Serunya Perayaan Hari Nasional UMKM dan MUNAS ABDSI Tahun 2019 di Yogyakarta

#HariNasionalUMKM #PendampingUMKM #MUNASABDS #PLUTDIY #CreativeSMEFestival






Agustus 2019 menjadi tahun bersejarah buat saya dan teman-teman penyedia layanan bisnis bagi UMKM. Di tahun ini organisasi kami akan melaksanakan munas ke-5, bertepatan dengan tahun ke-3 perayaan Hari Nasional UMKM. Sejak tahun 2016, saat Temu Pendamping Nasional (TPN) II di Yogyakarta, Asosiasi BDS Indonesia (ABDSI) mengusung perayaan Hari Nasional UMKM tanggal 12 Agustus. Tanggal tersebut kami pilih, bertepatan dengan hari lahirnya Bung Hatta yang diangkat sebagai bapak Koperasi. Bagi kami, Bung Hatta merupakan sosok peletak ekonomi kerakyatan di Indonesia.
Apa kaitannya antara MUNAS ABDSI dengan Hari Nasional UMKM? Tentunya baik-baik saja, hehe, ya, Harnas UMKM kang pengusunnya adalah ABDSI. Jadi boleh dong, kalau moment MUNAS ABDSI  V sekaligus sambil memperingati Hari Nasional UMKM.
Tahun 2019, DPN memutuskan Yogyakarta menjadi lokasi munas V ABDSi. Sebelumnya munas IV dilakukan di Jakarta, Munas III di Solo, Munas II di Balikpapan dan Munas I di Jakarta. Sedangkan HarNas UMKM, pada tahun 2018 diadakan di Sumatera Barat. Sekaligus juga menjadi event pertama Bung Hatta Festival yang digagas teman-teman ABDSI Sumatera Barat.

Hari Nasional UMKM Bukan Hari Libur

 

Setiap peringatan hari tertentu seringkali dipersepsikan dengan hari libur. Tetapi berbeda dengan Hari UMKM, justru kami tidak menginginkan hari tersebut sebagai hari libur. Bagi kami, Hari Nasional UMKM adalah sebuah penghargaan bagi pelaku UMKM di seluruh Indonesia dalam bentuk pembuktian hasil karya UMKM bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Wis heroik pisan ceu,” iya atuh pelaku usaha terutama usaha mikro, kecil dan menengah juga entitas yang ingin memberikan apresiasi sebagai bakti karya bagi negara.Bukan hanya sebagai obyek terutama politisasi. Hadeu...
Untuk itu teman-teman ABDSI di seluruh Indonesia merayakan hari ini bukan dengan makan-makan atau hura-hura, tapi dalam bentuk kegiatan. Ada yang membuat pelatihan, expo, bakti sosial, seminar dan berbagai kegiatan lain. Intinya kegiatan positif yang menunjukkan hasil karya UMKM serta memberikan manfaat bagi masyarakat. Kegiatan dilaksanakan selama satu bulan, pada bulan Agustus. Dan puncaknya adalah tanggal 12 Agustus.

Rangkaian Acara Hari Nasional UMKM 2019

 

Tahun 2019, DPN bersama korwil DIY dan Jateng menjadi panitia HarNAS UMKM dan MUNAS ABDSI 2019. Kegiatan ini oleh teman-teman telah dirancang sejak 6 bulan yang lalu. Hasil rapat pimpinan ABDSI mengamanatkan Yogyakarta sebagai lokasi kegiatan. Walaupun ada 2 kegiatan yang dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan, justru tidak mengurangi makna dari kedua kegiatan. Malah bisa saling melengkapi.
Berlokasi di kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, kegiatan Harnas UMKM dan Munas ABDSI dilaksanakan. Agenda kegiatan dilaksanakan selama 4 hari mulai 3-6 Agustus 2019. Dilanjutkan dengan sertifikasi uji kompetensi UMKM Ekspor pada tanggal 6-9 Agustus 2019.

Kegiatan hari UMKM bertajuk UMKM Creative Festival, diisi dengan berbagai kegiatan, yang terdiri dari seminar, creative talks, konsultasi bisnis, expo, bursa platform, hingga bazzar produk nusantara dan panggung kesenian. Bagi saya, ada beberapa kegiatan yang menarik di event HarNas UMKM 2019, diantaranya adalah pentas seni dan bursa platform.


Mungkin pentas seni terkesan biasa, tetapi yang luar biasa adalah event ini menjadi ajang unjuk kabisa warga Yogyakarta. Dimana peserta tidak mengikuti lomba, tetapi dapat tampil di panggung. Seperti parade tari yang diadakan di hari pertama. Di hari Sabtu, sejak siang hingga malam hari anak-anak yang tergabung dalam sanggar tari bergiliran menampilkan tariannya. Hingga setelah peserta yang mendapat giliran terakhir, seluruh peserta naik ke atas panggung dan berkumpul di depan panggung untuk menari sintren bersama. Bagi anak-anak yang haus pengalaman kesempatan ini menjadi media untuk bisa mengeskplorasi diri.

Begitu pula pada kegiatan hari kedua, yaitu parade biola. Puluhan anak dari sanggar musik secara bergantian tampil di panggung. Selain unjuk kebolehan dan keberanian, aksi ini menghibur pengunjung yang hadir. Tentunya juga menjadi tambahan pengunjung di HarNas UMKM. Anak senang dapat tampil, orang tua juga bangga dengan kreativitas anak, peserta bazzar mendapat konsumen, dan pengunjung pun terhibur.

Catatan kegiatan yang menarik lainnya adalah bursa platform. Bursa platform merupakan pameran platform layanan usaha. Mulai dari jasa konsultasi, pembiayaan, sarana komunikasi, ekspedisi dan juga marketplace. Lebih dari 10 tenant yang bergabung. Diantaranya adalah Kementrian Koperasi, Jamkrindo, BDP DIY,  Xl bisnis, RPX, Angkasa Pura, rumah kemasan, serta beberapa aplikasi digital, diantarnya adalah Jurnal.id, AVANA, resto dan lainnya. Selain mengikuti ekspo, para penyedia layanan juga mendapatkan kesempatan untuk berbagi informasi  tentang bisnis mereka kepda para pengunjung. Di era digital tentunya bisnis juga harus dijalankan dengan lebih cerdas. Gak mau pakai digital, kelaut aje, hehe.





Acara lainnya adalah seminar, pelatihan dan creative talks. Hampir seluruh acara dipadati oleh pengunjung, baik acara seminar di hari pertama maupun diskusi kecil yang diadakan di sela-sela acara. Salah satu diskusi yang ditunggu adalah paparan dari Walikota Padang, Mayheldi Ansharullah. Paparan yang disampaikan oleh Walikota Padang adalah Padang Menuju Masyarakat Ekonomi Syariah Berbasis UMKM. Pada acara ini, Walikota Padang hadir ditemani Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, serta Kepala Bidang Perekonomian Kota Padang. Banyak hal yang disampaikan oleh Pak Mayheldi dalam paparannya.



Dalam diskusi, pernyataan yang menarik adalah peran pemerintah dalam pengembangan UMKM di Kota Padang, serta kebijakan untuk tidak mengijinkan minimarket jaringan beroperasi. Kita semua tahu, selain Kabupaten Kulonprogo, Kota Padang menjadi daerah yang sangat mendukung pada pengembangan ekonomi lokal. Dalam sesi diskusi Pak Mayheldi juga menyampaikan bahwa saat ini Kota Padang melakukan ekspansi bisnis hingga ke Vietnam, yaitu dengan mengajak pengusaha setempat membuka rumah makan Padang di Vietnam. Awal yang bagus, untuk memperkenalkan kuliner Indonesia.

MUNAS V ABDSI 2019

 

Seperti umumnya pelaksanaan musyawaran nasional (MUNAS) sebuah organisasi, terdapat 3 hal yang menjadi kegiatan utama, yaitu : 1. Pertanggungjawaban pengurus, 2. Pembahasan tata aturan organisasi, dan 3. Pemilihan pengurus baru. Rangkaian kegiatan ini direncanakan berlangsung tanggal 4-5 Agustus 2019. Saat ini sekitar 30 Provinsi yang sudah membentuk kepengurusan ABDSI. Saya sendiri, pada Maret 2019 mendapat mandat untuk memimpin ABDSI periode 2019-2022.
Di kepengurusan ABDSI tahun 2014-2019, dipimpin oleh Samsul Hadi, dikenal dengan panggilan Cak Samsul, dari Peac Bromo Surabaya sebagai ketua, Cahyadi Joko Sukmono dari Forbis Yogyakarta sebagai Sekjen. Dalam kepemimpinan mereka, ada beberapa hal penting yang telah dihasilkan, diantaranya sertifikasi pendamping UMKM, atau dikenal dengan SKKNI pendamiping UMKM. Program ini digagas sejak tahun 2016 dan mulai berjalan di awal tahun 2018. Saya beruntung menjadi angkatan pertama yang mengikuti program ini.



Selain SKKNI, hari Nasional UMKM juga menjadi karya dari pengurus di masa kepemimpinan Cak Samsul Hadi. Kegiatan lainnya juga adalah kerjasama dengan beberapa kementrian dan lembaga dalam penyusunan kebijakan berkaitan dengan jasa layanan bisnis UMKM termasuk, diantaranya pendampingan. Terima kasih buat pengurus ABDSI periode 2014-2019.
 
Acara yang berlangsung sejak pukul 9 pagi, dihadiri perwakilan dari 12 korwil, yang terdiri dari korwil Sumatera Utara, Sumatera Barat, Banten, DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan. Tema Munas ABDSI 2019 adalah Reposisi ABDSI menjadi Organisasi Mandiri dan Modern Menghadapi Tantangan Ekonomi 4.0. Ah, kok ikut-ikutan jadi ekonomi 4.0? Ih ini mah bukan ikut-ikutan, tapi kan layanan bisnis umkm juga harus menyesuaikan jaman. Sekarang eranya digital, jadi harus menyesuaikan dengan kondisi jaman.

Pada acara MUNAS yang berlangsung hinggal pukul 21.00, para peserta munas telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan serta menghasilkan beberapa keputusan penting, sebagai berikut : 1. Diterimanya laporan pertanggung jawaban pengurus ABDSI periode 2014-2019 dengan catatan perbaikan, 2. Perbaikan AD dan ART, serta rumusan program kerja untuk pengurus periode 2019-2022 serta 3. Pemilihan pengurus ABDSI periode 2019-2022, yaitu dengan ketua formatur : Cahyadi Joko Sukmono (DIY). 


Amanat MUNAS ABDSI 2019 menjadi tugas yang harus diemban oleh para pengurus baru. Apalagi tantangan usaha juga terus berubah. Selain menjalankan aktivitas pendampingan, advokasi kebijakan juga diharapkan dapat menjadi porsi yang besar. Tentunya usaha skala mikro dan kecil bukanlah usaha skala besar yang sudah siap dengan berbagai kemapanan. Perlu keberpihakan terutama dari pemerintah supaya usaha mikro dan kecil yang beberapa kali menjadi penyelaman saat krisis ekonomi untuk dapat terus tumbuh. Semoga kepengurusan ABDSI di periode 2019-2022 dapat terus memberikan kontribusi bagi pengembangan ekonomi di Indonesia.  



INDONESIA MERDEKA TIDAK ADA GUNANYA BAGI KITA, APABILA KITA TIDAK SANGGUP UNTUK MEMPERGUNAKANNYA MEMENUHI CITA-CITA RAKYA KITA : HIDUP BAHAGIA DAN MAKMUR DALAM PENGERTIAN JASMANI MAUPUN ROHANI. (Moh Hatta)



COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,57,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,77,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Serunya Perayaan Hari Nasional UMKM dan MUNAS ABDSI Tahun 2019 di Yogyakarta
Serunya Perayaan Hari Nasional UMKM dan MUNAS ABDSI Tahun 2019 di Yogyakarta
#HariNasionalUMKM #PendampingUMKM #MUNASABDS #PLUTDIY #CreativeSMEFestival
https://1.bp.blogspot.com/-VjiPlLFfOlU/XVlN5mPKbqI/AAAAAAAAF_o/dHI0EeQUqt0NQ7ASrdXs0eEqhR1KF8cdwCLcBGAs/s320/harnas%2B4.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-VjiPlLFfOlU/XVlN5mPKbqI/AAAAAAAAF_o/dHI0EeQUqt0NQ7ASrdXs0eEqhR1KF8cdwCLcBGAs/s72-c/harnas%2B4.jpg
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2019/08/serunya-perayaan-hari-nasional-umkm-dan.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2019/08/serunya-perayaan-hari-nasional-umkm-dan.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung