Hidangan Berbuka Puasa Menggunakan Skippy Cukup 5 Bahan Saja

Hidangan berbuka puasa Skippy #30HariKebagikanBPN



Hari ketiga Ramadan, salah satu yang sering dilakukan adalah melakukan eksperimen menu. Pas banget, hari ini sedang dapat tantangan menu. Sudah sejak kemarin Ceu Meta bikin rencana penganan yang akan dibuat. Dan, yang terjadi adalah, timbangan dibawa Ayang Bebeb ke Ciamis. Ya ampun, kalau mau bikin kue, timbangan adalah salah satu piranti yang tidak boleh terlewat. Soalnya bikin kue tidak bisa seperti bikin masakan yang asal cemplung. Semua harus terukur, seperti kata Chef Arnold di acara Master Chef dua pekan lalu, di saat para kontestan mendapat tantangan membuat kue.

Walhasil harus putar otak nih, bagaimana caranya membuat penganan enak tanpa harus pakai timbangan. Padahal belanjaan sudah lengkap mau bikin banana cake. Apa daya, karena tidak ada timbangan akhirnya harus membuat kue yang asal cemplung tapi tetap enak. Teringat skippy yang ada di lemari es. Kira-kira seperti apa kolaborasi antara pisang dan skippy? Yuk ikuti kisahnya.


Kacang Tanah, Benarkah Penyebab Kolesterol?

Kacang tanah sebagai salah satu jenis tanaman legume, selama ini dianggap sebagai biang kerok pengganggu diet. Kacang tanah yang asalnya dari benua Amerika, saat ini jadi salah satu komoditi yang banyak ditanam di Indonesia.

Kandungan kacang tanah, ternyata sangat baik. Dalam buku "Sehat dengan Hidangan Kacang-kacangan dan Biji-bijian", dituliskan bahwa kandungan protein dalam 100 gram kacang tanah adalah sebanyak 25 gram. Adapun kandungan lemak pada kacang tanah cukup besar, yaitu 43 gram, akan tetapi prosentase lemak tidak jenuh lebih tinggi yaitu 21 %. Sedangkan kandungan lemak jenuh hanya 10 %.

Selain itu, kacang tanah mengandung 2 gram serat pangan, per 100 gram, serta 25 % vitamin E. Sehingga dengan mengkonsumsi kacang tanah berarti mengkonsumsi vitamin E yang merupakan antioksidan yang dapat mengurangi resiko jantung koroner.

Selai Kacang

Saat mendengar selai kacang, sebagian orang menganggap kacang itu sebagai biang keladi penyebab kolesterol dan berat badan meningkat, benarkah begitu? Menurut beberapa sumber, selai kacang adalah olahan dari kacang tanah yang disangrai dan kemudian dihaluskan, setelah diberi tambahan gula dan garam. Selai kacang banyak dijual dalam kemasan plastik, botol plastik, maupun botol kaca.

Dalam 100 gram selai kacang, ternyata mengandung zat gizi yang cukup banyak, diantaranya sebagai berikut :

Kalori (kcal)  588
Lemak           50 gram
Kolesterol       0 mg
Natrium         17mg
Kalium         649 mg
Karbohidrat   20 gram
Protein           25 gram
Mengandung
Vit A, Kalsium, Vit B, Vit C, Vit D



Skippy Peanut Butter

Skippy adalah merek selai kacang yang saat ini diproduksi oleh Hormel, sebuah perusahaan olahan makanan dari Amerika Serikat. Skippy pertama kali dijual pada tahun 1932 di Amerika Serikat, dan saat ini sudah tersebar di berbagai negara.

Saat ini Skippy mengeluarkan dua varian, yaitu creamy dan chunky. Skippy Creamy lebih lembut, rasanya sangat selai kacang. Sedangkan Skippy Chunky mengandung butiran kacang di dalamnya.

Skippy dibuat dari 85 % kacang tanah, gula, minyak kacang, minyak terhidrogenasi, dan garam. Sehingga mengkonsumsi Skippy tidak akan menyebabkan kegemukan.

Variasi Menu Berbuka ala Skippy

Waktu berbuka semakin dekat, hanya 1 jam lagi. Tanpa timbangan apa yang akan dibuat? Aha, teringat makanan darurat favorit keluarga yaitu pancake alias kue dadar. Tapi berhubung tidak ada rencana mau buat pancake, tidak ada persediaan susu. Dengan modal pisang, telur, skippy, apa yang bisa dibuat? Tara... akhirnya jadilah "Skippy Banana Pancake ala Ceu Meta".


Resep Skippy Banana Pancake

Untuk 4 porsi

Bahan :
2 buah pisang ambon matang (kalau pisangnya kecil, bisa pakai 3 buah)
2 butir telur
3 sdm peres skippy creamy
1/4 sdt baking powder

Topping :
Madu atau sirup, boleh juga ditambah selai atau siraman cokelat.



Cara membuat :
1. Haluskan pisang menggunakan garpu
2. Masukkan telur satu persatu, aduk rata
3. Masukkan skippy, aduk rata
4. Tambahkan 1/4 sdt baking powder, aduk rata
5. Panaskan pan atau penggorengan yang sudah diolesi minyak
6. Tuangkan 1 sendok sayur adonan, masak sampai satu sisi matang, balikkan.
7. Setelah kedua sisi matang, angkat.
8. Sajikan selagi hangat, dengan madu, sirup atau cokelat cair.

Ternyata dengan bahan yang hanya 5 macam saja, dan tanpa timbangan, bisa menikmati sajian yang lezat dan enak. Tadinya agak sangsi juga, bagaimana rasa kue dadar tanpa tepung ini. Dan kata Danish enak. Nyaris dia habiskan sendiri Skippy Banana Pancake yang dibuat hari ini. Padahal di  rumah kan kami bertiga, hiks.

Buat yang penasaran seperti apa cara membuat Skippy Banana Pancake, bisa lihat video yang sudah dibuat.

Selamat mencoba....




 #30hariKebaikanBPN

COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,14,Event blogger,23,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,93,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Hidangan Berbuka Puasa Menggunakan Skippy Cukup 5 Bahan Saja
Hidangan Berbuka Puasa Menggunakan Skippy Cukup 5 Bahan Saja
Hidangan berbuka puasa Skippy #30HariKebagikanBPN
https://1.bp.blogspot.com/-pgdylef04hg/XNLr8Ceiz5I/AAAAAAAAF2o/fzUY_d70mIES3qzb5-VZhBO4i6QZ_rxTgCLcBGAs/s320/banana%2Bpancake%2Bskippy.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-pgdylef04hg/XNLr8Ceiz5I/AAAAAAAAF2o/fzUY_d70mIES3qzb5-VZhBO4i6QZ_rxTgCLcBGAs/s72-c/banana%2Bpancake%2Bskippy.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2019/05/hidangan-berbuka-puasa-menggunakan.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2019/05/hidangan-berbuka-puasa-menggunakan.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung