Bersenang-senang Sambil Beramal di Kelas Inspirasi 5 Bandung

Kerelawanan atau volunteering saat ini menjadi trend sejak beberapa tahun terakhir. Bagi rekan-rekan yang aktif di sosial media p...




Kerelawanan atau volunteering saat ini menjadi trend sejak beberapa tahun terakhir. Bagi rekan-rekan yang aktif di sosial media pasti kenal dengan situs crowdfunding kitabisa.com atau komunitas seperti Nebengers, Indonesia Berkebun, termasuk kelas inspirasi. Kelas inspirasi merupakan gerakan yang digagas oleh para relawan Indonesia mengajar dan profesional yang ingin turun tangan langsung berbagi pengalaman kepada murid sekolah dasar. Gerakan ini dimulai pada bulan April 2012 di Jakarta. Dan berlangsung di Bandung pada Februari 2013. 

Membawa tagline "Membangun Mimpi Anak Indonesia" gerakan kelas inspirasi ingin memberikan sebuah pengalaman bagi murid SD untuk mendapat pengetahuan dan pengalaman baru tentang profesi dan masa depan yang dapat digapai oleh seluruh anak Indonesia. Dengan membawa 7 sikap dasar kelas inspirasi, yaitu : 1. Sukarela, 2. Bebas kepentingan, 3.Tanpa biaya, 4. Siap belajar, 5. Ambil bagian langsung, 6. Siap bersilaturahmi, 7. Tulus, menjadikan gerakan ini murni dan netral tanpa embel-embel. Sehingga setiap tahun jumlah relawan pun terus bertambah. 

Di kelas inspirasi, terdapat 3 kelompok relawan, yaitu : 
1. Relawan pengajar, relawan yang bertugas mengajar murid SD, dengan persyaraa : a. profesional dengan pendidikan min D3, b. Pengalaman min 2 tahun, c. Mendapat cuti dan hadir saat kelas inspirasi, d. Bersedia hadir saat briefing dan refleksi,
2. Relawan dokumentatotr (fotografer dan videografer), yaitu relawan yang bertugas mendokumentasikan kegiatan, dengan persyaratan : a. Memiliki kemampuamn fotografi, 2. Membawa alat sendiri, 3. Bersedia cuti dan hadir saat kelas inspirasi, d. Hadir saat briefing dan refleksi,
3. Relawan panitia, yaitu penggerak kelas inspirasi yang terdiri dari mahasiswa dan profesional.  Terdapat beberapa divisi kepanitiaan di kelas inspirasi. 

Inspirasi Kelas Inspirasi
Oktober 2012, saat terpilih jadi semifinalis program Mandiri Bersama Mandiri, menjadi titik balik dari hidup saya. Di program luar biasa tersebut sangat banyak inspirator muda yang kemudian menjadi sahabat hingga sekarang. Hendriyadi Bahtiar dan Hendra dari Sahabat Pulau, Ziaul Haq Namawi dari Econatural Selayar, Idham dari Asgar Muda, dan banyak lainnya. Di program ini saya mengenal Indonesia Mengajar dan Kelas Inspirasi. Tidak mudah bagi saya rupanya menjadi relawan kelas Inspirasi, sejak tahun 2013-2016 selalu terlewat. Entah kurang gaul, atau mungkin belum rejeki. 

Takdir akhirnya membawa saya di awal  Januari 2017, sebuah pengumuman di fb, terpampang di dinding seorang teman. Yes, finally, setelah terlewat beberapa tahun. Semoga tahun ini saya tidak terlewat lagi. Tanpa.menunggu lama, saya isi form,  lalu sent dan menunggu pengumuman. 

Jadi Relawan Kelas Inspirasi

Psgi itu sebuah notifikasi email masuk di inbox "Selamat Anda Terpilih Menjadi Relawan Kelas Inspirasi", mungkin email yang masuk tidak semenarik pemberitahuan tender atau kontrak kerja, tapi bagi saya hari itu akan jadi sebuah sejarah. Sejarah saya dapat berbagi cerita tentang profesi saya yang rupanya agak kurang diminati. Blusukan keluar masuk kampung, fasilitas seadanya, usai dari lapangan harus buat laporan dan jangan harap kulit putih mulus. Tapi di profesi yang satu ini saya bisa keliling Indonesia, masuk ke objek vital nasional dan gratis pula. Profesi yang saya tulis adalah "Peneliti Sosial", profesi yang sudah saya jalani lebih dari 10 tahun, saat kuliah di Studi Pembangunan ITB. 

Briefing, Pembekalan Relawan Kelas Inspirasi

Briefing adalah aktivitas pertama yang harus diikuti para relawan kelas inspirasi. Tahun 2017, briefing diadakan di Gedung sate, Minggu, 12 Februari 2017. Pukul 7 pagi saya bergegas pergi. Acara akan berlangsung pukuk 8-12. Saya tiba pukul 8.30. Hujan plus pasar kaget di Ters Kiaracondong membuat saya tidak bisa tepat waktu. Untungnya acara belum.dimulai. Bergehas saya masuk, lalu mengisi absen dan mencari tempat duduk. Tak berapa lama acara dimulai, dengan dipandu Kang Coki dan Teh Yanti yang menjadi mc hari itu. Bagi saya yang baru mengikuti kelas inspirasi, briefing menjadi tahapan yang penting. Briefing kelas inspirasi diisi oleh pengenalan program oleh koordinator kelas inspirasi 5 Bandung, Ibrahim Imadudin Islam (Ibam), sharing pengalaman kelas Inspirasi oleh dr Robbi dan Teh Lai, serta sesi pengelolaan kelas oleh Dimas. Sejak pertama kali diadakan dioleh Bandung tahun 2013, kelas inspirasi 1 diikuti oleh 130 relawan. Pada tahun 2017, kelas inpirasi 5 Bandung diikuti oleh 1020 relawan, 120 panitia dan 64 sekolah, dari 1700 pendaftar relawan. Pada briefing dilakukan pembagian kelompok untuk menentukan di sekolah mana kita akan bertugas. Saya masuk kelompok 17 yang berlokasi di SDN Cimuncang 4-7.  Kelompok 17 dikomandani Teh Katia seorang
plane engineer, dan terpilih Bu Umay, yang bertugas si Lapas menjadi ketua kelompok. Kelompok 17 terdiri dari 40 orang relawan pengajar dan dokumentator. Pukul 12 lebih briefing selesai dan akan dilanjutkan pada pertemuan di waktu yang disepakati.

Persiapan, Pelaksanaan Kelas Inspirasi dan Refleksi

Jelang kelas inspirasi tanggal 22 Februari, ternyata banyak yang harus dipersiapkan. Bukan hanya materi, tetapi beberapa property seperti banner, nametag, sticker, poster daftar relawan dan tak lupa survey lokasi. Wah, gerakan yang serius, bukan main-main. Perlu persiapan matang untuk sebuah acara sharing pengetahuan. Saya tidak mengira, acara ini dikelola sedemikian rapi. Semua property, pembiayaan hingga komsumsi ditanggulangi oleh relawan. Semua dilakukan dengan udunan. Teman-teman kelompok 17 luar biasa. Mulai dari koordinator Teh Katia, ketua kelompok Bu Herny Umay, dan relawan lainnya. Saya sedih juga tidak bisa membentu maksimal. Hanya ikut udunan dan hadir di hari H, hiks. 

Tibalah saat kelas inspirasi tiba, tanggal 22 Februari 2017. Kami semua harus hadir sebelum pukul 7 pagi. Keriuhan mulai terasa. Dari persiapan property, briefing terakhir, hingga pembukaan. Teh Yanti yang menjadi Mc saat  briefing, ternyata masuk klp 16 yang bertugas di SDN Cimuncang 1-3. Acara dimulai dengan pembukaan, sebagai bagian dari upacara kelas inspirasi. Saya masuk SDN Cimuncang 5 bersama Kemas, Dita, Icha dan Aprilia. Pukul 07.30 kelas dimulai. Saya akan mulai mengajar pukul 8.10 di kelas 6, dilanjutkan kelas 2, kelas 5 dan terakhir kelas 3. 

Saat masuk kelas 6, benar kata teman-teman yang sudah ikut KI sebelumnya, aman. Di kelas 6 saya bisa menjelaskan informasi tentang profesi saya, peneliti sosial sembari mengajak mereka untuk berani bermimpi dan tentunya belajar yang rajin. 40 menit usai sudah, saatnya mengajar di kelas 2. Saat masuk ke ruangan kelas 2, pintu tertutup rapat. Perlahan
saya mengetuk pintu dan melongok ke dalam kelas. Terdapat sekitar 20 orang anak duduk rapi di kursi, 5 orang tampak berdiri di depan pintu. Saya lalu masuk, memgucap salam lalu memperkenalkan diri. Mereka cuek, oh tidak. Saya harus dapat perhatian. Lakukan sesuatu untuk menarik perhatian kata Kang Dimas saat briefing. Saya sudah nyaris mati gaya. Saya lalu buka perlengkapan. Teringat ada gambar alat transportasi dan seplastik kerras lipat. Mungkin saya bisa gunakan. Gambar transportasi saya perlihatkan pada mereka, lalu sedikit cerita tentang asyiknya jalan-jalan. Semula saya bawa cerita ditentang bawah sambil duduk melingkar, tak berapa.lama seorang anak menangis. Rupanya, jarinya terinjak kaki temannya. Oow, cari strategi lain. Saya bagikan kertas lipat, lalu meminta mereka menulis tujuan jalan -jalan di kertas lipat, lalu kertas lipat itu dijadikan pesawat terbang. Keriuhan menjadi, ada yang ingin kertas warna biru,  kuning, orange, dan sesekali harus menenangkan anak yang berebut. Pantas kelas 1 dan 2 disebut kelas sulit. Tidak mudah membuat mereka tenang dan mendengarkan. Tapi, saya tidak boleh kalah akal. Strategi kapal pun berhasil, walau harus melipat kertas menjadi kapal terbang, sampai bel berbunyi. Usai kelas selesai, waktunya anak-anak menempel awan cita-cita di pohon cita-cita. 

Usai jam istirahat, perjuangan dilanjutkan dengan mengajar di kelas 5. Gaya petualang lengkap dengan dongeng jalan-jalan keliling Indonesia masih bisa membuat anak-anak duduk manis. Nah strategi kelas lima adalah menyebut ciri khas 5 pulau besar secara beekelompok. Ternyata tidak banyak perbendaharaan informasi yang dimiliki anak-anak. Akhirnya saya beecerita tentang berbagai pulau sambil meluruskan beberapa informasi yang kurang tepat. Seperti ada yang mengira kalau di Aceh masih terkena bencana tsunami, kalimantan itu mengerikan dan lainnya. 40 menit usai sudah, waktunya masuk kelas terakhir yaitu kelas 3.

Kelas 3 lebih tenang dari kelas 2. Tampak 32 anak duduk rapi di kursi belajar. Saya kembali mulai dengam cerita petualangan crocodile dundee. Asosiasi terhadap sesuatu yang dikenal akan memudahkan pemahaman mereka terhadap profesi kita. Usai berkenalan dan sedikit bercerita, saya kembali mengambil peta. Tetapi, oow, peta yang saya bawa kurang. Saya hanya membawa 90 buah peta sedangkan jumlah murid 100 orang. Akhirnya peta pun dipakai satu kertas berdua. Ternyata pembelajaran di  kelas 3 adalah tentang peta Indonesia, dan anak-anak membawa atlas. Pengetahuan anak-anak kelas 3 cukup baik. Mereka tahu tentang nama-nama propinsi, yang tidak dapat disebut di kelas 5 karena lupa.  Usai memberi nama propinsi, bersama anak-anak daya menyanyikan lagu daerah. Ah, jadi teringat masa kecil dulu. Sekolah kami setiap tahun mengadakan  paduan suara lagu daerah.

Waktu tepat menunjukkan pukul 12.30, saatnya penutupan. Selesai sudah tugas saya hari itu. Mengajar 4 kelas di SD lebih melelahkan daripada mengajar orang dewasa selama 8 jam. Bukan hanya materi yang harus menarik, gestur tubuh, suara lantang, mimik muka yang ekspresif, plus gerak kesana-kemari. Cape, tapi senang. Bukan hanya anak-anak, tetapi pengajar pun datang untuk bersenang-senang. Penutupan diisi dengan sulap oleh kang Saiful Bahri dari Jakarta dan tarian penguin oleh semua pengajar kel 16 dan 17. Semua tertawa, bergerak, dan bahagia. Pukuk 12.30 acara selesai. Selesai sudah kelas inspirasi 5 Bandung. Murid senang, guru senang, kepala sekolah pun takjub, mengetahui semua ini terlaksana dari udunan. Tidak ada penyandang dna pribadi semua murni dari keinginan berbagi.

Acara ditutup dengan merapikan kembali kelas dan foto-foto. Saatnya makan siang dan menuju ruang refleksi di gedung wiyata guna. Sayang, saya harus pamit. Agenda persiapan rapat RAT koperasi Wjs sudah ditentukan di hari yang sama. Rencana sih seusai rapat, saya menuju ke Wiyata Guna. Tapi ternyata hujan deras di daerah Gede Bage membuat sayasaya harus bertahan hingga pukul 17.00.

Kesan Ikut Kelas Inspirasi 5 Bandung
Senang, seru, ramai, asyik, penuh haru, penuh tantangan, kebersamaan adalah kesan yang saya dapat di kelas inspirasi 5 Bandung. Hanya dalm 10 hari, 36 relawan di kelompok 17 berhasil menyiapkan kegiatan, property, acara dan materi yang menarik untuk membangun mimpi sekitar 900 anak SD Cimuncang 4-7. Tidak ada donatur, semua dijalankan bersama. Mulai dari udunan dana, berbagi waktu, keahlian, hingga menyediakan tempat untuk rapat. Semua mengalahkan paradigma, jika ada uang disitu ada jalan. Kelas inpirasi membuktikan bahwa yang dibutuhkan adalah niat baik, semangat, kemauan, keinginan untuk berbagi dan keinginan untuk mencapai suatu tujuan. Tidak harus punya banyak uang, menjadi pejabat, maupun menjadi anggota dewan untuk berbuat baik dan membangun Indonesia. Kelas inspirasi sudah membuktikan.

Semoga muncul inspirasi di bidang lain untuk membangun Indonesia, membangun generasi yang akan datang. Jika kelas inspirasi bisa, maka inspirasi lain juga akan bisa. Terima kasih buat semua teman di kelompok 17, tidak ada tanda penghargaan maupun liputan media, tapi amal baik yang tulus akan jadi penambah berat timbangan di sisi kanan. Sampai jumpa di inspirasi berikutnya.

#kelasinspirasi5bandung #membangunmimpianakindonesia #hidupadalahindonesia #bangunindonesia #SDCimuncang5Bandung








COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship entrepreneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan koperasi era modern Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Menu Sehat Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Review Hotel Review Produk Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Bersenang-senang Sambil Beramal di Kelas Inspirasi 5 Bandung
Bersenang-senang Sambil Beramal di Kelas Inspirasi 5 Bandung
https://3.bp.blogspot.com/-x5P7fZ1wZD0/WK7ixOH3D9I/AAAAAAAACyo/-NVNG7sIp6sJ3xYiWQE2JC-e1s1eCC_qgCEw/s320/IMG_20170222_125713.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-x5P7fZ1wZD0/WK7ixOH3D9I/AAAAAAAACyo/-NVNG7sIp6sJ3xYiWQE2JC-e1s1eCC_qgCEw/s72-c/IMG_20170222_125713.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2017/02/bersenang-senang-sambil-beramal-di.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2017/02/bersenang-senang-sambil-beramal-di.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy