Parade Ilmu di Roadblog Bandung 2016

14 Mei 2016 jadi tanggal yang penting bagi saya. Bahkan hari itu saya lingkari merah. Pada timeline beberapa teman tanggal terseb...





14 Mei 2016 jadi tanggal yang penting bagi saya. Bahkan hari itu saya lingkari merah. Pada timeline beberapa teman tanggal tersebut pun jadi pembicaraan bahkan juga kehebohan. Sepenting apakah tanggal tersebut? Sejak hari Jumat, saya sudah menyiapkan diri. Pokoknya mendadak lebay. Mulai dari menyiapkan pakaian, minum vitamin, menyiapkan makanan untuk hari Sabtu, karena acara tersebut mengharuskan saya meninggalkan rumah seharian di Hari Sabtu. 

Pagi harinya, saya sudah bersiap-siap menyiapkan sarapan, memastikan anak-anak mandi, dan berkemas untuk berangkat. Berhubung acara ini tidak mengajak pasangan dan keluarga, anak-anak saya antar ke rumah adik untuk bermain bersama sepupu mereka. Taraa.. saya siap berangkat. Oh ya, kata Teh Effy, harus datang pagi-pagi, supaya dapat tempat duduk terbaik (semakin penasaran, seheboh apa sih acara ini).
Pukul 8 pagi, saya tiba di Best Western Hotel Premiere Jl Merdeka Bandung, ex Toko Kue Merdeka. Itu tuh, toko kue yang menyediakan kue sus yang terkenal di Bandung. Setiba disana, sempat berpapasan di lift dengan staf Bank Sinarmas dan staf Pegadaian. “Hhmm, ada beberapa event di hotel ini”, fikir saya. Setelah melakukan daftar ulang, saya masuk ke ruangan yang telah diisi oleh beberapa teman blogger. 

Kalau dulu di kampus, tempat strategis itu akan mempengaruhi IP. Nah kalau di event, biasanya tempat bagus akan mempengaruhi keberuntungan. Di bagian depan sebelah kiri, terlihat masih ada tempat duduk kosong. Saya memutuskan untuk duduk disana. Supaya dapat dengan jelas memperhatikan narasumber. Pukul 8.30 Kang Ali Muakhir, mengajak peserta untuk berkenalan, dan tak lama kemudian, acara dibuka oleh MC Kang Raja Lubis. Rupanya Kang Raja faham kalau sebagian peserta belum sempat sarapan, jadilah acara didahului dengan coffee break. Saat coffee break, ternyata, Pegadaian dan Sinarmas membuka booth tak jauh dari meja makanan.  Wah, kesempatan nih untuk mencari info tabungan emas yang saya cari.
Akhirnya acara dimulai. Didahului dengan sambutan dari Mas Aldy Terren mewakili Excite dan Bang Aswi sebagai komandan Blogger Bandung. Dilanjutkan suguhan musik alternatif dari salah satu komunitas.

Panel pertama diisi dengan paparan dari Bapak Nurhasan, Deputy Bisnis Pegadaian Wilayah Bandung, Bapak Dodi Budiyatman dari Lembaga sensor film (LSF), dan Traveloka. Moderator diskusi adalah Bu Alaika Abdul, seorang blogger senior. Pada sesi ini, Pegadaian memaparkan program tabungan emas dan aplikasi Sahabat Pegadaian.  Sedangkan LSF menyampaikan informasi mengenai peran LSF serta kampanye mengenai sensor mandiri, dan Traveloka menyampaikan tentang sejarah dan program Traveloka.Informasi yang dipaparkan oleh para narasumber cukup menarik, terutama Pegadaian. Informasi ini hadir di saat  saya sedang memerlukan alternatif investasi di luar tabungan. Informasi dari LSF tak kalah menarik. Peran LSF saat ini memang tidak sepowerful dahulu, sehingga peran masyarakat dalam memilih film yang ditonton menjadi penting. Termasuk juga memberi masukkan apakah suatu film akan memberikan dampak negatif atau tidak bagi penontonnya. Pada sesie traveloka, peserta disuguhkan dengan informasi tentang sejarah Traveloka dan program Traveloka. Capaian Traveloka sangatlah inspiratif. Kesulitan sang Founder ternyata dapat menjadi ide bisnis yang saat ini menjadikan Traveloka sebagai situs tiketting yang unggul di Indonesia. 

Sesie dua yang dilaksanakan setelah ishoma, menghadirkan dua pembicara, yaitu Pak Sudjana dari Bank Sinarmas, dan mbak Anis dari Genfix.  Pada sesie ini Bank Sinarmas menyampaikan informasi tentang produk rekening online, yaitu pembukaan rekening cukup dengan membuka aplikasi di situs internet, tanpa perlu pergi ke Bank. Tidak hanya tabungan, terdapat dua produk keuangan lain yang dimiliki oleh Bank Sinarmas, yaitu deposito dan secure kredit card. Sedangkan Genfix sebagai situs penyedia saluran hiburan dalam bentuk film serta saluran TV via internet, menyampaikan informasi mengenai layanan serta keunggulan yang mereka miliki.

Acara belum usai, masih ada dua narasumber lainnya. Dan mereka adalah Bank Aswi dan Kang Argun. Bang Aswi, blogger senior yang juga penulis, serta ‘jagoan lomba” ini menyampaikan tips trik dalam membuat tulisan yang menarik dan dapat memenangkan berbagai lomba. Tulisan ini harus fokus, unik dan menarik, tutur Bang Aswi. Seperti salah seorang penyanyi Jepang favoritnya yang menjadi inspirasi Bang Aswi dalam menulis. Sedangkan Kang Argun, menyampaikan pentingnya SEO dan beberapa tips untuk dapat bertengger di papan atas mesin pencari googgle. 


Kepala saya hari itu penuh dengan berbagai informasi yang kemudian akan saya tuangkan dalam tulisan. Supaya informasi tersebut tidak hanya menjadi pengetahuan bagi saya dan orang terdekat, tetapi juga menjadi sebuah pengetahuan bagi banyak orang saat kita bagi menjadi sebuah tulisan.
Event blogger tidak hanya memberi pengetahuan, tetapi juga menjadi ajang silaturahmi. Terlebih sudah hampir dua bulan ini saya tidak ikut event apapun. Nah, pada hari itu, saya duduk bersebelahan dengan Teh Yeni, kakak dari Elin, salah satu pendamping di Dinas KUMKM. Peserta Roadblog Bandung ternyata cukup banyak dan banyak diantaranya belum pernah bertatap muka. Perkenalan kami selama ini hanya di dunia maya, dan saat di dunia nyata, ternyata informasi yang dapat diperoleh sangat banyak. Silaturahmi selain membuka pintu rizki juga memberikan kebahagiaan. Sejenak saya dapat melepas lelah dari penatnya kegiatan sehari-hari. Bergabung dengan komunitas menjadi salah sarana “refreshing”. Dan silaturahmi dengan komunitas blogger terus terang membuat saya ketagihan. Selain selalu mendapatkan hal positif, baik informasi, peluang maupun hadiah, juga memberikan perasaan yang menyenangkan.

Roadblog Bandung 2016 lalu bukan hanya sekedar kopi darat, tetapi juga media belajar, berbagi ilmu dan tentunya silaturahmi.

@exciteindog @db_sinarmas @pegadaian @genflix @bdgblogger

COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship entrepreneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan koperasi era modern Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Menu Sehat Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Review Hotel Review Produk Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Parade Ilmu di Roadblog Bandung 2016
Parade Ilmu di Roadblog Bandung 2016
https://2.bp.blogspot.com/-b65EvQySCog/V1ZvmyCpOCI/AAAAAAAAB1k/VjMXdzODtXABhQvSFo_3LWp23JIRmFHUgCLcB/s400/judul.png
https://2.bp.blogspot.com/-b65EvQySCog/V1ZvmyCpOCI/AAAAAAAAB1k/VjMXdzODtXABhQvSFo_3LWp23JIRmFHUgCLcB/s72-c/judul.png
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2016/06/parade-ilmu-di-roadblog-bandung-2016.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2016/06/parade-ilmu-di-roadblog-bandung-2016.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy