Saatnya tanam Cabe Di Pekarangan

Harga cabe merah kian melambung pastinya bikin para ibu jadi merenggut. Ya iya lah, cabe sejak bulan Rhamadlan 2016 terus merayap, dari ...



Harga cabe merah kian melambung pastinya bikin para ibu jadi merenggut. Ya iya lah, cabe sejak bulan Rhamadlan 2016 terus merayap, dari Rp 30.000/kg bahkan di akhir tahun pernah mencapai kebih dari Rp 100.000, dan  pekan ini menjadi Rp 60.000/kg. Saya sendiri jadi ikut pusing. Sebagai produsen sambal kentang Mustopa, cabe jadi bahan utama setelah kentang. Walhasil produksi dihentikan dulu sementara, karena harga yang tidak masuk akal. Padahal tahun 2012 lalu saya pernah ikut mengelola kebun cabe swluas 15 ha, dan harga per kg tidak pernah lebih dari Rp 10.000/kg. Tapi sebagai konsumen, saya punya stok tanaman cabe di depan rumah. Kalau pengen nyambel, masih bisa . Tinggal petik saja.

Kira-kira sulit tidak ya, menanam cabe? Tanaman yang punya nama ilmiah Capsicum anuum L, masih 1 keluarga dengan cabai rawit(cengek) Capsicum frustecens L. Hanya saja, jenisnya berbeda. Cabe dapat ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Dengan curah hujan yang cukup tetapi tidak terlalu tinggi. Itu kenapa dalam satu bulan terakhir ini harga cabe menjulang karena banyak tanaman yang rusak terkena virus dan bakteri, dan harga cabe turun kembali di musim kemarau karena saat kemarau virus dan bakteri relatif tidak berkembang. Tanaman cabe merupakan jenis tanaman buah dengan umur tanaman dapat hingga 6 bulan- 1 tahun. Cabe rawit usianya lebih panjang lagi. Jika dirawat dengan baik, usia cabe rawit dapat sampai 1,5 tahun. 

Sebagai tanaman yang masuk dalam kelompok tanaman buah, cabe memiliki 2 fase tanam yaitu fase vegetatif dan fase generatif. Fase vegetatif atau pertumbuhan berlangsung selama 1,5 bulan. Fase vegetatif pun dibagi dua, yaitu pembinitan, umumnya sekitar 7-10 hari. fase pembibitan adalah penumbuhan biji menjadi tanaman. Tanaman yang baik adalah yang tumbuh hingga memiliki 2 helai daun sejati atau terlihat tumbuh 4 helai daun (2 helai daun sejati, 2 helai daun semu). Setelah tumbuh dua daun, maka tanaman siap dipindahkan pada wadah yang lebih besar.  Pada fase pertumbuhan setelah tumbuh 2 daun sejati, tanaman akan tumbuh menjadi besar hingga bercabang dan siap untuk menghasilkan bunga. Sedangkan fase generatif, yaitu fase pembiakan dan pertumbuhan bunga dan buah. Fase ini berjalan setelah usia 1,5 bulan. Dimana tanaman mulai berbunga dan buahnya siap dipetik setelah berwarna merah atau umumnya usia 3 bulan atau 12 minggu.

Cara Menanam Cabe Di Halaman
Sekecil apapun luas halaman rumah, selama memperoleh cahaya matahari kita bisa menanam cabe. Tidak perlu harus di tanah, kita bisa menanam cabe di ember, polybag, pot bahkan dengan metoda hidroponik. Kalau ditanya cara yang paling murah dan simpel tentulah menggunakan media tanah dengan wadah pot besar, ember atau polybag. Mengapa harus wadah yang besar? Karena tanaman cabe memiliki umur yang cukup sehingga jika ingin memiliki pertumbuhan dan umur yang panjang, akar cabe memerlukan ruang untuk tumbuh.

Apa yang harus disiapkan :
1. Benih cabe/cabe rawit.
Benih yang digunakan, bisa berasal dari cabe atau cabe rawit yang dibeli di warung, biarkan sampai kering. Lalu ambil biji cabe/cabe rawit, rendam dalam air hangat. Biji yang mengapung tandanya kurang baik dan biji yang tenggelam adalah biji yang sehat, atau membeli benih cabe di toko pertanian atau di supermaket Super indo yang menjual benih kemasan ukuran kecil  dengan harga sekitar Rp 10.000/kemasan.
2. Polybag kecil atau gelas air mineral untuk pembibitan
3. Ember atau polybag diameter 35 cm tinggi 50 cm
4. Pupuk kompos 1kg utk 1 tanaman saat pindah tanam
5. Kapur dolomit 1 sdm per tanaman (dapat dibeli di toko pertanian)
6. Tanah gembur untuk memenuhi ember/polybag
7. Bambu setebal 5 cm, setinggi 1,5 m untuk menyangga tanaman cabe.
8. Tali rafia untuk mengikat dahan pada bambu.

Cara menanam :
Pembibitan
1.  Rendam benih cabe cabe dengan air hangat kuku selama
Penyiapan Benih
10'menit. Benih yang bagus akan tenggelam, sedangkan benih kurang bagus akan mengambang di air. Benih dapat  berasal dari benih kemasan atau biji'cabe yang dikeringkan,
2. Campur tanah dan kompos dengan ukuran 1:1, masukkan dalam wadah pembibitan atau polybag ukuran kecil,
3.Masukkan benih satu persatu dalam wadah pembenihan. 1 wadah, 1 biji cabe.
Pembibitan
4. Taburi lagi dengan tanah. Tutup bagian atas wadah pembenihan dengan koran, simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari dan air.
5. Siram wadah pembenihan 2 kali sehari, jangan sampai kekeringan. Tutup wadah sampai keluar kecambah.
6. Kenalkan benih yang sudah berkecambah dengan matahari. Tapi jangan sampai kekeringan dan tidak boleh terlampau lama.
7. Lakukan sampai tumbuh 4 helai daun.
Pembenihan cabai cukup memakan waktu. Dari benih ke kecambah, sekitar 4-6 hari, dari kecambah menjadi 4 daun selama 10-14 hari.

Pembesaran 
Tanaman yang sudah memiliki 4 helai daun, lalu dipindah pada polybag yang lebih besar. Tujuannya supaya perakaran lebih luas dan tanaman akan tumbuh tinggi. Pada tahap ini maka yang harus dilakukan :
1. Menyiapkan wadah,  tanah, kompos 1 kg, dan dolomit atau kapur tanaman sebanyak 1 sdm. Campur semua bahan, masukkan dalam wadah.
2.'Pindahkan bibit cabe dalam wadah yang sudah diberi campuran tanah dan dilubangi.  Hati-hati jangan sampai ada akar yang rusak. Tutup tanaman dengan tanah lalu disiram.
3.'lakukan perawata dengan cara disiram dan disemprot pupuk cair  setiap 10 hari, dan pestisida nabati campuran rawit dan bawang n putih 3 hari sekali atau sesuai kebutuhan.
4. Selanjutnya setelah tanaman cabe bercabang dua, mulai dipasang turus bambu untuk tanaman cabe. Kalau yang ditanam adalah cabe rawit tidak perlu diberi turus bambu, karena tanaman berbentuk perdu. Sedangkan cabe merah, tanaman akan tinggi.Tetapi jika ditanam di polybag,maka tanaman tidak akan tinggi.
5. Setelah berbunga, maka mulai diberi pupuk buah. Tandanya tanaman masuk pada tahap pembuahan atau tahap generatif.
Di tahap ini, cabe mulai bisa dipanen usia 90 hari setelah pindah tanam. Cabe dapat ditanam hingga 10 hst atau 6 bulan. Sedangkan cabe rawit lebih panjang lagi umurnya.

Nah masih ada waktu lebih dari 100 hari menjelang hari raya idul fitri. Masih cukup waktu untuk menikmati rendang, sambal goreng kentang atau hidangan lain tanpa khawatir terkuras kantong.

Oh ya, sementara gambarnya yang terbaru masih sampai pembibitan ya. Kalau harus menunggu sampai panen, mas bro dan sis dak bakalan bisa panen cabe tepat waktu dong. Tapi supaya tidak penasaran saya kasih foto tanaman waktu jaman saya ngebon dulu.
Tanaman cabe 25 hst
Iya, fotonya bakal saya update deh sesuai perkembangan tanaman cabe tersayang. Selamat mencoba, nanti kita panen bareng ya pas jelang hari raya.



 Tanaman cabe 60 hst

Cabe 90 Hst di pekarangan


#tanamCabeDiHalaman #FarmerBlogger #UrbanFarmer #TanamCabeJelangHariRaya




COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi Hut 69 Koperasi Indonesia IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Saatnya tanam Cabe Di Pekarangan
Saatnya tanam Cabe Di Pekarangan
https://2.bp.blogspot.com/-XLcNtCkyphY/WL_Wx3EEHPI/AAAAAAAAC2k/3SZ2SwDxHZI8e71rPZgF9-D0TTgqbEXcgCLcB/s400/IMG_20170308_151354.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-XLcNtCkyphY/WL_Wx3EEHPI/AAAAAAAAC2k/3SZ2SwDxHZI8e71rPZgF9-D0TTgqbEXcgCLcB/s72-c/IMG_20170308_151354.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2017/03/saatnya-tanam-cabe-di-pekarangan.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2017/03/saatnya-tanam-cabe-di-pekarangan.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy