Pelajaran Bisnis Dari Sepiring Pecel

  Dok pribadi Pagi ini saya memutuskan sarapan pecel, dari tukang pecel langganan yang jaraknya 1 km dari rumah. Karena Teteh harus masuk ja...

 

Dok pribadi

Pagi ini saya memutuskan sarapan pecel, dari tukang pecel langganan yang jaraknya 1 km dari rumah. Karena Teteh harus masuk jam 10, saya bergegas berangkat. 

Setiba di tukang pecel, ternyata penuh. Tidak mau menunggu lama, saya menuju tukang pecel satu lagi. Teteh penjual pecel tampak duduk termangu menunggu pembeli. Pemandangan yang sangat kontras. Satu pedagang penuh dikerumuni pembeli, yang satunya duduk menunggu pembeli. 

Soal rasa, tidak jauh berbeda. Harga jual, lebih mahal yang pertama beda seribu rupiah. Pecel di pedagang pertama harganya Rp 8.000, di pedagang kedua, Rp 8.000. 

Pedagang pertama harganya lebih mahal dari pedagang kedua. Tetapi kok lebih ramai? Dalam bisnis ada mitos bahwa penjual yang ramai biasanya pakai penglaris. Artikel tentang penglaris ini ramai juga ditulis beberapa media online akhir-akhir ini. Sehingga seringkali muncul pertanyaan, apakah berjualan supaya ramai itu harus pakai penglaris?

Dari sisi harga, pedagang kedua lebih unggul, tapi kok lebih ramai? Padahal sama-sama jualan pecel. 

Sekilas tampilan pedagang pertama lebih rapi, lokasi berjualan lebih nyaman, dan variasi dagangan pun lebih banyak. Sedangkan pedagang kedua, tempat agak sulit dijangkau kalau pakai mobil, variasi terbatas, walau harga lebih murah. 

Saya jadi teringat pedagang kuliner lain di tempat tinggal saya. Dia menjual nasi goreng dengan porsi lumayan besar. Soal rasa "B" aja. Tidak terlalu istimewa. Tapi porsi besar ini jadi penarik konsumen. Setiap harinya pembeli lumayan ramai. 

Ada juga pedagang yang rutin datang ke rumah, walau sebetulnya dagangannya kurang menarik. Kadang saya membelinya karena kasihan. Tapi kasihan itu bakal jadi hal yang tidak baik, kalau datangnya setiap hari. Karena bisa jadi konsumen malah jadi tidak ikhlas. 

Jadi ingat diskusi dengan seorang senior tentang strategi pemasaran. Di awal, bisa jadi seorang pelaku usaha akan memasarkan produk pada konsumen yang dia kenal. Teman, tetangga, saudara, dengan harapan produk dibeli walau kualitas "B" aja. Tapi seiring berjalan harus ada nilai tambah yg ditawarkan. Kalau makanan, buat saya ya harus enak. Pernah sekali saya beli kue yang rasanya gak karuan, digigit pun tidak bisa. Kesal pasti pas memakannya. Dan besoknya sy bilang ke yang menjual supaya memperhatikan kualitas dagangannya. 

Bisnis adalah transaksi antara penjual dan pembeli. Pembeli merelakan uangnya untuk membeli produk sesuai harapan. Dan penjual memberikan produk beserta layanan sesuai harapan pembeli. 

Sebungkus pecel, hari ini menjadi sebuah pembelajaran bagaimana transaksi itu akan terjadi. Sehingga untuk meraih hati konsumen, perlu ada keunggulan yang ditawarkan walau sebungkus pecel. 

Adalah pilihan bisnis model apa yang akan kita pakai. Tapi dalam bisnis, yang kita beli adalah rasa senang konsumen. Tentunya dalam batas yang wajar. Karena saat konsumen senang, rejeki pun datang. 



COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,14,Event blogger,23,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,93,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Pelajaran Bisnis Dari Sepiring Pecel
Pelajaran Bisnis Dari Sepiring Pecel
https://1.bp.blogspot.com/-gVAK21Chwmo/Yaw2gnZCOaI/AAAAAAAAHg8/2gu4vCTDK1opefFDB_eDmsok462y45p3gCNcBGAsYHQ/s320/IMG_20211205_100416_404.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-gVAK21Chwmo/Yaw2gnZCOaI/AAAAAAAAHg8/2gu4vCTDK1opefFDB_eDmsok462y45p3gCNcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20211205_100416_404.jpg
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2021/12/pelajaran-bisnis-dari-sepiring-pecel.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2021/12/pelajaran-bisnis-dari-sepiring-pecel.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung