Bekal Sekolah Sehat di Hari Gizi Nasional Nasional 2019

#bekalsekolah #harigizinasional #HGN59 #25januari #piringgizi #G4G1L5



"Bersama Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi" 

menjadi  tema hari gizi nasional tahun 2019 yang jatuh di hari Jumat, 25 Januari 2019. Dalam peringatan hari gizi nasional tahun 2019, yang menjadi sasaran adalah keluarga, Adapun sub tema kegiatan  adalah "Keluarga Sadar Gizi, Indonesia Sehat dan Produktif." Tetiba jadi teringat kegiatan hari ini. Anak saya yang bungsu, Danish mendapat giliran untuk berbagi makanan dengan teman di kelasnya. Dan menu makan ini yang sejak kemarin menjadi bahan diskusi saya dengan Danish.

Gizi Seimbang, Prestasi Gemilang

Siapa yang tidak ingin punya anak sehat, ceria, cerdas dan berprestasi? Tentunya hal itu menjadi impian semua orang tua, termasuk juga saya. Untuk menghasilkan individu yang sehat, cerdas dan berprestasi, diantaranya ditentukan oleh asupan gizi. Kondisi gizi seseorang dipengaruhi oleh pola makan, karena makanan dan minuman yang kita konsumsi akan mempengaruhi tingkat kesehatan. 

Coba bayangkan, jika hanya makan-makanan yang mengandung zat gizi tertentu. Bisa jadi tubuh kita kekurangan zat gizi tertentu serta kelebihan zat gizi lainnya. Padahal tubuh seseorang apalagi untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, membutuhkan unsur makro maupun mikro. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari  berbagai penyakit kronis dan penyakit tidak menular, maka pola 
makan yang baik adalah pola makan yang sesuai dengan gizi seimbang.



Saat ini, panduan pola makan yang sedang dikembangkan adalah piring makanku, yaitu panduan sajian makanan dan minuman untuk satu kali makan. Piring makanku menganjurkan pola makan dalam satu hari terdiri dari dari : 50 % sayur dan buah, serta 50 % adalah makanan pokok dan lauk pauk. Piring makanku, menganjurkan pola makan sayur lebih banyak dari buah, dan makanan pokok lebih banyak dari lauk pauk. 

Bagaimana dengan konsumsi air minum, setiap dalam ilustrasi yang digambarkan, bahwa setiap kali makan sebaiknya diikuti dengan konsumsi air putih. Walau dalam gambar hanya terlihat 1 buah gelas, tetapi konsumsi air putih seperti yang dianjurkan adalah 1,5-2 liter per hari sesuai kebutuhan. Supaya tubuh selalu terhidrasi. 


Begitu pula dengan konsumsi gula, garam, minyak dan penyedap, ternyata ada batasan yang dianjurkan oleh kementrian kesehatan. Konsumsi gula dalam sehari tidak lebih dari 4 sendok makan atau 50 gram (G4), konsumsi garam sehari maksimal adalah 2000 mg natrium/sodium atau 1 sdm, sedangkan lemak sebanyak 67 gram atau 5 sendok makan. Untuk mempermudah, kementrian kesehatan membuat rumusan yaitu G4 G1 L5. Bagaimana dengan MSG, kementrian kesehatan memberi batas maksimal konsumsi MSG maksimal dalam 1 hari adalah sebanyak 5 mg atau 1 sdm. 

Untuk makanan yang mengandung gula, garam, lemak, maupun MSG, kalau dalam makanan sehari-hari, tetapi kalau ditambah dengan berbagai makanan kemasan maupun penyedap, bisa jadi malah lebih ya. Coba ingat, sehari jajannya apa saja? Apakah makanan sehari-hari maupun makanan kudapan atau cemilan mengandung gula, garam, lemak maupun MSG kurang atau lebih dari anjuran Kementrian Kesehatan?  



Baca juga : jajanan anak sehat

Kudapan Sehat Bergizi Seimbang

Kira-kira bagaimana dengan makanan selingan saat istirahat sekolah anak-anak? Masih ingat cerita saya tahun lalu tentang program Warung Anak Sehat yang dijalankan oleh PT. Sari Husada bersama Care International Indonesia. Di program ini saya bertemu dengan 50 sekolah luar biasa yang mempunyai kantin sekolah sehat. Para Ibu Warung Anak Sehat tidak hanya menyediakan makanan yang bebas dari pengawet, pemanis buatan, penyedap berlebih dan pewarna berbahaya, tetapi juga menggunakan bahan makanan sehat. Di kantin sekolah yang masuk ke dalam program, jajanan yang dijual adalah makanan yang sarat akan sayuran, buah-buahan maupun olahan karbohidrat. Dan yang luar biasa, harganya terjangkau untuk kantong anak-anak. 

Urusan jajanan sekolah ini membuat saya cukup rewel, meminta anak  untuk menghindari makanan yang dapat mengganggu kesehatan anak. Mungkin kalau makan sekali-sekali sih tidak apa, tapi kalau makannya setiap hari dikhawatirkan akan berbahaya untuk anak. Sebisa mungkin, anak membawa bekal makan dan minum dari rumah. Tetapi, kalaupun harus membeli, sebisa mungkin anak sudah diajarkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Salah satunya adalah dengan mengajarkan anak-anak membaca komposisi makanan untuk makanan yang dikemas, mengurangi konsumsi mie instant hanya 1 kali 1 minggu (itu pun kalau pengen banget). Mengurangi minuman kemasan (kecuali susu), begitu pula makanan yang mengandung msg. Cukup 1 kemasan kecil per kemasan.  Duh, ibu nih paranoid banget ya. Tidak juga sih, tapi terus terang, beberapa kali saya menemukan kasus anak-anak yang terkena penyakit tidak menular, entah diabetes, hipertensi atau gagal ginjal karena orang tua cuek pada jajanan anak. Jadinya saya lebih baik beli makanan dari adik maupun tetangga yang menjual kudapan, atau kalau sedang sempat buat sendiri. 



Berbagi Bekal di Acara Mari Berbagi Sesama (MABASA)

Sudah sejak 2 tahun ini, sekolah mengadakan kegiatan Mari Berbagi Sesama (Mabasa). Kegiatan ini berjalan satu pekan sekali setiap hari Jumat. Anak-anak jadi diajarkan untuk berbagi di hari Jumat mubarok. Semoga sampai besar nanti menjadi orang-orang yang senang berbagi, Aamiin YRA. Di kegiatan Mabasa, dalam 1 semester, setiap anak kebagian 1 kali. Nah, Danis, dapat giliran hari ini bertepatan dengan Hari Gizi Nasional. 

Di awal kegiatan Mabasa, saya meminta kepada wali kelas supaya menghindari makanan kemasan. Namanya anak, kalau dikasih mah tidak akan menolak. Terbayang, kalau setiap pekan dia dapat 1 bungkus makanan kemasan aneka macam. Gula, lemak, garam, dan msg, silakan saja dihitung sendiri. Pastinya sudah tidak sesuai dengan anjuran dari Kementrian Kesehatan. Alhamdulilah, para orang tua mendukung. Jadilah setiap pekan setiap anak mendapatkan makanan dari teman-temannya. Ada yang membawa nasi lengkap dengan lauk pauk, ada yang membawa kue-kue basah dalam kotak, mie goreng dan lainnya. 

Saya sudah berkomitment dengan Danish, kalau setiap menu Mabasa akan menghadirkan sayur dalam setiap menu. Semester ganjil kemarin, saya membuat roti goreng isi ragut sayur. Mula-mula Danish khawatir teman-temannya tidak akan suka. Eh, ternyata mereka suka. Dan hari ini, saya membuat nasi goreng sayuran gulung telur. Menunya sih biasa, tetapi karena untuk anak, jadi harus dibuat agak aneh, dan anak-anak suka. 

Usia sekolah memang bukan lagi usia rentang jika dibandingkan usia balita maupun 1000 hari kehidupan. Tetapi, di usia sekolah, anak membutuhkan zat gizi untuk belajar maupun aktivitas lainnya. Sehingga kebutuhan makannya harus terpenuhi. Memang, anak umumnya sudah sarapan lengkap di rumah pada pagi hari, tetapi pada jam istirahan pukul 9-10 pagi, umumnya sudah merasa lapar. Apalagi untuk anak-anak yang aktif bergerak. 

Kembali lagi, sebagai orang tua tentunya kita ingin anak-anak kita sehat, cerdas, ceria dan produktif. Dengan memberikan asupan gizi yang baik diantaranya memperhatikan makanan jajanan saat istirahat sekolah maka anak kualitas hidup anak juga kan baik. Jika sekolah belum menyediakan kantin sehat seperti yang dilakukan beberapa sekolah, kita bisa mengusulkan, karena ini bagian dari program sekolah sehat dan sekolah ramah anak. 

Jangan sampai karena kita abai pada konsumsi anak termasuk jajanan mereka, akan menyesal di kemudian hari. Jadi, ayah dan bunda mau pilih yang mana? 

Sumber :
sehatnegeriku.kemkes.go.id
depkes.go.id
pedoman gizi seimbang. kementrian kesehatan
Riset Kesehatan Dasar 2018, Kementrian Kesehatan


COMMENTS

BLOGGER: 14
  1. semoga kantin sehat itu benar-benar diterapkan di seluruh sekolah di INdonesia. Sudah saatnya ya , mbak semua pihak peduli dengan asupan makanan anak-anak, termasuk jajanannya

    ReplyDelete
  2. Aku juga termasuk rewel untuk bekal anak ini Mbak. Sekarang anakku yang SD masih bawa bekal 2,snack xan makan siang. Kalau yang SMP cuma bawa untuk istirahat pertama saja, yang kedua jajan dia. Xan itu tiap hari saya tanya tadi beli apa dll dsb..kwkwk
    Salut untuk kegiatan berbagi makanan di sekolah Danish, bisa ditiru nih idenya. Selain membiasakan bekal sehat juga menanamkan berbagi sejak dini. Bagus sekali inj

    ReplyDelete
  3. emang sih bun bekal sekolah itu harus gizi seimbang ya, tapi terkadang puyeng sama menu wkwk. Suka bingung mau masak apa, heu. Kayanya harus sering belajar nih biar menu yang dibawa enggak itu2 aja, hehe.

    ReplyDelete
  4. Bekal sehat ke sekolah sampai saat ini masih jadi PR ya teh, asa pusing mikirin menu anak kadang- kadang. Tapi baca ini jadi semangat untuk belajar lagi tentang gizi anak

    ReplyDelete
  5. Bener banget teh salah satu yang membuat anak cerdas dan pintar adalah dengan memperhatikan asupan gizinya. Anak alu erysha dari waktu MPASI udah aku perhatikan sekali makanannya bahkan sampai sekarang. Berusaha ngasih gizi seimbang ke anak

    ReplyDelete
  6. Kalo aku sekarang no MSG udah tapi yang belum sesuai takarannya itu konsumsi gula dan garam mbak. Rasanya kalo dikurangin lagi bener-bener hambar (yang inu blom bisa) hehe satu lagi ngebekelin mie goreng kayaknya harus sudah distop yah heheh mari berikan bekal gizi seimbang

    ReplyDelete
  7. Ini ni PR emak-emak sejak dulu, bikinin bekal sekolah yang sehat dan seimbang biar anak tetap mendapatkan makanan yang yummy tapi gak takut sakit.

    ReplyDelete
  8. Saya tertarik dengan programnya, Mbak? Gimana ceritanya bisa masuk ke sekolah? Apa bisa menjangkau daerah luar Jawa seperti kami, ya?

    ReplyDelete
  9. Kala ngitung gizi untuk satu keluarga itu tinggal dikalikan jumlahnya sesuai anggota keluarga atau gimana bun?

    ReplyDelete
  10. Kalo ada kantin yang sehat, saya senang banget. Karena terbantu menyiapkan bekal yang bergizi. Saya paling enggak suka lihat anak saya jajan. Sudah enggak dikasih uang jajan, masih bisa jajan pake uang tabungan. Padahal sudah saya ingatkan kalo jajan di sekolah terkadang kurang baik

    ReplyDelete
  11. Wah saya jadi merasa khawatir jika asupan gizi yang saya berikan ke anak masih kurang.
    Makasih share ilmunya ya mbak.
    Bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  12. kantin sehat perlu terus digalakkan. di rumah aku dan suami terbiasa masak tanpa msg.

    ReplyDelete
  13. Keren nih kalau ada kantin sehat. Biasanya, kantin-kantin di sekolah memang kurang memperhatikan hal ini. Maklum, mereka juga harus menyesuaikan dengan uang jajan anak sehingga makanan yang dijual harus semurah mungkin meski untuk itu nilai gizi jdi terabaikan.

    ReplyDelete
  14. Blogger adalah bagian dari mengedukasi gizi bangsa Indonesia juga yaa

    ReplyDelete

Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,53,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,76,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Bekal Sekolah Sehat di Hari Gizi Nasional Nasional 2019
Bekal Sekolah Sehat di Hari Gizi Nasional Nasional 2019
#bekalsekolah #harigizinasional #HGN59 #25januari #piringgizi #G4G1L5
https://1.bp.blogspot.com/-t4UX2_62SRQ/XEqlyUb3j0I/AAAAAAAAFgI/eYvfVZKiSp0D2pfEjRFroh_Qm34a1cuQwCLcBGAs/s320/Bekal%2Bsekolah%2Bsehat%2Bdi%2Bhari%2Bgizi%2Bnasional.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-t4UX2_62SRQ/XEqlyUb3j0I/AAAAAAAAFgI/eYvfVZKiSp0D2pfEjRFroh_Qm34a1cuQwCLcBGAs/s72-c/Bekal%2Bsekolah%2Bsehat%2Bdi%2Bhari%2Bgizi%2Bnasional.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2019/01/bekal-sekolah-sehat-di-hari-gizi.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2019/01/bekal-sekolah-sehat-di-hari-gizi.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung