Umbi Garut, Sumber Pangan Dari Hutan Pereda Gangguan Lambung

PanganDariHutan




Memilih  Motto "Hidup untuk makan atau Makan untuk hidup", saat ini menjadi pilihan orang sekarang. Seringkali kita makan demi sebuah like di akun sosial media, sekedar untuk sebuah eksistensi saat mengkonsumsi makanan yang sedang viral. Atau lebih pada rasa penasaran atas kreativitas rasa yang dihasilkan oleh para pengusaha kuliner. Itu juga yang terjadi pada saya selama beberapa tahun demi menghasilkan sebuah tulisan di blog, dengan subtitle blog kuliner.
Tetapi sebetulnya tidak semua tepat, bahwa saya menjelajah rasa demi sebuah like. Memang sudah dasarnya saya punya kegemaran mencicipi aneka hidangan. Terlebih karena keluarga kami memang gemar menjelajah dan memasak. Sehingga kalau pergi ke suatu daerah, selalu berusaha untuk mencicipi hidangan asli daerah tersebut. Dan Kebiasaan sejak kecil itu terus terbawa hingga sekarang.
Sampai kemudian saya terkena sakit maag diikuti asam lambung yang membuat harus mengurangi wisata kuliner, terutama yang memiliki rasa pedas dan asam. Padahal makanan Indonesia tak akan lezat tanpa pedas dan asam. Terbayang selalu berbagai penganan yang rasanya enak dan enak sekali. Tapi harus dihindari saat sakit maag melanda. Apalagi kalau sudah sakit, perut begah dan melilit. Harus makan, tapi perut kurang nyaman.
Saat perut tidak nyaman, seorang teman memberikan informasi, bahwa ada sejenis tanaman yang dapat membantu  meredakan gangguan perncernaan baik sakit maag maupun asam lambung. Nama tanaman tersebut adalah umbi garut. Mencari umbi garut tidaklah mudah karena biasa ditanam di hutan, atau di ladang, tetapi yang menanam pun tidak banyak. Tidak sebanyak ubi maupun singkong. Sehingga yang banyak dijual dalam bentuk olahan pati garut. Hmm, ternyata hutan pun dapat menyediakan sumber pangan.

Hutan pun Dapat Menyediakan Sumber Pangan

Hutan selama ini kita anggap sebagai penyedia tanaman kayu. Padahal di hutan banyak sekali beraneka ragam sumberdaya hayati yang dapat memberikan nilai ekonomi selain tanaman kayu. Saat ini di hutan Indonesia yang luasnya sekitar 125,9 juta Ha, terdapat 30-40 ribu jenis tumbuhan yang berpotensi menghasilkan. 
Seperti yang dicantumkan dalam Peraturan Menteri Kehutanan Nomor : P.21/Menhut-II/2009 Tentang Kriteria  dan Indikator Penetapan, Jenis Hasil Hutan Bukan Kayu Unggulan, hasil hutan kayu dari ekosistem hutan hanya 10 %, sedangkan sekitar 90 % adalah hasil hutan bukan kayu (HHBK). Akibatnya masyarakat banyak yang membuka hutan untuk menanami dengan tanaman yang dianggap ekonomis, tanpa melihat dampaknya bagi lingkungan. Akibatnya terjadi longsor, banjir bandang yang dampaknya jelas merugikan banya orang.
 
 HHBK di wilayah Indonesia, banyak yang memiliki nilai cukup tinggi, baik di pasaran domestik maupun pasar global. Begitu pula penggunaannya tidak hanya untuk bahan bangunan, melainkan beberapa diantaranya merupakan sumber pangan dengan nilai gizi yang sangat baik.  HHBK, secara ekonomi dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, selama dikelola dengan baik serta mengikuti trend pasar saat ini. 

Sependapat dengan pemerintah,  WALHI sebagai organisasi masyarakat yang peduli pada pengelolaan lingkungan hidup, mendorong pengelolaan HHBK. Seperti dikutip dari harian waspada aceh (13/02/2019) bahwa HHBK dapat Pemanfaatan hutan yang dimaksud dalam Perhutanan Sosial adalah pemanfaatan hasil hutan bukan kayu (HHBK) dan jasa lingkungan seperti ekowisata, tata air, keanekaragaman hayati dan penyerapan/penyimpan karbon. 

Tempat Hidup dan Pemanfaatan Umbi Garut

Tanaman garut merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan baik pada ketinggian antara 0 sd. 900 m. dpl. Tetapi hasil optimum akan diperoleh pada lahan dataran menengah, antara 200 sd. 600 m. dpl. Selain itu tanaman garut merupakan tanaman yang mampu beradaptasi terhadap naungan, seperti di bawah tegakan pohon serta di lahan marginal. Sehingga tanaman garut dapat diperoleh di hutan, seperti hutan kayu. Jadi tanaman garut tidak harus ditanam di areal terbuka seperti kebun.
Keberadaan tanaman garut dapat menjadi alternatif pendapatan bagi para petani kayu atau petani yang memanfaatkan hasil hutan. Sehingga walau tanaman kayu belum bisa dipanen, para petani sudah dapat memanennya untuk diolah menjadi tepung garut. Mengapa sebaiknya umbi garut diolah menjadi tepung garut, umbi garut setelah dipanen umur simpannya. Apalagi budidaya  tanaman garut cukup lama, yaitu 10 bulan. Jadi jika diolah menjadi tepung, umur simpannya dapat hingga 1 tahun

Berkenalan dengan Umbi Garut Pereda Gangguan Lambung

Kalau sakit umumnya obat yang disarankan bersumber dari kimia. Tapi, untuk meredakan sakit maag, seorang teman memberi tahu tentang umbi yang dapat meredakan sakit maag. Umbi tersebut biasa disebut umbi garut. Untuk mengobati sakit maag, umbi garut dapat dikonsumsi dengan cara dimasak, maupun diseduh air panas. Saya sudah mencoba keduanya, memang cukup manjur. Kok bisa umbi garut meredakan sakit maag?
Maranta arundinaceae, Linn nama latin dari umbi garut, merupakan sejenis tanaman yang memiliki potensi tinggi. Jenis pati yang dihasilkan umbi garut sangat halus, sehingga dapat dikonsumsi oleh balita maupun orang sakit. Umbi garut mengandung kadar amilosa yang tinggi, tidak mengandung senyawa anti nutrisi, dan mudah dicerna sehingga dapat diolah menjadi produk tepung atau pati garut yang akan menambah daya guna dari garut tersebut
Umbi garut segar memiliki susunan kimia sebagai berikut : Air : 69-72 %, protein 10,2-20 %, lemat 19,4-21,7 %, serat 0,6-1,3 %.Sedangkan susunan kimia 150 gram pati garut, terdiri dari karbohidrat 112,3 gram atau setara dengan 355 kalori, 0,13 gram lemak, dan 0,38 gram protein .Umumnya umbi garut diolah menjadi pati, kemudian pati garut diolah kembali menjadi aneka makanan. Seingat saya, di tahun 20012, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga sempat mempopulerkan olahan pangan dari tepung garut. Beberapa diantaranya diproduksi menjadi aneka kue dan hingga saat ini masih diproduksi. Satu hal yang menarik adalah bahwa umbi garut pola budidayanya berbeda dengan umbi lainnya. Sehingga sampai saat ini, sebagian pengolah tepung garut berada di pedesaan baik kelompok wanita tani maupun kelompok tani.

Dok. Pribadi

Bubur Tepung Garut, Enak dan Nyaman di Perut

Entah resep dari mana, yang pasti bubur garut sudah beberapa tahun terakhir ini menjadi hits bagi penderita sakit maag. Sehingga buat saya, tidak sulit untuk mencari tahu cara pembuatan bubur garut. Mencari tepung garut juga sekarang tidak sulit. Begitu search di google, akan keluar daftar penjual tepung garut, termasuk juga di beberapa marketplace terkenal. Saya pun membeli tepung garut di marketplace.
Bahan untuk membuat bubur tepung garut sangat mudah diperoleh, begitu pula dengan cara membuatnya. Saya memang menyimpan stok bahan membuat bubur garut. Jadi pas Bandung sedang hujan, dan perut saya keroncongan pula, enak mengkonsumsi bubur garut yang manis dan hangat.


Dok. Pribadi

Resep Bubur Garut

Untuk 2 porsi
Bahan :
100 gram tepung garut
400 ml air
50 gram gula merah disisir atau gula semut
1/2 sdt garam
pelengkap : santan atau fibre cream
Cara membuat :
1. Ayak tepung garut
2. Larutkan tepung garut dengan air
3. Masukkan dalam panci
4. Masukkan gula merah yang sudah disisir atau gula semut
5. Masak sambil diaduk dengan api kecil, harus terus diaduk, supaya tidak bergumpal
6. Angkat bubur setelah mendidih, dan warnanya berubah menjadi coklat transparan
7. Sajikan di mangkuk dengan santan atau fibre cream.
Umbi garut adalah satu dari sekian banyak HHBK yang memiliki nilai ekonomis. Terlebih umbi garut  berdasarkan hasil penelitian tidak mengandung gluten. Sehingga baik dikonsumsi oleh orang-orang yang alergi atau tidak bisa mengkonsumsi gluten. Dengan kata lain, tepung garut merupakan tepung fungsional yang dapat memiliki nilai jual yang tinggi. Walaupun rendemen atau hasil peroleh tepung garut dari satu kilogram pati garut hanya 15 %, tetapi nilai jualnya akan sebanding. Karena produk-produk fungsional dicari untuk memenuhi kebutuhan pangan khusus. 

Penting kemudian para pelaku usaha yang akan menjadikan tepung garut sebagai peluang usaha untuk dapat menjalankan bisnisnya dengan baik. Sehingga tempat budidaya umbi garut tetap terjaga lestari, tanpa mengubah peruntukannya. Sehingga hutan tetap asri dan dapat menjadi rumah untuk biota yang ada di dalamnya, Saat hutan lestari, maka ekosistem pun akan terus terjaga hingga anak cucu nanti. 




Pustaka:
Azaima Rakhmawati, Pengaruh Masa Simpan dan Lama Pengendapan Umbi Garut Terhadap Sifat Fisiko-Kimiapati Garut, 2007
Kementrian kehutanan, peraturan menteri Kehutanan Nomor : P.21/Menhut-II/2009 Tentang Kriteria  dan Indikator Penetapan, Jenis Hasil Hutan Bukan Kayu Unggulan
Subejo, Nur Saudah, Lima Pilar Kedaulatan Pangan Nusantara, UGM Press, Mei 2011
waspadaaceh.com/2019/02/13/walhi-aceh-jangan-cederai-skema-perhutanan-sosial/

Sumber foto :
pertanianku.com

COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,92,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Umbi Garut, Sumber Pangan Dari Hutan Pereda Gangguan Lambung
Umbi Garut, Sumber Pangan Dari Hutan Pereda Gangguan Lambung
PanganDariHutan
https://1.bp.blogspot.com/--aIlnUwYrqE/XkqWtgphGPI/AAAAAAAAGZE/K4sj-HpdmWwNBUD3jOokyKZXD1xA57KTgCLcBGAsYHQ/s320/Umbi%2BGarut%2BSumber%2BPangan%2BDari%2Bhutan%2Byang%2Bkaya%2Bmanfaat.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--aIlnUwYrqE/XkqWtgphGPI/AAAAAAAAGZE/K4sj-HpdmWwNBUD3jOokyKZXD1xA57KTgCLcBGAsYHQ/s72-c/Umbi%2BGarut%2BSumber%2BPangan%2BDari%2Bhutan%2Byang%2Bkaya%2Bmanfaat.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2020/02/umbi-garut-sumber-pangan-dari-hutan.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2020/02/umbi-garut-sumber-pangan-dari-hutan.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung