Segarnya Sambal Acan Raja Banjar Dijamin Bakal Bikin Ketagihan

Hari kemarin tetiba ingin masak lele, jenis ikan air tawar yang bisa dibilang favoritnya sejuta umat di Indonesia. Pas, di kolam, masih ...



Hari kemarin tetiba ingin masak lele, jenis ikan air tawar yang bisa dibilang favoritnya sejuta umat di Indonesia. Pas, di kolam, masih ada tersisa beberapa ekor lele siap konsumsi. Sejak bulan Januari kemarin, kami pelihara ikan di rumah. Awalnya sih kolam disimpan di tanah kosong, tapi karena suka dipakai main anak-anak, akhirnya kolam terpal kami pindah ke halaman rumah.

Tadinya terbayang masak mangut. Tapi berhubung waktu buka puasa kurang dari 2 jam, khawatir waktunya tidak cukup. Cara paling gampang ya bikin goreng lele plus lalab sambal. Nah, teringat, masih ada stock selada, tomat dan timun, tinggal bikin sambal. Tapi, ternyata stok cabai habis. Mau ke warung, wah, waktunya pasti tidak cukup. Pas bongkar kulkas, eh ternyata saya masih punya stok Sambal Acan Raja Banjar, yang dibawa Pak Ari, waktu datang ke Bandung. Pak Ari adalah COO Rumah Makan Raja Banjar. Menurut  Pak Ari, sambal acan ini paling enak dimakan sama ikan, baik ikan bakar maupun ikan goreng. Pas deh, jadinya tidak usah buat sambal lagi.

Sambal Acan Raja Banjar

Pertama kali mengenal Sambal Acan Raja Banjar, saat memberi pelatihan di Banjarmasin Mei 2014 lalu.Sambal Acan Raja Banjar, merupakan sambal kemasan botol berukuran 125 gram, dengan tampilan merah cerah. Ukuran botol nya yang kecil, pas di masukkan dalam saku. Tapi, walau kecil, butuh dapat digunakan beberapa kali makan, karena rasanya yang "nonjok". Sambal acan Raja Banjar, diolah menggunakan cabai khas Banjar dengan campuran acan (terasi) plus aneka buah. "Ini resep keluarga turun temurun, dari nenek saya," menurut Aulia, pemilik sambal acan, yang menjadi peserta pelatihan yang saya ajar.

Sambal acan sendiri merupakan sambal mentah yang diolah secara manual dengan cara ditumbuk Sambal ini sengaja dibuat menggunakan bahan-bahan khas Kalimantan Selatan, mulai dari cabai, acan, hingga buah pelengkap. Semula sambal acan diolah sendiri oleh Aulia beserta Istri, tetapi saat  ini sudah mempekerjakan beberapa orang ibu di lokasi sekitar tempat produksi.Walaupun tidak dimasak, Sambal Acan Raja Banjar,memiliki masa simpan  simpan selama 3 bulan setelah produksi, murni menggunakan bahan alam. Tetapi walau bertahan 3 bulan setelah diproduksi, jika kemasan sudah dibuka, sebaiknya disimpan di lemari pendingin. Karena sambal acan raja Banjar tidak menggunakan pengawet kimia.

Rasa sambal acan Raja Banjar, sangat unik, berbeda dengan jenis sambal botol rumahan daerah lain.  Keunikan rasanya berasal dari cabai yang khas serta campuran buah.  Sehingga sensasi rasa yang timbuh adalah pedas,  manis, asin, dan asam segar buah. Setiap buah juga memberikan rasa yang berbeda. Saat ini terdapat 5 varian rasa buah yang kesemuanya merupakan buah yang tumbuh di Kalimantan Selatan, yaitu binjai, mangga, terong asam, limau, dan ramania. Beberapa diantaranya merupakan buah tropis musiman, sehingga tidak setiap  bulan produk tersebut lengkap jenisnya, mengikuti stok buah yang tersedia.

Varian Sambal Acan Raja Banjar

Tidak sulit mencari Sambal Acan Raja Banjar, di Kalimantan Selatan, karena tersedia di rumah makan sambal acan Raja Banjar yang terdapat di Banjarmasin, Banjarbaru, dan Barabai, gerai Indomart Banjarmasin, serta pasar tradisional di  Kalimantan Selatan,dan Kalimantan Tengah. Bagi yang tidak tinggal di luar Kalimantan Selatan, dapat membeli secara online melalui marketplace. 1 botol sambal acan Raja Banjar, dibandrol dengan harga Rp 14.000-17.000/botol ukuran 125 gram. Secara legalitas, ijin sambal acan Raja Banjar juga sudah dilengkapi dengan PIRT dan sertifikat Halal dari LPPOM MUI.

Dari Home Industri Merambah ke Rumah Makan

Lokasi Rumah Makan Rajayang Banjar

Selain dijual dalam bentuk kemasan botol, saat ini Sambal Acan Raja Banjar juga sudah memiliki rumah makan di 6 lokasi. Rumah makan Raja Banjar, pertama kali berdiri di Kota Banjarmasin, tepatnya di sebrang kantor walikota Banjarmasin. Menu utama rumah makan ini  adalah hidangan khas Kalimantan Selatan, yaitu bakaran lengkap dengan sambal acan. Di rumah makan Raja Banjar, para pengunjung dapat menikmati seluruh varian sambal yang menjadi teman hidangan khas Banjar, yaitu bakaran. Apalagi, jika dimakan dengan ikan sungai rasanya nampoll banget. Selain menu bakaran, tersedia juga menu khas Kalimantan Selatan yang ada di berbagai wilayah. "Kami ingin menghadirkan menu klasik rumahan ke rumah makan," ungkap Pak Ari saat bertemu di Bandung. Saya kalau ke Banjarmasin pasti mampir, karena selalu menemukan menu baru yang unik. Salah satu keberanian Rumah Makan Raja Banjar menghadirkan menu tradisional yang jarang dijual di rumah makan khas Banjar lainnya.

Menu Favorit di Rumah Makan Raja Banjar

Setelah menikmati hidangan di Rumah Makan Raja Banjar, sayang jika tidak membawa sambal acan dalam kemasan botol untuk stok di rumah. Buat yang sudah pernan coba, yakin deh bakal ketagihan. Sekali lagi, jangan bandingkan dengan sambal goang khas Sunda atau sambal rawit khas Lamongan. Pastinya beda deh. Setiap saya ke Banjarmasin tidak pernah bisa makan sedikit. Bukan hanya bumbu bakarannya yang memang sedap, dilengkapi dengan sambal acan, yakin deh bakal kalap..

Diet Gagal Gegara Sambal Acan Raja Banjar

Lele Goreng dengan Pelengkap Sambal Acan Raja Banjar

Di hari ke-5 Ramadhan ini, porsi buka puasa jadi nambah gara-gara lele goreng plus sambal acan. Padahal niatnya mau mengurangi makan, tapi apa daya, mulut ini masih ingin nambah, dan nambah. Hasilnya, 3 potong lele pun ludes oleh saya dan paksu. "Ternyata satu tidak cukup", kata suami saat buka puasa kemarin. Walaupun hanya dengan lele goreng lengkap dengan lalapan, makan hari ini terasa nikmat sekali. Lele pun diambil dari kolam depan rumah. Memang sambal acan ini luar biasa. "Sambal ini memang cocok sebagai pelengkap hidangan ikan dan seafood." Jadi ingat saat makan di rumah makan Raja Banjar, udang bakar air tawar yang ukurannya besar, lebih mantap dengan dicocol sambal acan  Raja Banjar. Sepertinya setelah stok mulai menipis saya bakal pesan lagi. Walau lauknya biasa, tapi, tetap nikmat, karena "Sambalnya Nyaman Banarr..."

COMMENTS

BLOGGER: 7
Loading...

Maintenance by Hakimtea - Blogger Bandung
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan kompetisi blog Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Menu Sehat Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros review film Review Hotel Review Produk Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Seputar Rhamadlan Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Segarnya Sambal Acan Raja Banjar Dijamin Bakal Bikin Ketagihan
Segarnya Sambal Acan Raja Banjar Dijamin Bakal Bikin Ketagihan
https://3.bp.blogspot.com/-gG7FjtS2JE0/WwQCLR59-PI/AAAAAAAAEt4/7PZZ4ukLqDMbN6fFIRn7RpgPNTsQa-EvgCLcBGAs/s320/FB_IMG_1526989231523.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-gG7FjtS2JE0/WwQCLR59-PI/AAAAAAAAEt4/7PZZ4ukLqDMbN6fFIRn7RpgPNTsQa-EvgCLcBGAs/s72-c/FB_IMG_1526989231523.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2018/05/segarnya-sambal-acan-raja-banjar.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2018/05/segarnya-sambal-acan-raja-banjar.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy