apakah anda membayar terlalu mahal untuk sebuah software bisnis

#Efektivitasbiaya #softwarebisnis, #biayaberlebihuntuksoftwarebisnis, #softwarebisnisterjangkau, #solusisoftware, #Tally.ERP 9


 

Ketika seorang pebisnis memutuskan untuk melakukan proses otomasi pada bisnisnya, dan menentukan bisnis proses yang menjadi titik penentu dalam pertumbuhan bisnis ke depannya, pertanyaan pertama yang terlintas adalah mengenai biaya yang dibutuhkan. Efektivitas biaya dalam pengadaan solusi untuk software bisnis memegang peranan penting untuk investasi jangka panjang bisnis. Wajar saja jika membandingkan harga antara satu aplikasi bisnis dengan yang lainnya adalah sebuah keharusan yang dilakukan oleh seorang pebisnis untuk menentukan aplikasi software terbaik. Dua program yang menawarkan fitur yang sama bisa jadi memiliki perbedaan harga yang begitu kentara.

Faktanya, tidak ada ‘harga terbaik’ untuk setiap jenis software. Hal ini sangat tergantung terhadap bisnis model yang dijalankan, potensi audiens dan basis pembeli yang dimiliki serta competitor bisnis Anda. Menentukan titik harga ideal dari sebuah software terhadap bisnis Anda berarti melakukan analisa terhadap berbagai faktor yang mempengaruhi. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui titik-titik kebutuhan mendasar pada bisnis Anda yang berpotensi menyebabkan Anda membayar terlalu besar untuk sebuah software.

Menambahkan pengguna / users

Seiring dengan berkembangnya perusahaan Anda, satu hal yang tidak dapat dihindari adalah bertambahnya jumlah karyawan yang mengelola beragam fungsi dalam perusahaan. Begitu pula dengan sebuah software yang seharusnya bisa demikian fleksibel dalam mengakomodasi kebutuhan bisnis Anda saat ini dan juga memiliki kesiapan untuk berkembang mengikuti pertumbuhan organisasi Anda. Dengan adanya beragam proses dalam satu unit bisnis, tentu saja akan muncul kebutuhan terhadap sebuah software yang dapat memberikan akses terhadap beragam stakeholder. Jangan lupa bahwa ketika Anda berinvestasi dan berkolaborasi dengan vendor penyedia layanan jasa, ada jumlah minimal yang harus Anda bayarkan sambil berharap untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Ada beberapa produk di pasaran yang memungkinkan Anda untuk menambah, melakukan modifikasi atau menghapus user berdasarkan kebutuhan dan keinginan, tanpa ada biaya tambahan. Tidak hanya membantu para pemilik bisnis dalam efisiensi biaya, tetapi Langkah ini juga sangat membantu untuk mengelola beragam informasi penting dengan keamanan data yang lengkap karena akses admin tetap rahasia.

Biaya kenaikan biaya langganan tahunan

Ketika Anda memilih untuk menggunakan platform berbasis awan dan membayar biaya layanan tahunan, ada celah yang mungkin luput dari perhatian Anda sehingga Anda berpotensi untuk membayar kenaikan biaya tahunan setiap tahun, baik Anda sadari atau tidak. Hal ini merupakan tantangan yang besar khususnya bagi usaha kecil yang tumbuh secara eksponensial dari tahun ke tahun. Biaya tambahan yang dikenakan karena menggunakan layanan software memiliki persentase peningkatan setiap tahun, dan hal ini bisa menjadi hambatan dalam modal kerja. Bayangkan jika Anda mengoperasikan perusahaan berskala besar, dan memiliki multi-user yang mengoperasikan software tersebut, maka penambahan persentase kenaikan biaya tahunan ini dapat menghabiskan modal secara cepat jika Anda tidak memperhatikan hal ini. Namun, jangan khawatir karena ada juga solusi software yang tersedia di pasaran dan tidak menerapkan kenaikan biaya langganan berbasis tahunan karena menggunakan sistem lisensi permanen.

Integrasi eksternal vs Kemampuan bawaan

Dunia bisnis, khususnya UMKM, memiliki target dan tujuan untuk dapat berkembang dengan cepat dan tentunya membutuhkan software yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda saat ini maupun di masa depan. Sebuah software pengelolaan bisnis biasanya membutuhkan integrasi dengan software lainnya dari sumber luar untuk menarik data dan membuat beragam jenis laporan yang dapat menopang kemajuan bisnis Anda, sehingga akan mengakibatkan adanya biaya tambahan yang perlu dibayarkan. Contohnya, ada karyawan Anda yang bisa jadi membutuhkan waktu berjam-jam untuk memasukan ulang informasi pemesanan ke dalam sistem akuntansi dan invoicing, sementara ada karyawan Anda yang lainnya dan memasukan informasi yang sama dari sistem CRM untuk melakukan proses pemesanan dan menghitung komisi penjualan. Jika seorang pebisnis memilih untuk menggunakan software dengan kemampuan bawaan dan fitur-fitur yang mampu memenuhi kebutuhan bisnis Anda saat ini dan di masa depan, hal ini tentunya sebuah win-win solution untuk kedua belah pihak. Hal ini akan memastikan Anda tidak perlu membayar lebih untuk membeli add-ons (kecuali yang bersifat sangat mendesak), dan pengelolaan dalam memaksimalkan software.

Pemeliharaan dan upgrade software

Pastikan program software yang Anda gunakan selalu up-to-date dengan perkembangan terbaru yang Anda butuhkan sehingga Anda bisa merasa yakin saat mulai merancang estimasi budget dan biaya software. Selain itu, sebuah program umumnya secara teratur akan memerlukan perbaruan yang bisa jadi termasuk atau tidak termasuk dalam komponen dasar biaya software Anda. Pastikan terlebih dahulu kepada vendor Anda seberapa sering software tersebut akan melakukan pembaruan dan apakah biaya perbaruan tersebut termasuk dalam harga dasar dari sistem yang ingin Anda beli. Seiring dengan bertumbuhnya organisasi Anda, Anda harus selalu memperbarui perangkat lunak setiap saat, namun di satu sisi pastikan juga Anda tidak perlu membayar biaya tambahan yang begitu besar untuk bisa menggunakan versi terbaru dari software tersebut.

Opsi penyesuaian yang mudah

Proses customized umumnya terjadi ketika sebuah software tidak dapat mendukung satu atau beberapa proses bisnis sehingga Anda memerlukannya agar software tersebut dapat berfungsi seperti yang Anda inginkan. Anda juga harus melakukannya lagi dan lagi ketika software tersebut melakukan perbaruan. Komponen biaya terbesar pada layanan jasa profesional adalah proses penyesuaian atau customization. Harga customization ini dapat membengkak bahkan hingga seharga satu paket ERP software, tetapi customization pada ERP software berperan dalam keberhasilan atau kegagalan software. Oleh karena itu, sebaiknya pilih software yang memiliki fitur penyesuaian atau customization yang mudah diakses dan juga memungkinkan Anda untuk membuat dan menghasilkan custom laporan dan invoice tanpa kendala.

Bagaimana lisensi permanen dapat membantu bisnis Anda?

Lisensi permanen biasanya diasosiasikan dengan pemasangan software on-premise atau on-site. Dengan metode pembiayaan seperti ini, user cukup membayar biaya satu kali di depan untuk bisa mengakses ke seluruh program.

Mekanisme lisensi permanen dimulai ketika software mulai dijual secara komersial pertama kali tiba, produk tersebut merupakan jenis produk dengan sistem beli-putus. Pada saat itu, hardware komputer adalah investasi yang mahal, sehingga jarang diperbarui. Dengan demikian pada saat itu sebuah software tidak perlu untuk diperbarui secara berkala, karena sistem solusi yang akan digunakan merupakan solusi untuk jangka waktu yang lama. Beberapa manfaat yang ditawarkan lisensi permanen adalah:

·         Cukup bayar sekali untuk penggunaan selamanya

·         Tanpa perlu membayar biaya tambahan meski organisasi atau tim Anda bertambah besar.

·         Memberikan akses terhadap semua fitur atau modul yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis secara efisien termasuk fitur-fitur atau modul-modul yang dibutuhkan seiring perkembangan bisnis Anda – Semua ini bisa dilakukan tanpa harus membayar biaya tambahan untuk setiap modul yang diinginkan

·         Mengelola banyak produk software bisnis tanpa stress

·         Memiliki kemampuan offline: Tidak seperti lisensi berlangganan yang membutuhkan software lain untuk mengecek validitas lisensi secara berkelanjutan, lisensi permanen bisa melakukan aktivasi produk secara offline menggunakan dongles.

·         Kemudahan transfer: Lisensi permanen biasanya lebih mudah untuk ditransfer di antara pengguna karena lisensi tersebut umumnya dimiliki oleh organisasi bukan dimiliki secara individual.

TallyPrime memberikan Anda akses kepada beragam fitur yang sangat menguntungkan bisnis Anda saat ini dan di masa depan. Coba Tally sekarang secara gratis.

COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,93,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: apakah anda membayar terlalu mahal untuk sebuah software bisnis
apakah anda membayar terlalu mahal untuk sebuah software bisnis
#Efektivitasbiaya #softwarebisnis, #biayaberlebihuntuksoftwarebisnis, #softwarebisnisterjangkau, #solusisoftware, #Tally.ERP 9
https://1.bp.blogspot.com/-mGuVk5tpjSU/YDTGL6v-zrI/AAAAAAAAHB0/PRjCi_zae4s-tn1Y43AoEfRos9Z4jCFDACLcBGAsYHQ/s320/software%2Bblog.webp
https://1.bp.blogspot.com/-mGuVk5tpjSU/YDTGL6v-zrI/AAAAAAAAHB0/PRjCi_zae4s-tn1Y43AoEfRos9Z4jCFDACLcBGAsYHQ/s72-c/software%2Bblog.webp
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2021/02/apakah-anda-membayar-terlalu-mahal.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2021/02/apakah-anda-membayar-terlalu-mahal.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung