Taman Pintar Jogja, Arena Rekreasi Kreatif Ala Pemerintah Kota Yogyakarta

Gerbang Taman Pintar, Sumber : Wikipedia Siapa yang tidak kenal Yogyakarta, sebuah kota yang penuh dengan kisah sejarah, ragam bud...



Gerbang Taman Pintar, Sumber : Wikipedia

Siapa yang tidak kenal Yogyakarta, sebuah kota yang penuh dengan kisah sejarah, ragam budaya, dan kuliner khas. Kota ini selalu hidup terutama saat menjelang libur sekolah atau saat libur panjang. Jika dulu saat saya kecil, liburan ke Yogyakarta tidak lengkap kalau belum mengunjungi Keraton Yogyakarta, Candi Borobudur, Candi Prambanan maupun Pantai Parangtritis, maka bagi generasi sekarang ini, liburan ya harus mampir ke Taman Pintar. 

Semula saya fikir taman pintar itu, seperti wahana bermain pada umumnya, tetapi ternyata apa yang saya lihat sangatlah berbeda. Tempat rekreasi yang dikelola oleh  Pemerintah Kota Yogyakarta ini memberikan suasana bermain yang sekaligus mencerdaskan. Bukan bagi anak-anak, termasuk juga bagi para orang tua.
Taman Pintar Jogja yang berlokasi di Jl Panembahan Senopati No 1-3 Yogyakarta berada di lokasi Benteng Vrederburg yang tidak jauh dari kawasan Malioboro. Taman Pintar Jogja diresmikan pada tahun 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono. Untuk mencapai taman pintar, terdapat dua akses, pertama pintu gerbang utama di Jl Panembahan Senopati No 1-3 Yogyakarga, atau sebrang gedung Bank Indonesia, gerbang kedua adalah di samping Pusat Buku eks shopping centre. Waktu itu, kami masuk dari akses Pusat Buku. 


Jadwal Taman Pintar Jogja

Pagi itu, kami tiba di Taman Pintar pukul 08.30. Menurut informasi, taman pintar buka pukul 08.30 dan tutup pukul 16.00. dan benar, saat itu sudah ada 2 rombongan yang masuk di taman pintar. Bergegas kami menuju  lokel tiket yang mulai kosong. Di loket tiket, saya cukup bingung juga memilih wahana yang ternyata cukup banyak. Setelah melihat jadwal, akhirnya kami memutuskan membeli 3 tiket, yaitu tiket wahana bahari, tiket planetarium dan tiket gedung oval.  Wahana permainan air kami pilih pertama karena waktunya yang singkat, selanjutnya planetarium, karena akan pemutaran film pertama dimulai pukul 09.30 , sedangkan  gedung oval menjadi pilihan terakhir karena jadwalnya lebih leluasa. Oh ya, penayangan di planetarium jadwalnya ditentukan, atas saran mbak di loket tiket, kami masuk planetarium dulu sebelum ke gedung oval.

Harga Tiket Taman Pintar Jogja
Untuk masuk ke masing-masing wahana, kita harus membeli tiket masuk. Harga tiket masuk wahana  Seperti apa rasanya Dino Adventure, tunggu ya...
permainan di taman pintar cukup beragam, mulai Rp 3.000 sampai dengan Rp 25.000. Tiket berharga Rp 3.000 dapat diperoleh untuk masuk ke Paud Barat dan Timur yang diperuntukkan bagi balita dan anak usia 2-7 tahun. Tiket Rp 4.000 untuk memasuki wahana bahari. Sedangkan tiket masuk ke gedung oval Rp 10.000 untuk anak, dan Rp 18.000 untuk dewasa, dan tiket masuk planetarium Rp 15.000 untuk semua usia. Wahana lain yang kami masuki adalah Dino Adventure, dengan harga tiket Rp 20.000 untuk anak, dan Rp 25000 untuk dewasa.


Nah, sedikit saya ulas beberapa zona publik dan wahana bermain di Taman Pintar Jogja

Zona publik
Di taman pintar, selain wahana yang berbayar, terdapat pula beberapa zona publik, diantarana adalah Tapak Presiden RI, Gong Perdamaian, Taman air menari, Desaku Permai, Spektrum Warna, dan sebagainya.  Favorit anak-anak adalah pipa bercerita, yang bentuknya seperti telpon mainan.





Wahana Bahari
Di wahana bahari terdapat dua permainan, yaitu perahu/boat dan taman air menari. Sayang saat kami ke taman pintar, taman air menari sedang dalam perbaikan sehingga kami memilih menggunakan perahu. Dengan tiket Rp 4.000 per orang, perahu dapat dinaiki memutari lokasi  kolam berisi ikan mas sebanyak satu putaran.




Planetarium.

wahana lalu lintasPlanetarium di Taman Pintan Jogja, berbentuk bangunan berkubah oval berwarna merah. Masuk ke gedung planetarium, kita akan disuguhi oleh gambar dan penjelasan tentang benda langit yang menghiasi dinding dalam ruang tunggu. Menuju pintu masuk studio, terdapat pakai astronot yang dapat digunakan pengunjung untuk berfoto. Dan .. ini primadonyanya, sebuah gedung studio dengan dipenuhi kursi di sekelilingnya. Saat itu tempat kosong, ternyata pengunjung planetarium di jam pertama hanya kami berempat, dan kami disarankan menempati tempat strategis sehingga kami dapat menikmati planetarium dengan nyaman. Mau tahu? Datang saja ya ke Taman Pintar, hehehe. 30 menit sudah waktu penayangan suasana langit di Jogja ditambah dengan dua film singkat tentang galaksi.  Pintu keluar planetarium langsung menuju wahana
lalu lintas. Sebetulnya anak-anak ingin naik sepeda dikarena khawatir
ruangan penuh, kami bergegas masuk ke gedung oval.


Gedung Oval dan Gedung Kotak
Gedung oval adalah salah satu objek utama di taman pintar. Ada banyak pojok science dan budaya yang tersedia. Gedung yang terdiri dari 3 lantai ini dipenuhi oleh berbagai area yang menarik. Setelah menyerahkan karcis pada petugas, pengunjung disuguhi aquarium air tawar yang mengelilingi ruangan mirip seperti sebuah akuarium besar. Selesai dari akuarium air tawar, pengunjung masuk ke area purba, kemudian area science hingga area gempa bumi di koridor menuju lantai dua. Di lantai dua terdapat area science di bidang fisika, kimia, dan biologi. Sepertinya saya tidak hafal, saking banyaknya pojok kreasi di sana.  Setelah dari  gedung oval, pengunjung diarahkan ke gedung kotak yang terhubung dengan gedung oval.
Di gedung kotak, terdapat beerapa zona yang diantaranya merupakan CSR dari perusahaan, seperti pengolahan susu dari PT Sarihusada, zona teknologi informasi dari Indosat, zona otomotif, serta zona air untuk kehidupan dari Aqua dan masih banyak zona lainnya. Menjelang menuju lantai 3, terdapat zona budaya yang menyediakan gamelan dan game wayang interaktif. Anak-anak cukup betah disana, agak sulit juga mengajak mereka untuk pindah ke zona lain. Di lantai 3, terdapat beberapa zona, dan yang dipilih adalah Dino Adventure.

Di Dino Adventure, pengunjung disuguhkan foto-foto serta suasana di masa purba dengan menggunakan kereta, dan di ujung wahana, pengunjung dapat difoto dengan menggunakan kamera yang terdapat di lokasi, yang dapat dicetak untuk kenang-kenangan. 

Usai sudah kami berkeliling di gedung oval dan gedung kotak, dan... perjalanan berakhir di food court. Tidak usah khawatir harga di food court cukup bersahabat di kantong. Saat itu waktu menunjukkan pukul 11.30, tidak terasa, selama 1,5 jam kami menjelajahi gedung oval dan gedung kotak.
Ternyata pintu keluar gedung food court adalah di Pusat Buku, di samping pintu masuk. Akhirnya kami langsung menuju parkiran berhubung perut sudah keroncongan dan sepertinya Gudeg Wijilan lebih menarik untuk disantap, kami hanya membeli minum untuk melepaskan dahaga.

Taman Pintar Jogja merupakan satu dari tempat rekreasi yang layak dikunjungi di Jogja. Cukup ramah di kantong tetapi sarat pengetahuan dan pengalaman. Hanya saja, sebelum masuk gedung oval dan gedung kotak, puaskan dulu untuk memasuki wahana lainnya. Sayang sekali saat itu waktu kami cukup terbatas, kalau longgar, 4 jam pun tak akan cukup untuk menikmati semua wahana yang ada.

Pintarnya Taman Pintar Jogja, adalah bukti Pintarnya Pemerintah Kota Jogja, dalam menyediakan wahana rekreasi sekaligus menarik pendapatan daerah. Siang itu saja, tak kurang dari 500 orang yang masuk. Dan saya yakin, sampai siang pun pengunjung akan terus berdatangan. Taman Pintar Jogja, bukan hanya wahana rekreasi untuk warga Yogyakarta, tetapi juga untuk semua wisatawan, terutama anak-anak.

Ditunggu Taman Pintar serupa di kota lainnya. 

#TamanPintarJoga #JadwalTamanPintarJogja #TiketTamanPintarJogja #RekreasiDiJogja 
Sumber : 
Wikipedia
Pengalaman pribadi

COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi Hut 69 Koperasi Indonesia IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Taman Pintar Jogja, Arena Rekreasi Kreatif Ala Pemerintah Kota Yogyakarta
Taman Pintar Jogja, Arena Rekreasi Kreatif Ala Pemerintah Kota Yogyakarta
https://2.bp.blogspot.com/-IJhwh5RfWPM/V00zt3GVLlI/AAAAAAAABxc/Rht3RkNSV18LOL6uKCdpdAe1lzlRHWqeACLcB/s320/TamanPintarYK.JPG
https://2.bp.blogspot.com/-IJhwh5RfWPM/V00zt3GVLlI/AAAAAAAABxc/Rht3RkNSV18LOL6uKCdpdAe1lzlRHWqeACLcB/s72-c/TamanPintarYK.JPG
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2016/05/taman-pintar-jogja-arena-rekreasi.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2016/05/taman-pintar-jogja-arena-rekreasi.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy