Apakah Al Quran Kebenaran Mutlak?

Membaca tanggapan Afi Nihaya Faradisa terhadap komentar Gilang Kazuya Shimura, membuat saya terkejut saat mata saya sampai di kalimat te...



Membaca tanggapan Afi Nihaya Faradisa terhadap komentar Gilang Kazuya Shimura, membuat saya terkejut saat mata saya sampai di kalimat terakhir. "Janganlah kita menjadikan kitab suci itu kebenaran yang mutlak. Jangan pake dalil." Saya mencoba merenung, semakin dalam,  dan saya lalu membuka Al Quran.

Muslim dan Al Quran

Salah satu syarat masuknya seseorang dalam Islam adalah bersyahadah kepada Allah SWT dan Rasulullah Muhammad SAW. Manifestasi dari syahadah tadi selanjutnya adalah meyakini 6 hal, yatu 1. Iman Kepada Allah, 2. Iman kepada malaikat Allah, 3. Iman kepada rasul Allah, 4. Iman kepada kitab Allah,  5. Iman kepada hari akhir, 6. Iman kepada takdir.
Setelah meyakini, maka selanjutnya adalah menjalankan ibadah sebagai seorang muslim, yang tertera dalam rukun Islam : syahadat, shalat, shaum di bulan Rhamadlan, membayar zakat dan ibadah haji ke Baitullah. Adapun semua tuntunan ajaran Islam, diturunkan Allah SWT melalui Al Quran yang selanjutnya diperjelas dalam hadits Rasululullah Muhammad SAW serta ijma dan qiyas.

Al Quran, Kandungan di Dalamnya

Allah SWT menurunkan Al Quran kepada Rasulullah Muhammad sebagai panduan bagi umat islam dalam menjalankan kehidupannya termasuk beribadah. Mungkin diantara kita sebagian bertanya seberapa rinci isi Al Qur'an? Bisa jadi kita membaca Al Quran setiap hari, seminggu sekali, sebulan sekali, setahun sekali, atau seumur hidup baru sekali. Sebagai seorang muslim yang sudah bersyahadah, menjalankan shalat, berpuasa, membayar zakat, tentunya harus tahu dasar dari semua ibadah yang dilakukan. Bahwa Islam adalah wahyu, dan bukan sekedar dogma. Karena kita mengimani dan meyakini dengan bersyahadah menjadi seorang muslim.

Kitab suci yang diturunkan Allah setelah Taurat, Zabur dan Injil, ini terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan 6.236 ayat. Al quran  pertama kali diturunkan kepada rasulullah Muhammad SAW pada tangga 17 Ramadlan melalui malaikat Jibril sebagai tanda kenabian. Dalam perjalanannya Al Quran menjadi pedoman bagi Rasulullah Muhammad SAW dalam mengajarkan Islam dan tuntunan umatnya hingga saat ini.

Di dalam Al Quran tidak hanya disampaikan ayat-ayat yang berkaitan dengan aqidah (keyakinan), fikih (tatacara beribadah), tetapi juga berbagai hal seperti hubungan antar manusia, pernikahan, jual beli, hukum, sains,  ahlak/perilaku,  kisah di masa lalu serta berbagai hal lain.

Bagi anda yang tidak percaya, ada baiknya untuk mulai memperlajari Al Quran, tidak hanya sekedar membacanya. Banyak hal yang dapat dipelajari di sana. Mungkin kita menjadi muslim karena keturunan, tetapi keputusan untuk menjadi muslim kaffah atau sekedar status tertera di kartu penduduk itu adalah pilihan.

Keutamaan Mempelajari Al Quran

Allah SWT dalam QS Fathir :29-30 berfirman :

الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (30)}
Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).
Sebagai muslim yang merasa beriman kepada Allah SWT dan Rasulullah SWT, tentunya membutuhkan sebuah pedoman dalam menjalankan hidup, dan pedoman itu adalah Al Quran. Sepeeri yang disebutkan dalm QS : Al Baqoroh ayat 2-5.
لم (١) ذَلِكَ الْكِتَابُ لا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ (٢) الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ (٣) وَالَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَبِالآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ (٤) أُولَئِكَ عَلَى هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ (٥) إِنَّ الَّذِينَ
كَفَرُوا سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ ءَأَنْذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لا يُؤْمِنُونَ 
(1). Alif laam miim (2). Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (3). (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka. (4). dan mereka yang beriman kepada kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-Kitab yang telah diturunkan sebelummu serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.(5).  Mereka Itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung. 

Sumber Dari -> http://wahdah.or.id/tafsir-ringkas-surah-al-baqarah-ayat-1-7/ .
Masihkah kita akan mengaku sebagai seorang muslim tapi tidak mau mempelajari Al Qur'an apalagi mempercayainya? Ibarat seorang karyawan di sebuah perusahaan, maka kita harus patuh pada perintah atasan, begitu pula sebagai seorang muslim. Maka kita harus patuh pada perintah Allah SAW. 
Kembali kepada sebab tulisan ini ada, saya melihat perlunya kita mengajarkan al quran pada anak sejak dini. Sehingga saat remaja menuju dewasa, keimanannya semakin tebal.   Kalau kata orang tak kenal maka tak sayang,  jika tidak pernah mempelajarinya, maka tak akan mencintainya.    Bulan Ramadlan adalah waktu yang tepat untuk mempelajari Al Quran, tidak hanya belajar membacanya tetapi juga meresapi artinya. Yakinlah, semakin dalam kita belajar Al Quran, kita akan semakin ingin mendalaminya. Apalagi di bulan Ramadlan, semua ibadah diberi pahala berlipat, termasuk membaca Al Quran. Sempatkan 15 menit setiap habis shalat fardhu, insya allah selain berpahala, kita akan semakin memahami Islam. 
Semoga kita selalu diberikan hidayah dan keinginan untuk mempelajari Al Quran. 
Semua yang benar datangnya dari Allah, dan jika ada kesalahan, itu semata karena kekurangan diri.  
#SampaikanWalauHanyaSatuAyat #KeutamaanAlQuran #AlQuranPetunjukHidup #RhamadlanTurunnyaAlQuran #BelajarAlQuran #QSAlBaqarah1-5 #ImanKepadaAlQuran



COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship entrepreneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi Hut 69 Koperasi Indonesia IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan koperasi era modern Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Apakah Al Quran Kebenaran Mutlak?
Apakah Al Quran Kebenaran Mutlak?
https://1.bp.blogspot.com/-Ce0Mm9iGXeQ/WS4mb6bKSmI/AAAAAAAADI4/5U_-lhbVjvcrrl0nkCgoZ5h5AmkGpM4dACLcB/s320/IMG_20170531_090540.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Ce0Mm9iGXeQ/WS4mb6bKSmI/AAAAAAAADI4/5U_-lhbVjvcrrl0nkCgoZ5h5AmkGpM4dACLcB/s72-c/IMG_20170531_090540.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2017/05/apakah-al-quran-kebenaran-mutlak.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2017/05/apakah-al-quran-kebenaran-mutlak.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy