The Power Of We, Power of Heart and Vision

Sewaktu saya kecil, guru di sekolah sering menyampaikan filosofi sapu lidi, bahwa satu batang lidi sulit digunakan untuk membersihk...




Sewaktu saya kecil, guru di sekolah sering menyampaikan filosofi sapu lidi, bahwa satu batang lidi sulit digunakan untuk membersihkan halaman yang kotor, berbeda dengan sekumpulan batan lidi yang setelah diikat maka akan memberi manfaat yaitu dapat menjadi sebuah sapu yang dapat diginakan untuk memberihkan halaman dari sampah. Satu batang lidi juga sangat mudah dipatahkan, berbeda dengan seikat lidi yang sulit dipatahkan. Filosofi ini kemudian juga sering dihubungkan dengan sebuah pepatah yaitu bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Dan pepatah ini selalu diperdengarkan pula di organisasi yang saya ikuti hingga lulus kuliah.

Tetapi, sewaktu menjalankan bisnis, sulit ternyata untuk menjalankan filosofi sapu lidi, karena ternyata dalam bisnis tidak mudah membuat ikatan kuat dari berbagai perusahaan yang ada. Berbagai kepentingan selalu mewarnai kelompok-kelompok yang dibangun. Mulai dari kepentingan ekonomi, popularitas atau eksistensi, hingga kepentingan politik, sehingga jarang kita melihat kelompok-kelompok bisnis yang kuat. Dalam perjalanan sejak tahun 1996 hingga sekarang cukup sulit membangun sebuah kelompok bisnis bersama, terlebih jika diawali dengan sebuah kepentingan materi.

Kondisi ini kemudian berbeda saat kita melihat perkumpulan yang tidak diawali dengan kepentingan bisnis, seperti komunitas hobi, maupun komunitas sosial, atau kelompok usaha yang tidak semata mengejar kepentingan materi. Mengapa, karena umumnya komunitas tersebut memiliki sebuah mimpi yang sama.
Seberapa pentingkah sebuah mimpi? Dalam berbagai ceramah motivasi, mimpi atau visi merupakan salah satu hal yang sering memperoleh penekanan khusus karena ternyata semua yang akan dilakukan bergantung dari visi yang ingin dicapai. Apakah visi tersebut merupakan visi pribadi ataukah visi bersama. Apakah visi yang dibangun dapat membesarkan seluruh anggota atau tidak. Akan sulit jika kehendak pribadi dipaksakan pada kelompok, karena bisa jadi bukan itu kebutuhan dari anggota kelompok lainnya.

Membangun bisnis bersama tidak semudah membangun bisnis sendiri, sehingga waktu yang dibutuhkan umumnya lebih panjang. Antara lain adalah dalam menyamakan visi, menyatukan kepentingan, menekan ego serta menahan dominansi kepentingan pribadi di atas kepentingan kelompok.  Apakah sulit membangun bisnis kelompok, jawabannya adalah tidak, tapi membutuhkan waktu dan energi yang lebih besar. Saat visi bersama menjadi sebuah sandaran, maka peluang bisnis kelompok berhasil akan lebih besar. Kekuatan yang muncul bukanlah kekuatan pribadi, akan tetapi menjadi kekuatan bersama. Sehingga pada bisnis model ini, uang tidak menjadi satu-satunya tujuan.

Beberapa perusahaan tercatat berawal dari sebuah tujuan besar, salah satu contoh fenomenal yang selalu disampaikan dalam berbagai seminar atau ceramah adalah koperasi.  Bagaimana sebuah perusahaan susu terkenal di Eropa dibangun dari saham bersama para peternak susu yang bergabung dalam koperasi susu. Koperasi peternak tersebut kemudian membangun perusahaan untuk mengembangkan unit usaha mereka. Tujuannya adalah untuk memasarkan produk susu yang dihasilkan para peternak. Kisah sukses lainnya adalah model bisnis yang dikembangkan oleh Brac, sebuah NGO di Bangladesh yang membuat unit-unit bisnis dengan bertujuan memasarkan produk para pengrajin kecil. Gerai  produk kerajinan yang dibangun oleh Brac tersebar hingga ke Kota London Inggris.

Bukanlah hal mustahil untuk membangun bisnis bersama. Butuh lebih dari manajemen yang tangguh serta strategi bisnis, karena bisnis bersama juga membutuhkan kelapangan hati untuk berjalan bersama. Saat salah satu ingin berlari sedang yang lain masih merangkak, maka akan lebih bijak untuk menahan langkah sehingga dapat berlari bersama.

Dalam membuat bisnis bersama,  kebersamaan langkah, strategi yang tepat, komitment  dalam kebersamaan serta kejujuran akan menjadi kekuatan besar dalam menyusul ketertinggalan. Dalam bisnis berkelompok kita tidak sendiri. Selalu ada bahu untuk bersandar dan lengan untuk bertumpu serta hati yang lapang untuk menyangga seluruh keluh kesah kita dan senyum yang membayar semua rasa lelah yang ada.

The Power of We, Power of Heart and Vision

Untuk seluruh sahabat yang sedang mengembangkan bisnis komunitas. Semoga lelah, pengorbanan dan air mata segera berubah menjadi senyum serta rasa bahagia.

COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship entrepreneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi Hut 69 Koperasi Indonesia IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan koperasi era modern Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: The Power Of We, Power of Heart and Vision
The Power Of We, Power of Heart and Vision
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2015/05/the-power-of-we-power-of-heart-and.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2015/05/the-power-of-we-power-of-heart-and.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy