Yuk Buat Bisnis Model sebelum Usaha Baru Dimulai

#bisnismodel #bisnismodelcanvas #rencanausaha





Dulu saat pertama belajar bisnis sewaktu kuliah, yang terfikirkan adalah produk apa yang bisa dibuat atau dijual. Saat itu di akhir semester dua, ayah pergi meninggalkan kami, berpulang ke pangkuan Yang Maha Kuasa. Sebagai anak paling besar waktu itu yang terfikir, harus bisa dapat penghasilan sambil kuliah. Pas kantor tempat ibu kerja juga  tutup. Yang terfikir adalah mencari usaha apa yang dapat dilakukan. Judulnya palugada. Mulai dari  buat kue kering, jual sembako dengan cara pesan antar, jual hijab, apapun dilakukan. Mulai bisnis, lalu kalau tidak laku, ya tutup, lalu mulai lagi, begitu berkali-kali.

Tapi, di saat ini, bisnis walaupun sampingan tetap harus direncanakan dengan matang. Apalagi di saat krisis seperti sekarang, dimana uang jadi kekuatan. Cash is King. Bahkan yang punya asset pun mulai satu persatu dijual supaya punya uang cash. Sehingga tidak ada lagi cerita bisnis trial and eror alias coba-coba. Jangan sampai niatnya untung jadi buntung.

Untungnya di tahun 2011, salah seorang dosen yang juga pebisnis berkebangsaan Swiss, bernama Alexander Osterwalder membuat sebuah konsep yang dia sebut sebagai bisnis model generation. Konsep yang dia buat adalah sebuah template berbentuk kertas yang terbagi menjadi 9 kotak. Ke-9 kotak ini adalah pola untuk menggambarkan bisnis yang ingin kita jalankan.

Kenapa harus pakai bisnis model? Bayangkan jika kita melakukan uji coba bisnis dengan uang yang terbatas apalagi yang dipakai adalah tabungan. Kalau untung masih mending, modal bisa kembali. Nah kalau rugi, untung tak dapat diraih, modal pun tak kembali. Tapi kalau kita melakukan uji coba dengan template yang dibuat oleh Om Alexander, maka akan bisa meminimalisir kegagalan. 

Template Bisnis Model 

Alexander membuat template bisnis model canvas dalam satu lembar kertas, konsep tersebut dibuat dengan sederhana, relevan dan mudah difahami. Model bisnis diibaratkan sebagai cetak biru strategi bisnis yang diterapkan melalui struktur organisasi, proses dan sistem yang mirip bisnis sebenarnya.
Dalam lembaran bisnis model.canvas (BMC) terdapat 9 kotak yang menggambarkan bisnis dari sisi produksi maupun pemasaran. Melalui model ini, setiap pelaku usaha akan "dipaksa" untuk memvisualisasikan bisnis yang akan dilakukan. Sehingga sebelum bisnis tersebut dijalankan, calon pelaku usaha harus sudah membayangkan detail bisnis sejak produk dibuat hingga produk dipasarkan. Model yang dibuat juga sudah dilengkapi dengan kebutuhan modal serta darimada sumber pembiayaan. Termasuk juga bagaimana cara memperoleh uang dari bisnis yang akan didirikan.  Jadi tidak ada cerita kalau bisa produksi, tetapi tidak bisa menjual.


Template Bisnis Model Canvas


Masa sih dengan selembar  kertas di atas, kita dapat menggambarkan rencana bisnis kita? Jawab saya, sangat bisa.
Berikut terjemahan dari masing-masing kolom sebagai berikut :
  1. Customer Segments: Siapakah pelanggan kita?  
  2. Value Propositions: Apa yang menarik tentang proposisi nilai?  
  3. Channels: Bagaimana value ini dipromosikan, dijual, dan disampaikan.  
  4. Customer Relationships: Bagaimana Anda berinteraksi dengan pelanggan melalui pengalaman mereka terhadap produk Anda selama ini ?
  5. Revenue Streams: Bagaimana bisnis memperoleh penghasilan dari proposisi nilai ?
  6. Key Activities:  ? Apa saja kegiatan yang harus dilakukan perusahaan?
  7. Key Resources: Apa aset unik yang strategis yang harus dimiliki perusahaan agar dapat bersaing?
  8. Key Partnerships: Siapa saja partner bisnis yang perlu digandeng agar bisnis berjalan baik?  
  9. Cost Structure: Apakah cost bisnis yang paling utama? Bagaimana cost terkait dengan pendapatan?



Pembagian BMC Berdasarkan Proses Bisnis

Tahapan Penyusunan Model Bisnis

Saat membuat bisnis model, kita bisa memulai dari kotak pemasaran, maupun dari kotak produksi. Jika memulai dari kota pemasaran, maka yang harus dilakukan, adalah menentukan siapa calon konsumen atau customer segment. Semakin detail definisi calon konsumen, semakin baik. Mulai dari usia, jenis kelamin, tempat tinggal, pendapatan, pendidikan. 

Tetapi kita juga dapat menentukan dari sisi produk. Tapi bukan hanya produk yang akan dijual, tapi apa keunggulan produk. Masih ingat kan  tulisan sebelumnya tentang pain atau masalah konsumen? Di kolom value proposition, kita perlu menetapkan apa pain dari konsumen, sehingga produk yang akan dijual adalah produk yang dapat mengatasi pain atau masalah yang dihadapi oleh konsumen. Jangan sekali-kali membuat produk dari perspektif kita sebagai pelaku usaha. Karena apapun produknya maka konsumen yang akan memutuskan apakah produk yang kita tawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen atau tidak.

Setelah terdefinisikan konsumen, kebutuhan serta solusi yang kita tawarkan, baru kemudian kita melengkapi masing-masing kotak dengan strategi yang akan diterapkan dalam bisnis kita.

Contoh BMC Greena Farm  

Sebagai contoh, saya lampirkan BMC Greena farm, rencana usaha usaha budidaya tanaman yang pernah saya buat. Di form BMC yang saya buat, saya tidak menulis pengepul atau tengkulak sebagai konsumen. Sejak awal saya menuliskan bahwa konsumen kami adalah industri pengolahan, rumah makan, ibu-ibu rumah tangga. Dan itu yang dilakukan di usaha kami. Bagaimana cara menghubungi konsumen, kami melakukan promosi melalui sosial media, fb, Ig, status wa. Sehingga semua teman tahu kapan saya panen. Tidak jarang konsumen yang menghubungi, bukan saya yang cari-cari konsumen. 😍 Tidak hanya siapa konsumen dan bagaiman cara produk kita dikenal konsumen, tapi kita juga sudah memikirkan bagaimana cara produk bisa sampai ke tangan konsumen. Sehingga kita sudah mencari ekspedisi mana yang dapat mengirimkan produk sesuai dengan karakter produk kita.

Di sisi produksi, kita bisa menghitung proses produksi, sumberdaya yang dibutuhkan hingga calon mitra. Begitu pula di struktur biaya dan pendapatan. Dan boleh percaya, BMC ini saya buat tahun 2017, dan saya realisasikan pada usaha cabe di tahun 2019. BMC yang saya buat mirip dengan yang dijalankan. Walau tidak 100 % tepat, tapi bisa dikatakan 75 % mendekati.

Apakah bisa kita membuat BMC yang 90% persis dengan yang dilakukan, jawabnya sangat bisa. Yang unik dengan BMC adalah kita dapat melakukan revisi BMC sesuai dengan kondisi paling mendekati situasi saat ini. Sehingga jika ada yang kurang sesuai, yang dapat kita lakukan adalah melakukan perubahan. Toh modalnya hanya satu lembar template BMC ukuran A0, satu pak post it atau kertas warna dan satu buah spidol. Proses membuatnya pun maksimal cukup satu hari tidak butuh berbulan-bulan.

Seperti kata Om Alex, yang harus kita lakukan adalah :

1. Tempatkan Kanvas di Atas Poster

2. Tempelkan Poster di Dinding

3.Sketsakan Bisnis Model Anda

Sudah, tidak usah terlalu banyak mikir, kuy buruan bikin. Jangan sampai tabungan keburu kering, nanti malah tidak punya modal untuk memulai.  Mulai dengan basmalah, lalu siapkan mental, dan tekad, kumpulkan keluarga, buat rencana bisnis, lengkapi semua informasi yang dibutuhkan. Lalu tempelkan di tempat yang bisa dilihat setiap hari. Saya yakin tidak butuh waktu lama untuk memulai bisnis yang sudah dipersiapkan. Jadi, sudah siap untuk mulai berbisnis?

Sumber : 
 Alexander Osterwalder & Yves Pigneur, Business Model Generation,Elex Media, 2012

 



COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,92,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Yuk Buat Bisnis Model sebelum Usaha Baru Dimulai
Yuk Buat Bisnis Model sebelum Usaha Baru Dimulai
#bisnismodel #bisnismodelcanvas #rencanausaha
https://1.bp.blogspot.com/-zZEZK_GyqFI/XtpRxaCcuEI/AAAAAAAAGno/suComBqRxmEjiFM_EyMhJmU22Fkz4IpOwCEwYBhgLKtMDAL1OcqxjdesuqL9B4dLu33JIemRz47QVEi-p0JvtDUmmdnzWibkkSr26tuBqfUeOm4ZtXcRBGe7qkxwBuuq3n7jS0OVxBYehryoLQDu-wLYvbUfIJQFvhe3rgzM9BUgmFt6Yv7IROOm2GOzY1ojEb2wa8tg4eah9S5TWK2qhOqsH91pEj6hcwir0QatkfWREcKukiB71N2A0yom26cVxsfAFuRIe-bm6TJXJaFbj8iYh584M-6uwf1WoHVTJTIg-C088TzMxk0GIYehhB7Y3bj0VVkKjBfAaZnJiCFWx6uoWnDq4IkKiUYmN0Tygfl5mDKNQ1r5qSltDntuAx7EYhgJlS-vNbiKnMKvplfayQuWrkRlaXNRuxYtsy4lCEiBPpx8mwGJ-Kbml8jsOfEdIeqlPvudYN29je9XpheA0swold7xIgShKr5O4Xrk0hmusHLkFsoKX9CZwVvjb6hNbJL_06md8v-1J2rWBxcMy7IkA9MT81jZ-V9EUrsbjGHB25xYwGwVhN2zJX_Ec38YvHwL_mKRDSLBYAwZB-AjxUjb1MjRFC7gVMRqXhOqK7Y9PxpRE_k8D3IT24vFWiCCflptS6F7BOxUB1IfMX1-3ZgGiNeMwp7fp9gU/s320/Form%2BBMC%2Bgreena.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-zZEZK_GyqFI/XtpRxaCcuEI/AAAAAAAAGno/suComBqRxmEjiFM_EyMhJmU22Fkz4IpOwCEwYBhgLKtMDAL1OcqxjdesuqL9B4dLu33JIemRz47QVEi-p0JvtDUmmdnzWibkkSr26tuBqfUeOm4ZtXcRBGe7qkxwBuuq3n7jS0OVxBYehryoLQDu-wLYvbUfIJQFvhe3rgzM9BUgmFt6Yv7IROOm2GOzY1ojEb2wa8tg4eah9S5TWK2qhOqsH91pEj6hcwir0QatkfWREcKukiB71N2A0yom26cVxsfAFuRIe-bm6TJXJaFbj8iYh584M-6uwf1WoHVTJTIg-C088TzMxk0GIYehhB7Y3bj0VVkKjBfAaZnJiCFWx6uoWnDq4IkKiUYmN0Tygfl5mDKNQ1r5qSltDntuAx7EYhgJlS-vNbiKnMKvplfayQuWrkRlaXNRuxYtsy4lCEiBPpx8mwGJ-Kbml8jsOfEdIeqlPvudYN29je9XpheA0swold7xIgShKr5O4Xrk0hmusHLkFsoKX9CZwVvjb6hNbJL_06md8v-1J2rWBxcMy7IkA9MT81jZ-V9EUrsbjGHB25xYwGwVhN2zJX_Ec38YvHwL_mKRDSLBYAwZB-AjxUjb1MjRFC7gVMRqXhOqK7Y9PxpRE_k8D3IT24vFWiCCflptS6F7BOxUB1IfMX1-3ZgGiNeMwp7fp9gU/s72-c/Form%2BBMC%2Bgreena.jpg
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2020/06/yuk-buat-bisnis-model-sebelum-usaha.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2020/06/yuk-buat-bisnis-model-sebelum-usaha.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung