Mau Jadi Wirausaha, Mulailah Dengan Perencanaan

Tahun 2016 menjadi tahun yang akan dipenuhi warna bagi para wirausaha. Bermunculannya berbagai program wirausaha serta mulai meningkatnya ar...

Tahun 2016 menjadi tahun yang akan dipenuhi warna bagi para wirausaha. Bermunculannya berbagai program wirausaha serta mulai meningkatnya arus produk dari luar negeri meningkatkan aroma persaingan. Tidak sedikit, pengusaha dari luar yang masuk dengan kesiapan penuh. Modal yang cukup, ide yang menarik, manajemen yang apik diikuti perijinan yang lengkap. Rasa-rasanya, mereka sudah siap tempur.


Nah, sedangkan kita, dana terbatas, pengetahuan nol besar, ide boleh lah, pengalaman juga nol, tekad, hmm, cukup lah. Sebarapa mungkin kita dapat menjalankan usaha? Dalam wirausaha, tidak ada yang tidak mungkin tetapi harus diingat bahwa apapun pilihan dan tindakan kita dipenuhi resiko. Kita diam pun menimbulkan resiko, begitu pula saat kita bergerak, resiko akan mengikuti.

 Dalam menjalankan usaha saat ini, perlu dilakukan perencanaan yang matang. Perencaan tersebut mencakup semua aspek yang melingkupi kegiatan usaha tadi. Perencanaan yang dilakukan melingkupi proses usaha, mulai dari persiapan hingga pemasaran, persiapan mental sebagai wirausaha, penetapan prioritas, serta konsolidasi tim.
 

Wirausaha tidak dapat dilakukan secara instant, artinya, tidak serta merta saat kita sudah bertekad menjalankan usaha tadi maka usaha tersebut akan menghasilkan uang. Beberapa perusahaan bahkan ada yang hingga beetahun-tahun belum mencapai profit, tetapi ada juga yang dalam waktu kurang dari satu tahun sudah menghasilkan.

 Langkah yang dilakukan adalah dengan membuat rencana bisnis hingga program aksi.

Rencana bisnis atau bisnis plan

Adalah sebuah dokumen yang dibuat sebagai peta jalan bagi kita dalam menjalankan kegiatan usaha. Saat ini, konsep bisnis plan dapat diawali dengan menyusun bisis model, yaitu model atau gambaran besar dari bisnis yang selanjutnya dituangkan dalam sebuah rencana bisnis.

Bisnis model yang kita pilih dapat menggunakan model canvas, sebuat peta bisnus yang digambarkan denhan sembilan kotak, yang dimulai dari siapa konsumen kita, bagaimana hubungan konsumen dan cara pemasaran serta distribusi. Selanjutnya keunggulan produk/jasa, proses bisnis, sumberdaya, dana yang dibutuhkan serta pendapatan.

 Proses ini baru memetakan bisnis, selanjutnya diikuti dengan menyusun rencana bisnis dengan rinci. Mulai dari mengapa  dan bagaimans bisnis ini dibangun, hingga aspek pemasaran, produksi, manajemen sumberdaya dan keuangan juga perlu diidentifikasi secara rinci. Sehingga kita faham langkah- langkah yabg harus dilakukan.

Menyusun Action Plan

Setelah bisnis plan rampung selanjutnya yang dilakukan adalah menyusun action plan. Action plan adalah rencana kerja. Mulai dari tahap awal ujicoba atau riset and development hingga kegiatan penjualan. Setiap kegiatan usaha pastinya tidak akan sama tingkat kesulitannya. Ada yang bisa dijalankan dalam waktu satu minggu, satu bulan bahkan ada yang hingga bertahun-tahun.

Tahap selanjutnya adalah memulai bisnis

Bagi pemula, memulai usaha membutuhkan perjuangan tersendiri. Ada yang membutuhkan waktu yang cepat, tapi ada pula yang membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan. Berbagai faktor seperti jenis produk/jasa, harga, lokasi usaha, dan preferensi konsumen menjadi faktor penentu.

 Usaha yang direncanakan dengan matang tidak menjamin tidak adanya kesalahan, tapi setidaknya saat terjadi kondisi yang tidak sesuai dengan harapan kita sudah dapat melakukan antisipasi dan meminimalisir kerugian.

 Fungsi manajemen yaitu planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating ( pelaksanaan) dan controling ( pengawasan) yang disingkat menjadi POAC,se baiknya menjadi kebiasaan. Perencanaan dan evaluasi mingguan akan menjadi landasan bagi kegiatan kita pekan tersebut.

Selamat berakhir pekan, tulisan ini semoga bisa menjadi pengingat kita untuk beraktivitas besok hari. ,


,



COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini blog competition Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship entrepreneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi Hut 69 Koperasi Indonesia IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan koperasi era modern Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Mau Jadi Wirausaha, Mulailah Dengan Perencanaan
Mau Jadi Wirausaha, Mulailah Dengan Perencanaan
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2016/01/wirausaha-tak-cukup-ide-dan-tekad.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2016/01/wirausaha-tak-cukup-ide-dan-tekad.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy