Menelusuri Pesona Geoarea Cisolok di Kawasan Geopark CIletuh-Palabuhanratu

Workcation again, yee haa, bekerja sambil wisata, Pekerjaan, yang lagi-lagi sulit saya tolak.  Apalagi kalau lokasi pekerjaan di tempat...




Workcation again, yee haa, bekerja sambil wisata, Pekerjaan, yang lagi-lagi sulit saya tolak.  Apalagi kalau lokasi pekerjaan di tempat wisata, sambil bekerja, dibayar, dapat jalan-jalan gratis pula. Kali ini saya harus melakukan survey Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi yang masuk dalam wilayah Geoarea Cisolok di Kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Tidak apa deh, belum sampai ke Ciletuh, kita mulai dari ujung barat dulu, yaitu Cisolok.

Apa Itu Geopark?
Dikutip dari tulisan  Oki Oktariadi, penyelidik bumi utama di
Badan Geologi, Kementrian Energi dan Sumberdaya Manusia, geopark adalah tapak keragaman geologi yang memiliki kepentingan ilmiah khusus, kelangkaan dan keindahan, yang dikenal sebagai warisan geologi. Adapun menurut UNESCO, geopark adalah "...sebuah daerah dengan batasan yang sudah ditetapkan dengan jelas memiliki kawasan permukaan yang cukup luas untuk pembangunan ekonomi lokal".
Awam dapat memaknai geopark sebagai sebuah tujuan wisata pada kawasan dengan peninggalan geologi/batuan, yang bisa saja memiliki nilai sejarah, atau budaya, atau keindahan alam. Keragaman geologi, diantaranya meliputi bentang alam, bentuk lahan, singkapan batuan, kelompok batuan, jenis batuan, tanah, mineral, kristal dan fosil.
Secara umum, tujuan wisata yang masuk dalam kategori geopark, diantaranya adalah danau vulkanik, karst (batuan), kumpulan granit, air terjun dari berbatuan, gunung berapi, karang di pantai, dan lainnya.
Konsep geopark muncul pada tahun 2000-an, di saat adanya keinginan untuk melakukan pengelolaan keragaman geologi, Adapun konsep dasar geopark adalah konservasi, pembangunan ekonomi, dan pengembangan masyarakat lokal. Di sisi lain, UNESCO pada tahun 1990-an mulai merumuskan model pemanfaatan warisan kebumian untuk keberlangsungan hidp masyarakat lokal secara berkesinambungan. Saat ini terdapat 7 kawasan geopark di Indonesia, dan 1 diantaranya, yaitu Geopark Kaldera Batur di Bali telah masuk dalam jejaring Gobal Geopark Network. Adapun kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang sudah masuk dalam pengesahan di tingkat Nasional, sedang menuju proses penilaian untuk dapat disahkan menjadi salah satu jaringan Global Geopark Network.

Mengenal Geoarea Cisolok
Geoarea Cisolok, merupakan perluasan dari Kawasan Geopark Ciletuh yang semula pada tahun 2014 meliputi 2 kecamatan yaitu Kecamatan Ciemas dan Ciracap, Berdasarkan rekomendasi para pakar geologi tim Unesco, pada tahun 2015 diperluas menjadi 8 kecamatan, yaitu : Cisolok, Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Ciemas, Waluran, Ciracap dan Surade. Geopark CIletuh-Palabuhanratu, dibagi ke dalam 3 geoarea, yaitu 1. geoarea Ciletuh, 2. Geoarea Jampang, dan 3. Geoarea Cisolok.
Geoarea Cisolok, terdiri dari 3 kecamatan, yaitu 1. Kecamatan Palabuhanratu, 2. Kecamatan Cikakak, dan 3. Kecamatan Cisolok. Sebagai bagian dari geopark, maka destinasi wisata yang masuk ke dalam geoarea merupakan wisata geologi.

Kecamatan Palabuhanratu
Merupakan kecamatan yang menjadi ibukota Kabupaten Sukabumi. Kecamatan Palabuhanratu terdiri dari 7 desa dan 1 kelurahan. Kawasan ini sudah sejak lama dikenal dengan wisata pantai, Selain wisata pantai, di Kecamatan Palabuhanratu juga terdapat wisata arung jeram atau rafting yang terkenal, terletak di desa Citarik. Di kecamatan Palabuhanratu, masih terdapat beberapa tujuan wisata yang masuk dalam kawasan geopark, diantaranya adalah Pantai Citepus, batu bersusun, gua lalay,

Kecamatan Cikakak
Kecamatan Cikakak berada di antara Kecamatan Palabuhanratu dan Kecamatan Cisolok. Kecamatan Cikakak terdiri dari 8 desa yang merupakan desa pantai dan perbukitan. Di kecamatan Cikakak terdapat pantai Cimaja yang dikenal baik oleh para peselancar air hingga ke mancanegara. Sehingga, di wilayah ini terdapat tempat kursus surfing atau selancar air yang dimiliki oleh Kang Dede, salah seorang peselancar asli Cimaja yang termasuk dalam deretan peselancar di Dunia. Selain pantai Cimaja, terdapat beberapa tujuan wisata yang menjadi bagian dari geoarea Cisolok, diantaranya adalah situs megalitik cengkuk, punden berundak pangguyangan, situs ciarca dan situs salak datar.

Kecamatan Cisolok
Merupakan kecamatan paling ujung dari kawasan geoarea Cisolok. Kecamatan yang terdiri dari 13 desa ini merupakan daerah perbatasan dengan Provinsi Banten. Di kecamatan Cisolok, terdapat beberapa lokasi wisata yang masuk di wilayah geoarea Cisolok, diantaranya adalah : Pantai Karang Hawu, Pantai Cibangban, air panas Cisolok, kasepuhan Adat Sinar Resmi, kasepuhan Adat Ciptamulya, dan Kasepuhan Adat Ciptagelar.

Menuju Cisolok
Perjalanan menuju Cisolok dapat ditempuh dari Kota Sukabumi maupun dari Banten. Dari Kota Sukabuni perjalanan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi sekitar 2-3 jam, bergantung dari tingkat kelancaran jalan, Jika pas jam keluar pabrik, kurang lebih sekitar 30 menit ada kemacetan di perjalanan. jika menggunakan  kendaraan umum, terdapat beberapa moda, diantaranya adalah bus umum hingga terminal Palabuhanratu. Dari terminal palabuhan ratu, kita dapat menggunakan elf jurusan Cikotok-Palabuhanratu.

My Trip My Adventure
Dari 14 destinasi wisata di Geoarea Cisolok, hanya sekitar 5 tempat yang saya kunjungi, yaitu  Pantai Citepus Palabuhanratu, Batu bersusun-Palabuhanatu, Pantai Karang Hawu-Cisolok, Pantai Cibangban -Cisolok, dan Kasepuhan Adat Sinar Resmi, itupun saya lakukan dalam 2 hari. Kalau ingin menelusuri ke 14 destinasi, mungkin perlu waktu sekitar 4-5 hari. Kalau tidak harus kembali untuk rapat di Bandung, ingin rasanya menambah waktu di geoarea Cisolok, sambil menikmati aneka hidangan seafood, terutama sop ikan Jangilus, atau Marlin yang merupakan ikan khas dan menjadi maskot Palabuhanratu. Bagi saya yang tinggal di pegunungan, pantai selalu memiliki tempat tersendiri di hati, apalagi di Palabuhanratu, saya menikmati pantai sambil memandangi para peselancar yang sedang berlatih sembari menaklukkan ombak.

Travelling bukan hanya sekedar perjalanan, tetapi sebuah proses untuk mendapatkan pengalaman, termasuk pembelajaran tentang kehidupan.

#WorkCation #PesonaIndonesia #GenpiJabar #GeoareaCisolok #GeoparkCiletuhPalabuhanratu #KecamatanCisolok #KabupatenSukabumi #KecamatanPalabuhanRatu #KecamatanCikakak #UNESCO #GeoparkGlobalNetwork

COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship entrepreneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan koperasi era modern Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Menu Sehat Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Review Hotel Review Produk Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Menelusuri Pesona Geoarea Cisolok di Kawasan Geopark CIletuh-Palabuhanratu
Menelusuri Pesona Geoarea Cisolok di Kawasan Geopark CIletuh-Palabuhanratu
https://3.bp.blogspot.com/-LjUNt-J-r1w/WXR-f5eds-I/AAAAAAAADSQ/bnbKLTRrn8QSpo5OW7cxjJJuJ-VFtcvrQCLcBGAs/s400/IMG_20170723_173827-01.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-LjUNt-J-r1w/WXR-f5eds-I/AAAAAAAADSQ/bnbKLTRrn8QSpo5OW7cxjJJuJ-VFtcvrQCLcBGAs/s72-c/IMG_20170723_173827-01.jpeg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2017/07/menelusuri-pesona-geoarea-cisolok-di.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2017/07/menelusuri-pesona-geoarea-cisolok-di.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy