagikan tipsnya.

Tips Sukses Berlibur Versi Joice Tauri Santi

Ada lima hal yang disampaikan oleh Bu Joice, supaya kita dapat melaksanakan liburan dengan sukses dan happy, ada 5 hal yang harus di perhatikan dan dipersiapkan dengan matang, sebagai berikut :

1. Tetapkan Jadwal Berlibur
Diantara semua hal, waktu saat ini yang paling menentukan. Seringkali karena pekerjaan dan jadwal libur yang terbatas atau berbenturan, kita tidak dapat semaunya menetapkan waktu berlibur. Apalagi jika berlibur bersama keluarga. Perlu melihat waktu dimana anak tidak sengaja sibuk di sekolah, atau tempat kita bekerja sedang memiliki acara penting.  


2. Tetapkan Musim
Musim berpengaruh terhadap biaya serta tempat. Saat high season, maka harga tiket dan penginapan akan lebih tinggi. Atau misalnya ingin menikmati event tertentu, maka waktunya harus tepat.

 3.Tetapkan Tujuan
Tujuan tentulah sangat penting. Berlibur di dalam negeri akan membutuhkan dana yang umumnya lebih rendah daripada berlibur ke luar negeri. Tujuan juga akan menentukan perlengkapan yang harus dibawa. Berlibur ke pantai akan berbeda dengan berlibur ke pegunungan.

4. Tetapkan Anggaran
Anggaran atau budget merupakan hal penting yang harus disiapkan dalam berlibur. Terdapat 6 pos yang harus disiapkan, antara lain sebagai berikut :
a. Transportasi (25%)
 Membeli tiket jauh-jauh hari atau di saat promosi akan memberikan penghematan budget.
b. Akomodasi (25 %)
Situs penginapan online dapat menjadi alternatif. Terkadang ada yang memberi harga promo atau voucher diskon. Tinggal kita memilih akan menginap di hotel berbintang atau yang ekonomis.
c. Makan (25%)
Makan dapat menjadi pengeluaran yang cukup besar. Dalam sehari pastinya anggaran makan akan dikeluarkan sebanyak dua  kali. Tempat kita makan akan sangat mempengaruhi anggaran. Makan di kaki lima jelas lebih mahal daripada makan di restoran. Bagi yang muslim, perlu si cek juga tempat makan halal nya ya. (Yang ini mah versi saya, hehe).
d. Oleh-oleh (10%)
Oleh-oleh oleh atau buah tangan menjadi hal yang jangan sampai dilupakan. Tidak harus mahal, seperti magnet kulkas, gantungan kunci juga sudah cup, urai Bu Joice.
e. Biaya tak terduga (15%)
Terkadang hal tak terduga muncul, jadi perlu juga untuk mengalokasikan anggaran tak terduga, seperti dana kesehatan, asuransi, kehilangan dan lainnya.

Mengenai budget, Bu Joice memberikan tips menabung. Jika rencana liburan kita masih panjang, misalnya sekitar 3 tahun lagi, maka selain menabung kita juga bisa berinvestasi, misalnya dengan menabung emas. Nah bagaimana cara menabung emas, dapat klik disini  Nabung Emas Mulai Rp 5.000

 Sedangkan jika waktu menabung cukup singkat, maka menabung adalah satu-satunya pilihan. Oh ya, jangan tergiur pinjam uang Kata Bu Joice. Jangan sampai beres berlibur kita malah jadi bangkrut atau jatuh miskin. Banyak lembaga pembiayaan yang menawarkan KTA. Tapi setelah dihitung, ternyata uang yang harus dikeluarkan hatinya bisa lebih besar sampai 40%. Kalau dengan menabung kita akan menggunakan uang sesuai dengan yang sudah kita tabung.

Oh ya,liburan itu ternyata punya manfaat tambahan. Beberapa orang dapat menulis buku setelah pergi berlibur, dan bukunya laris pula sehingga mendapat penghasilan tambahan dari buku atau artikel yang ditulisnya. 

Nah, supaya bisa berlibur apa yang harus dilakukan :
1. Tetapkan, rencanakan dan kuatkan hati untuk berlibur. Jangan tergoda diskon barang branded.
2. Mulai menabung
3. Simpan tujuan liburan kita di screen saver atau layar HP, pandangi setiap hari dan jadikan bagian dari doa.

Berbeda dengan Mas Parmadi, yang menyampaikan tips berlibur asyikmdan hal-hal yang dapat mengganggu saat berlibur.

Tips Liburan Ala Parmadi Budiprasetio

Pemilik blog keponih.com yang juga fotografer ini sering berlibur melalui fasilitas kerjanya. (Cie, sama dong sama saya). Kalau kata Pak Fabi, Abidin : atas biaya dinas. Ih, biarin saja ya. Itu mah rejeki yang tidak boleh dipungkiri. Kembali ke paparan Mas Parmadi, ternyata Mas Parmadi mengawali perjalanannya dari mimpi. Seperti cerita beliau ingin pergi ke berbagai tempat, dan dalam satu bulan dapat traveling ke 7 tempat. Lalu setelah bermimpi, lakukan 5 hal berikut, yaitu:
1. Perencanaan
2. Persiapan
3. Perjalanan
4. Petualangan
5. Evaluasi



Penentu perencanaan perjalanan adalah siapa partner kita. Berlibur dengan pasangan saja akan berbeda dengan berlibur bersama anak. Mulai dari jenis transportasi, tujuan berlibur, tempat menginap dan lainnya.

Waktu juga menjadi penentu. Kapan kita akan berlibur. Kurang lebih mirip dengan paparan Bu Joice. Booking akomodasi dan transportasi jauh-,jauh hari. Jangan lupa pesan tiket pulang, supaya tidak kehabisan tiket.

Lakukan persiapan, mulai dari acan dokumen supaya ada arsip online, beli asuransi perjalanan jika kita membawa barang mahal, bawa dokumen rekam medik misalnya alergi yang diderita, atau informasi medik lainnya. Siapkan asuransi kesehatan untuk menjaga-jaga kalau sakit saat perjalanan.  Bawa perlengkapan seperlunya, alat mandi cukup bawa sachet. Pakaian juga dipacking dalam kondisi digulung, supaya lebih hemat tempat.

Nikmati travelling atau liburan sebagai proses dan bukan tujuan. Nikmati budaya lokal dan cari info dari warga setempat. Bersikaplah seperti warga biasa, berpakaian biasa, dan bukan sebagai turis. Ikuti adat istiadat setempat dan jangan sampai melanggar aturan setempat. Kalau mungkin menggunakan panggilan lokal dan pelajari sedikit bahasa lokal. Lakukan senyum, sapa, salam, untuk dapat pelayanan yang baik.

Ingin dapat tips lengkap berlibur dari Mas Parmadi, dapat masuk ke www.keponih.com.

Bagaimana dengan liburanmu? Ternyata untuk mendapat liburan terbaik itu harus direncanakan dengan matang. Tidak grasa-grusu dan asal berangkat. Semakin matang perencanaan liburan maka semakin matang liburan kita. Begitu pula semakin matang perencanaan hidup kita, maka hidup kita semakin nyaman seperti tulisan saya sebelumnya, rencanakan hidupmu.

#SunLifeFuturePlan #LebihBaik # RencanakanLiburan #JoiceTauriSanti #BloggerBandung #EventBlogget #Travelling # CafeHalaman #ParisVanJavaBandung

COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship entrepreneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi Hut 69 Koperasi Indonesia IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan koperasi era modern Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Tips Libur Berkesan Ala Traveler
Tips Libur Berkesan Ala Traveler
https://2.bp.blogspot.com/-b_PeBqA52Ic/V6R-JLEpMRI/AAAAAAAACEI/7_h4Tni4S8ATC24YE9PSYbJVtmmzBzjdQCLcB/s400/IMG_20160731_121947.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-b_PeBqA52Ic/V6R-JLEpMRI/AAAAAAAACEI/7_h4Tni4S8ATC24YE9PSYbJVtmmzBzjdQCLcB/s72-c/IMG_20160731_121947.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2016/08/tips-libur-berkesan-ala-traveler.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2016/08/tips-libur-berkesan-ala-traveler.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy