Berjejaring dan Berdaya di Roadshow Saudagar Nusantara

"Saat ini jumlah pelaku usaha mikro mencapai 57 juta lebih, usaha kecil lebih dari 600 ribu unit, usaha menengah menembus angka 5...




"Saat ini jumlah pelaku usaha mikro mencapai 57 juta lebih, usaha kecil lebih dari 600 ribu unit, usaha menengah menembus angka 52 ribu, dan usaha besar 6.000 unit lebih". Data tersebut disampaikan  Gesa Falugon, CEO Ramesia dalam acara roadshow saudagar Nusantara, Sabtu, 9 September 2017'di Click Square Bandung. Acara dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Profesor Ir Deny Juanda Puradimaja DEA, yang mewakili Wagub Jawa Barat Bapak Dedi Mizwar.

Semula saya fikir seminar kali ini seperti seminar wirausaha lainnya, dan ternyata saya salah. Acara yang berlangsung sejak pukul 8 pagi hingga pukul 15.30 sangat padat, bahkan ternyata masih kurang. Buktinya, beberapa teman yang semula hanya berniat untuk hadir di seminar, dilanjutkan mengikuti workshop yang berlangsung pukul 16.00-22.30. Ajakan kang Herdinur ketua panitia SSN Bandung, tadinya akan saya tolak. Untung tidak, sehingga saya tidak menyesal hadir di acara yang bagus ini.

Pelaku Bisnis Indonesia Harus Berdaya
Berdaya dan naik kelas menjadi kata kunci yang disampaikan oleh 8 narasumber di seminar roadshow saudagar nusantara. Bisnis saat sejak masuknya era digital memang menjadi berbeda. Bisnis tidak lagi menjadi sebuah upaya untuk bertahan hidup, tetapi harus menjadi bisnis unggul. Seperti pengalaman yang disampaikan oleh Ferdian Brilian,  Army Al Ghifari, Gesa Falugon, dan Muri Handayani. Keempat pembicara menyampaikan bahwa di era digital pengusaha Indonesia harus menjalankan bisnis secara online.

Berfoto bersama Pak Dudi, Pak Achro,
dan Kang Edwin Rubi Tour.
Pengalaman tersebut juga dilengkapi paparan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Dr Dudi Sudrajat Abdul Rahim, yang menyampaikan persaingan di dunia digital. Dimana pelaku usaha di Indonesia harus melek IT. "Sekarang era digital, kita harus memiliki daya saing untuk naik kelas," salah satu yang disampaikan Pak Kadis Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat.  Selain itu, beliau juga memaparkan program unggulan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu pencetakan 100 ribu wirausaha. Sehingga pengalaman yang dibagi Army Al Ghifari, praktisi fb ads dan Teh Muri Handayani, ibu rumah tangga yang punya bisnis fashion bisa jadi pelajaran. Walau singkat, secara padat Teh Muri menyampaikan strategi berbisnis online. Mulai dari mengelola karyawan, memaintain akun sosial media, menjaga cash flow, yang semua ditulis dalam 3 buku yang sudah diterbitkan.

Penampilan Bapak Dudi Sudrajat, Gesa Falucon
 dan Muri Handayani. 

Sampai sesi siang, peserta betul-betul.harus mengosongkan gelas. Baik yang sudah punya bisnis apalagi yang belum, di seminar kemarin para narasumber yang merupakan praktisi bisnis menumpahkan semua pengalaman bisnisnya. Tidak ada yang bisnisnya sekali jadi. Empat pengusaha yang tampil mengalami juga kesulitan dalam berbisnis. Mulai dari ditipu mitra dan anak buah, hingga gulung tikar, tetapi semangat untuk bangkit membuat mereka menjadi pengusaha sukses.

Carilah Rasa Sakit yang Membuat Hidup Kita Lebih Baik


Me & Coach Fahmi
Menjelang sesi siang, seusai shalat dluhur, Kang Edwin, salah seorang penasehat acara SSN Bandung mengajak saya ke lantai 3. "Ketemu sama Coach Fahmi, Ceu," Ajak Kang Edwin. Saya mengiyakan. Sekitar 10 menit saya bertemu, bercerita tentang kegiatan kewirausahaan di Jawa Barat. Oh ya bagi yang belum tahu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sejak tahun 2014 menjalankan program 100 ribu wirausaha, yang hingga tahun 2017 ini diperkirakan mencapai angka 80.000. Program ini dilaksanakan oleh 13 organisasi perangkat daerah, dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat sebagai koordinator. Coach Fahmi cukup surprise dengan program yang dijalankan Pemprov Jabar, apalagi program ini menjangkau hingga pelosok.  Buat yang ingin tahu bisa cari info lengkap tentang program pencetakan 100 ribu wirausaha. .  Teman-teman bisa lihat profil peserta yang berasal dari 27 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat. Waktu bersama Coach Fahmi, saya jadi dapat kesempatan berceritan tentang kondisi kewirausahaan di Jawa Barat.

Setelah ishoma, waktunya Coach Fahmi untuk tampil. Di sesi ini, saya ikut mendapat energizer untuk semakin membuat seminar semakin panas. Waktu yang diberikan panitia untuk Coach Fahmi selama 40 menit tidak cukup. Ada 4 hal yang disampaikan oleh Coach Fahmi.
1. Jangan bertahan menjadi wirausaha mikro. Usahakan untuk naik kelas, supaya bisa berdaya. Jangan mau hanya jadi pengusaha mikro, bermimpilah menjadi pengusaha kecil, menengah, bahkan besar.
2. Untuk mecapai kesuksesan, miliki pola pikir bertumbuh, bukan pola.pikir stagnan.  Dengan bertumbuh maka kita akan dapat menghadapi tantangan, menjadikan upaya sebagai cara untuk mencapai keberhasilan, dapat menghadapi situasi genting dan rasa sakit, belajar dari pengalaman orang lain.
3. Jadilah pribadi yang tangguh, yaitu memiliki pola pikir tangguh, passion dan rencana jangka panjang. Orang tangguh itu mampu mengatasi rasa sakit. Carilah rasa sakit yang membuat hidup kita lebih baik. Kata-kata yang menurut saya luar biasa. Dengan rasa sakit, seseorang menjadi lebih bersemangat, ingin lebih baik dan berhasil.
4. Untuk sukses harus punya 3 hal, yaitu : 1. Yakin suatu hari akan berhasil, 2. Jangan bersedia untuk gagal, 3. Disiplin
Keempat hal ini, dibutuhkan untuk menghadapi fakta brutal.dalam bisnis kita, seperti karyawan yang bandel, suplier yang tidak tepat waktu, pesaing yang lebih hebat, modal pas-pasan dan sebagainya.
Sehingga untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis, terdapat 5 hal yang harus dilakukan :
1. Miliki keunggulan operasionel
2. Lakukan proses bisnis yang unggul
3. Siapkan biaya produksi yang rendah
4. Hasilkan produk terbaik
5. Kelola hubungan dengan pelanggan.

Kang Rendi Saputra dan Coach Fahmi 

Sesi terakhir yaitu paparan Kang Rendi Saputra, CEO Keke Busana, menjadi penutup rangkaian seminar Sabtu lalu. Kang Rendi memaparkan strategi untuk mendapatkan finansial dari investor. Di sesi ini, disampaikan cara mendapatkan investor walau bisnis masih skala mikro. Dana adalah darah bagi bisnis kita. Tapi jangan lupa, untuk menjadikan perusahaan kita unggul. Roadshow saudagar nusantara adalah rangkaian acara yang puncaknya akan diadakan di Sentul tanggal 27-29 Oktober 2009 yang bertajuk Kopdar Saudagar Nusantara. Sudah pada daftar belum? Saya rekomendasikan acara ini bagus.

Seminar kemarin mengingatkan saya pada pelajaran yang saya dapat tahun 2006 dulu tentang daya saing, dari Pak Kawi Budisetio. Daerah yang unggul dicapai dari sekumpulan klaster yang unggul, klaster yang unggul diciptakan oleh sekumpulan perusahaan yang unggul. Untuk menciptakan Indonesia yang berdaya saing, maka manusianya harus berdaya saing.

Indonesia butuh orang-orang yang unggul untuk menjadikan negara ini unggul, dan gerakan umkm naik kelas, semoga dapat menjadi gerakan masif yang didukung semua pihak. Saya Ceu Meta, konsultan ABDSI mendukung gerakan umkm naik kelas. Bagaimana dengan anda?

#UmkmNaikKelas
 #IndonesiaBerdaya
 #RoadshowSaudagarNusantara
#SSNBandung
#BerjejaringBertumbuhBerdaya
#UmkmLunas

COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship entrepreneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan koperasi era modern Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Menu Sehat Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Review Produk Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Berjejaring dan Berdaya di Roadshow Saudagar Nusantara
Berjejaring dan Berdaya di Roadshow Saudagar Nusantara
https://2.bp.blogspot.com/-5Is1OlBJl2w/WbVV5_9MneI/AAAAAAAADbc/Oii8TcpX9AAY_VsF8B5lgohJvHi5os07QCEwYBhgL/s400/CYMERA_20170910_220936.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-5Is1OlBJl2w/WbVV5_9MneI/AAAAAAAADbc/Oii8TcpX9AAY_VsF8B5lgohJvHi5os07QCEwYBhgL/s72-c/CYMERA_20170910_220936.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2017/09/berjejarin-dan-berdaya-di-roadshow.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2017/09/berjejarin-dan-berdaya-di-roadshow.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy