Buku Nikah Rusak, Buat Salinan Saja

#BukuNikahKenaBanjir #SalinanSuratNikah

Dok. Pribadi


Pekan lalu saat terjadi banjir di KBB, Jabodetabek, dan Banten, muncul beberapa meme : Kalau buku nikah rusak, ganti baru atau nikah lagi? Banyak yang menganggap main-main, tapi ada juga yang menganggap serius. "Buku nikah rusak, biarin saja. Apa sih pentingnya?" mungkin ada yang berfikir seperti itu. Persis yang saya lakukan beberapa tahun lalu, sampai akhirnya saya membutuhkan buku nikah baru.

  Buku Nikah Rusak, Apa Yang Harus Dilakukan?

Cerita dimulai saat terjadi banjir. Seperti kebanyakan orang, umumnya memiliki tas khusus dokumen. Surat nikah saya simpan dalam satu tas berisi dokumen bersama paspor. Cara mengurus paspor rusak, dapat dilihat di tulisan ini.   Dan semua dokumen rusak. Ada yang basah sedikit, tapi ada yang rusak parah diantaranya adalah buku nikah. Kerusakan yang terjadi adalah : 1. tulisan luntur, 2. antar kertas saling menempel, sehingga dokumen menjadi sobek.

Semula saya tidak akan mengurus salinan buku nikah.Kan tidak perlu juga ya. Tidak ada rencana pinjam uang ke Bank, tidak ada rencana buat paspor, dan yang pasti tidak ada rencana nikah lagi. 😱 Biasanya surat nikah dibutuhkan untuk mengurus beberapa dokumen penting, salah satunya transaksi perbankan (kadang ada bank yang meminta), membuat paspor dan biasanya dokumen kepegawaian. Berhubung saya sudah sejak tahun 2011 jadi pekerja bebas, jadi tidak ada yang menanyakan buku nikah.

Dan, ketahuilah, bahwa saya baru mengurus salinan surat nikah bulan Oktober 2019, saat akan berangkat umroh. (Jangan ditiru ya.... 😁). Waktu itu saya harus membuat paspor baru, kebetulan paspor lama, sudah habis masa berlakunya. Segera saya mencari tahu ke sana kemari, akhirnya dapat info kalau pembuatan salinan buku nikah dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) tempat kita menikah. Cukup ke KUA saja, ternyata tidak. Ada hal yang harus diurus saat membuat salinan buku nikah.

Contoh Buku Nikah Rusak Terkena Banjir

Prosedur Mengajukan Salinan Surat Nikah

Saat itus saya datang pagi ke KUA, untungnya kepala KUA sedang berada di ruangan. Saya menyampaikan kalau akan membuat salinan buku nikah untuk membuat paspor. Alhamdulilah, beliau menanggapi dengan baik. Beliau menyampaikan bahwa untuk membuat salinan buku nikah, ada beberapa syarat yang harus disiapkan :

1. Surat keterangan surat nikah rusak dari kepolisian
2. Pas foto ukuran 2 x 3 sebanyak masing-masing 4 lembar
3. Foto kopi KTP, 2 lembar
4. Foto Kopi Kartu Keluarga
5.. Mengisi formulir permohonan salinan surat nikah

Saat datang ke KUA, saya membawa KTP, KK dan buku nikah yang rusak. Saya belum membawa surat keterangan dari kepolisian dan pas foto. Tapi sebelumnya, dokumen surat nikah kami dicocokkan dengan buku besar yang ada di kantor KUA. Terbayang, itu  buku isinya data pasangan menikah selama puluhan tahun. Saya menikah tahun 1996, sekitar 22 tahun lalu. Dan buku itu tersimpan rapi. Kok harus di cek lagi, ya namanya juga salinan buku nikah. Buku nikah yang ada kan sudah tidak terbaca lagi tulisannya. Jadi harus dicek lagi apakah sesuai atau tidak.

Setelah mendapat informasi dari kepala KUA, kami lalu mengurusi dokumen lainnya. Sebelum meninggalkan kantor KUA, kami meminta kontak petugas yang membuat salinan buku nikah. Untuk mengkonfirmasi, kapan buku  nikah dapat diambil.

 Bergegas kami mengurusi persyaratan yang diminta. Mulai dari membuat pas foto, membuat foto kopi KTP dan KK, juga membuat surat keterangan dari kepolisian. Setelah selesai, membuat dokumen yang diminta, kami kembali lagi ke kantor KUA. Untung, lokasi KUA dengan domisili ada di satu kota. Jadinya masih bisa bolak balik.

Alhamdulillah, Dapat Buku Nikah Baru

Sore hari, saya dapat kontak dari petugas KUA, kalau kepala KUA sudah kembali ke kantor. Surat pun sudah ditanda tangani dan dapat diambil. Rasanya senang saya bisa mengurus dokumen lainnya. Apalagi dari travel telpon, kalau saya harus segera ke travel untuk mengurusi surat keterangan akan umroh dari kanwil Departemen Agama Kabupaten Bandung. 

Kalau Bapak Kepala KUA ada di kantor, salinan buku nikah satu hari pun selesai. Tapi kalau beliau sedang berhalangan, itu yang mungkin bikin lama. Nah mumpung awal tahun belum terlalu sibuk, teman-teman yang akan buat salinan buku nikah, semoga dimudahkan. Eh, bagaimana kalau dokumen di kantor KUA juga rusak? Semoga tidak ya. Ini PR sebetulnya untuk pemerintah menyimpan data di cloud. Karena sekarang sudah era teknologi. Jadi selain data tersimpan secara fisik, juga dalam bentuk soft copy. 

Saya juga sekarang semua dokumen di scan dan disimpan soft copynya. Karena ternyata mengurusi dokumen itu membutuhkan waktu dan dana yang lumayan. Semangat ya teman-teman....

Bandung, 8 Januari 2020



COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,92,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Buku Nikah Rusak, Buat Salinan Saja
Buku Nikah Rusak, Buat Salinan Saja
#BukuNikahKenaBanjir #SalinanSuratNikah
https://1.bp.blogspot.com/-gqKWiKqHqI8/XhUrREaHu3I/AAAAAAAAGWE/dqPbFUmh2iwQ0_0pkEXVrifGidnMrOK5QCLcBGAsYHQ/s320/8%2Bjanuari.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-gqKWiKqHqI8/XhUrREaHu3I/AAAAAAAAGWE/dqPbFUmh2iwQ0_0pkEXVrifGidnMrOK5QCLcBGAsYHQ/s72-c/8%2Bjanuari.jpg
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2020/01/buku-nikah-rusak-buat-salinan-saja.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2020/01/buku-nikah-rusak-buat-salinan-saja.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung