Review Buku : Sejenak Hening  Penulis   : Adjie Silarus Penerbit : Tiga Serangkai Review  : September 2013 Genre    : Motivasi Berbag...

Review Buku : Sejenak Hening 

Penulis   : Adjie Silarus
Penerbit : Tiga Serangkai
Review  : September 2013
Genre    : Motivasi

Berbagai kesibukan yang mendera membuat kita terjebak untuk selalu berfikir tentang banyak hal walau saat itu kita sedang melakukan berbagai aktivitas. Cepatnya informasi membuat kita selalu berfikir tentang hal yang telah dilalui dan perencanaan masa depan. Situasi ini juga saya alami, sehingga seringkali saya tidak dapat lagi merasakan berbagai kenikmatan akan sesuatu yang dihadapi saat ini. 

Sebuah "undangan" untuk membaca dan memberikan review buku Sejenak Hening, saya terima, di tengah kondisi padatnya kegiatan dan kondisi badan yang kurang fit. Tapi, ternyata buku ini memberikan sebuah energi untuk merecharge kondisi fisik yang mental yang terus-menerus didera aktivitas.

 Sejenak Hening, sebuah buku yang ditulis  Adjie Silarus, mengajak kita untuk Hening sejenak menikmati seluruh hidup dengan tanpa adanya rasa khawatir dan ketakukan akan situasi yang telah lalu dan akan datang. Dalam tulisan ke-2, yaitu  "Menikmati Momen Sekarang" Adjie Silarus menuliskan bahwa kita diberi waktu 24 jam dalam setiap harinya untuk dinikmati hari itu. Bukan saja untuk mengenang masa lalu, dan merencanakan masa depan, tetapi untuk menikmati apa yang kita peroleh hari itu. Saat ini kita seringkali tidak menikmati apa yang kita alami, karena kita makan sambil menonton TV, membalas sms, membaca status BBM. Termasuk juga saat berbicara dengan teman. 

       Sebagaimana kutipan pada film Kungfu Panda, yang diucapkan oleh Master Shifu: 
 "yesterday is a history, tomorrow is a mystery, 
but today is a gift. That is why it is called the “present”.

Tulisan lainnya, yaitu "Mengistirahatkan Pikiran", Adjie Silarus juga menyampaikan kondisi masyarakat saat ini yang sangat keras berfikir baik mengenai hal yang sudah terjadi, maupun merencanakan hal yang akan terjadi. Seperti hari-hari saya akhir-akhir ini yang rasanya selalu dikejar sesuatu.  Target omzet, deadline, rencana projek baru, membuat saya tidak dapat lagi menikmati hidup. Padahal apa yang kita lakukan pada dasarnya adalah sesuatu yang harus kita nikmati. 

Begitu pula kondisi kita yang terlalu diperbudak oleh sosial media yang membuat kita menjadi lebih tertarik untuk memperhatikan apa yang terjadi di luar sana hingga menafikan apa yang terjadi di dalam diri dan di lingkungan terdekat.Ya, saya juga merasakan benefit sosial media, tapi, terkadang, menjadikan kita penasaran akan hal yang tidak perlu.

 19 tulisan lepas dalam buku Sejenak Hening, mendorong kita untuk dapat melepaskan diri sejenak dari rutinitas yang ada saat ini. Sehingga, saat saya melihat para petani yang bekerja sejak pukul 07.00 s.d 12.00 sangat berbeda dengan para pekerja di perkotaan yang seluruh hidupnya selalu dihantui dengan pekerjaan, sehingga dalam tidurnya pun memimpikan pekerjaan. 

Kita memang perlu sejenak hening untuk merasakan desiran angin yang menerpa wajah, cipratan air pada kaki dan tangan, gelak tawa anak-anak saat bercerita kejadian lucu di sekolah, sepiring makanan yang kita masak untuk makan bersama keluarga, serta terhenti sejenak untuk mendengar sesuatu tanpa keinginan untuk menyelanya. Buku ini terbit bagai oase di tengah panasnya persaingan. Bagi saya pribadi, sejenak hening dapat membuat saya lebih menikmati hidup. Bersyukur terhadap apa yang kita miliki, dan menikmati apa yang kita peroleh dengan sebuah penghargaan. 

Terima kasih untuk IIDN yang telah memberikan kesempatan untuk membaca buku yang sangat menarik ini, terlebih terima kasih untuk Adjie Silarus yang telah membuat buku yang dapat mengembalikan kita kembali sebagai manusia, serta mengingatkan bahwa : 

we are human being, not human doing

COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship entrepreneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi Hut 69 Koperasi Indonesia IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan koperasi era modern Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2013/09/review-buku-sejenak-hening-penulis.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2013/09/review-buku-sejenak-hening-penulis.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy