Ibu, Kenali Peranmu Untuk Mewujudkan Kesehatan Keluarga

Ibu Lina, seorang ibu rumah tangga berusia 40 tahun. Dia baru saja meninggal akibat terlambat mendapat penanganan saat mengalami gan...





Ibu Lina, seorang ibu rumah tangga berusia 40 tahun. Dia baru saja meninggal akibat terlambat mendapat penanganan saat mengalami gangguan kehamilan. Usia Ibu Lina yang bukan muda lagi menjadi penyebab dia mengalami resiko tinggi dalam kehamilan. Sebetulnya tanda-tanda gangguan kesehatan sudah dirasakan sejak minggu ke 35, tetapi tidak ada yang paham. ‘Ah, itu mah biasa, namanya juga orang hamil,” pikir keluarganya. Padahal Ibu Lina sudah mendapatkan peringatan dari bidan untuk lebih berhati-hati. Ketidak pahaman keluarga terhadap rawannya kesehatan wanita hamil serta lambatnya kepedulian keluarga termasuk suaminya menjadi salah satu penyebab. Andai saja Ibu Lina dapat mengambil keputusan terkait kesehatannya, andai saja keluarga Ibu Lina peduli, bahwa wanita hamil perlu penanganan, andai saja, dan andai saja.

Hal ini merupakan salah satu kondisi yang dihadapi oleh masyarakat, dimana saat ini perempuan sering menjadi kelompok marginal. Perempuan mah tugasnya di dapur, sumur dan kasur, tanpa memperhatikan bahwa perempuan terutama ibu, memiliki keretanan dan hak dalam kesehatan. Informasi pentingnya perempuan untuk paham tentang gender dan kaitannya dengan kesehatan dibahas dalam acara Temu Blogger Kesehatan dalam rangka hari Ibu di Hotel Homann Bandung, 22 Desember 2018. Acara ini mengambil tema dengan kesetaraan gender, wujudkan kesehatan keluarga.



Gender, harus dipahami seperti apa?

Isu gender bukanlah hal yang baru di Indonesia. Banyak orang yang berfikir bahwa gender adalah pembagian jenis kelamin laki dan perempuan. Benarkah begitu? Ternyata tidak. Gender bukanlah perbedaan jenis kelamin, tetapi lebih pada pembagian peran antara laki-laki dan perempuan. Hal ini yang kemudian muncul di masyarakat apa yang boleh dilakukan atau tidak oleh laki-laki maupun perempuan.
Gender dapat dikatakan adalah kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak-haknya sebagai manusia agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam berbagai bidang, serta kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan.

Diantara keadilan gender yang perlu dipahami adalah sebagai berikut ;
       Setiap perempuan dan laki laki mempunyai kebutuhan yang berbeda.
       Perbedaan ini perlu diketahui untuk dipakai sebagai dasar atas pembedaan perlakuan yang diterapkan kepada laki laki dan perempuan
       Dengan keadilan gender berarti tidak ada stereotipi/pembakuan peran, subordinasi, marginalisasi dan beban ganda

Dalam gender, ada hal-hal yang sering ketidakadilan gender di masyarakat, , diantaranya adalah :
       Stereotipi: cap/label yang dilekatkan pada laki-laki atau perempuan misalnya laki-laki mencari nafkah, perempuan mengurus rumah tangga. Padahal dalam kehidupan sehari-hari kedua aktivitas ini dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
       Sub Ordinasi: artinya ditempatkan pada posisi kedua, bukan di poros utama, baik dalam pengambilan keputusan, kesempatan untuk mendapatkan pendidikan maupun dalam pekerjaan.
       Marginalisasi: diartikan sebagai ”peminggiran” atau tidak diperhatikan dalam berbagai hal/tidak memiliki peran penting yang menyangkut kebutuhan, kepedulian, pengalaman, dan lain-lain.
       Beban ganda: perempuan seringkali harus memikul beban ganda. Seorang perempuan yang bekerja mencari nafkah, misalnya tetap harus menanggung pekerjaan domestik (misalnya: mengurus anak, memasak).
       Violence: segala bentuk tindak kekerasan berbasis gender.


 Seberapa penting pemahaman gender bagi perempuan?

“Perempuan harus paham tentang gender,” begitu diutarakan para narasumber. Tidak hanya untuk menghindari terjadinya bahaya yang berakibat pada kematian dan kecacatan, tetapi juga untuk menjaga kualitas hidup keluarga.
Terdapat beberapa upaya pelayanan kesehatan yang telah dilakukan Kementrian Kesehatan dalam kaitannya dengan pelayanan kesehatan responsif gender, diantaranya sebagai berikut :
1000 pertama hari kehidupan
       Pelayanan Kesehatan Ibu Nifas Dan Bayi Baru Lahir
       Konseling ASI eksklusif
       Pelayanan KB pasca persalinan
       Pemberian MP ASI
       Immunisasi BCG dan Hep B
       Ayah ASI
       Dukungan suami dan Keluarga dalam Pemberian ASI
Usia Balitan dan Pra Sekolah
PELAYANAN KESEHATAN BALITA
       Posyandu
       Penggunaan Buku KIA
       PMT Balita
       Kelas Ibu Balita
       Pelayanan Kes di PAUD
       Pengasuhan oleh Kedua Orang Tua
Usia Sekolah
UPAYA KESEHATAN SEKOLAH
       Penjaringan kesehatan siswa & pemeriksaan  berkala
       Rapor Kesehatanku
       Penguatan SDM Puskesmas
Masa Remaja
       PENUNDAAN USIA PERKAWINAN
       Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR)
       Tablet Tambah Darah bagi remaja putri
       Pendidikan Kesehatan Reproduksi di Sekolah
Usia Produktif
       Pelayanan Kesehatan Reproduksi Bagi Catin
       Perencanaan kehamilan dan Keluarga Berencana
       Deteksi Dini Penyakit Menular dan Tidak Menular
       Gerakan Pekerja/Buruh Perempuan Sehat Produktif (GP2SP)
Masa Hamil
       Rumah tunggu kelahiran
       Persalinan di faskes
       Konseling IMD & KB Pasca Persalinan
       Penyediaan Buku KIA
       Pencegahan penularan HIV dan sifilis dari ibu ke anak, serta peny. menular lainnya
       Kelas ibu hamil
       Suami siaga
Lanjut Usia
       Posyandu Lansia
       Peningkatan  kualitas Hidup Mandiri
       Perlambatan proses Degeneratif

Sehingga dibutuhkan  kontribusi, Hak dan Kewajiban yang sama Baik Laki – Laki dan Perempuan dalam Mewujudkan INDONESIA SEHAT. Jadi, bagi para perempuan, ayo mulai peduli pada kesehatan kita. Karena #KeluargaSehatIbuHebat


COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,57,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,77,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Ibu, Kenali Peranmu Untuk Mewujudkan Kesehatan Keluarga
Ibu, Kenali Peranmu Untuk Mewujudkan Kesehatan Keluarga
https://2.bp.blogspot.com/-_H4vEuY-Drc/XB4AqkEQswI/AAAAAAAAFag/urcVXiaa0_waq3lBy7le-xwYlsC6ddDsgCLcBGAs/s320/flyer.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-_H4vEuY-Drc/XB4AqkEQswI/AAAAAAAAFag/urcVXiaa0_waq3lBy7le-xwYlsC6ddDsgCLcBGAs/s72-c/flyer.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2018/12/ibu-kenali-peranmu-untuk-mewujudkan.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2018/12/ibu-kenali-peranmu-untuk-mewujudkan.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung