1212 Jadi Moment Peluncuran Pesantren Juara di Ponpes Al Ittifaq

Pagi tanggal 1212, udara Bandung sangat sejuk,




Pagi tanggal 1212, udara Bandung sangat sejuk, saya dan beberapa teman berencana menghadiri undangan dari UPTD Balai Pendidikan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha (BP3W) Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat. Pukul 7.30 pagi kami sudah keluar gerbang tol  Buah Batu. Acara akan dimulai pukul 8.30, insya allah cukup waktu satu jam untuk menuju ke Ciwidey. Sejak ada tol Soroja, waktu tempuh Buah Batu Soreang, kurang dari 30 menit, padahal biasanya tidak pernah kurang dari 1 jam.

Pukul 8.15 kami tiba di Desa Alam Endah, yang menjadi tempat Peluncuran Pesantren Juara, salah satu program 100 hari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pikiran saya melayang ke tahun 90-an dulu, saat masih kuliah di Fakultas Pertanian Unpad. Lokasi ini pernah menjadi tempat kunjungan kami mempelajari pengemasan hortikultura.

Sesampainya di lokasi, tampak beberapa tamu undangan sudah hadir, begitu pula salah seorang teman satu tim yang tinggal dari Cianjur. Sayang tim kami tidak lengkap, harusnya kalau lengkap, ada 5 anggota tim yang hadir. Sejak 5 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2014, saya dan 4 orang teman mendapat kepercayaan menjadi tim konsultan program pencetakan 100 ribu wirausaha Jawa Barat. 

Ternyata lokasi Peluncuran Pesantren Juara berada cukup jauh, sehingga kami harus memarkirkan kendaraan di tempat parkir, dan menuju lokasi menaiki angkot yang sudah disediakan. Kemudian bersama beberapa tamu lainnya, kami naik angkot ke lokasi pesantren yang jaraknya sekitar 500 m. Setiba di pesantren, kami menemui Kiai Fuad pimpinan Pondok Pesantren Al Ittifaq. Teh Iyeng, serasa kembali ke masa lalu, dimana kala itu, Pesantren Al Ittifaq menjadi tempat bertugas ketika bergabung di program sarjana pendamping sekitar tahun 1997. Bersama 10 orang temannya, Teh Iyeng membantu Ponpes Al Ittifaq untuk  memasarkan sayuran ke toko modern. Saat itu  Toserba Gelael menjadi supermarket tujuan untuk memasarkan produk pesantren.


Tim Konsultan WUB Jabar


Peluncuran Pensantren Juara

Kemudian, para tamu pun diarahkan untuk menuju panggung acara. Di situ sudah berkumpul tamu undangan, warga setempat, serta para santri. Sedangkan para pejabat, disediakan tempat di panggung. Tidak lama kami menunggu, MC mengumumkan acara akan segera dimulai. Panggung yang semula kosong, mulai dipenuhi para undangan yang terdiri dari Gubernur Jawa Barat, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Bupati Kab Bandung, Kiai Fuad dan para pejabat di lingkungan Pemprov Jabar dan Pemkab Bandung.



Persiapan Tim Shalawat 

Acara diawali dengan terbang salawat oleh tim Al Ittifaq, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Al Quran Surat Ar Rahman,  serta sambutan-sambutan. Sebagai pembuka, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat, menyampaikan laporan kegiatan mengenai latar belakang program serta pelaksanaan program OPOP. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan dari pimpinan pesantren Al Ittifaq,  Bupati Bandung, dan terakhir sambutan dari Gubernur Jawa Barat. 


Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat


Perwakilan Ponpes Al Ittifaq

Bupati Bandung Dadang M Naser

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Dalam sambutannya, Dadang M Naser, menyampaikan potensi Kabupaten Bandung termasuk keberadaan pesantren yang cukup banyak. Menurut Dadang, di setiap Kecamatan, tidak kurang terdapat 10 pesantren. Dan itu merupakan potensi bagi penduduk Kab Bandung yang berjumlah 3,6 juta jiwa dan 95 % adalah muslim. Keberadaan pesantren diharapkan dapat menjadi solusi bagi peningkatan kesejahteraan warga di Kabupaten Bandung. Usai sambutan Bupati,  dilakukan penandatanganan prasasti sebagai tanda diresmikannya program Pesantren Juara. Dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Jawa Barat. 

Ridwan Kamil, dalam sambutannya, menyampaikan alasan mengapa, pesantren menjadi salah satu sasaran program seratus hari. Menurut Ridwan Kamil, dia berharap dalam kepemimpinannya, Jawa Barat akan menjadi Juara Lahir Batin, atau Baldatun Thoyibatun Warrobun Ghofur. Hal ini dikarenakan dia ingin penduduk Jawa Barat tidak hanya memikirkan casing keduniawian, tetapi juga memperhatikan jiwa dalam bentuk keimanan. Santri tidak harus jadi kiai, tapi bisa jadi pengusaha. Dengan mempelajari ilmu agama, generasi muda memiliki iman yang kokoh. “Sehingga ke depan, rakyat Jawa Barat itu memiliki 4 unsur, yaitu iman, pandai, berahlak dan sehat." Beliau meyakini dengan memiliki keempat unsur tadi, maka rakyat Jawa Barat akan menjadi Juara Lahir Batin.

Pesantren merupakan salah satu wadah untuk menempa manusia sehingga beriman dan berahlak baik. Dan untuk menjadikan pesantren mandiri, maka digagaslah program Pesantren Juara yang didalamnya terdapat 17 kegiatan, salah satunya adalah One Pesantren One Product (OPOP). Apa yang telah diraih oleh Pesantren Al Ittifaq dapat menjadi contoh untuk pesantren lainnya. Sehingga, Al Ittifaq seperti disampaikan oleh Dadang Naser, sebagai pesantren mandiri, dengan omset Rp 200 juta sebulan. Selain tidak pernah meminta anggaran pada pemerintah, juga memiliki program pendidikan bagi santri dhuafa.

Teleconference Gubernur Jabar dengan 3 Ponpes di Sukabumi, Bandung dan Garut


Acara ditutup dengan teleconference antara Gubernur Jawa Barat dengan 3 pesantren di Sukabumi, Bandung, dan Garut. Adanya teknologi saat ini dapat digunakan oleh semua orang termasuk pesantren. Sehingga dapat melakukan komunikasi dengan pesantren lain walaupun berada di tempat yang berbeda dengan jarak yang tidak dekat.


17 Program Pesantren Juara

One Pesantren One Produk
Seusai acara, seluruh  tamu undangan diajak untuk mengunjungi pameran yang menyajikan produk-produk hasil karya pesantren yang telah memiliki kegiatan usaha. Terdapat 10 pesantren yang mengikuti pameran di acara Grand Launching Pesantren Juara, yaitu :
1.     PP Al Ittifaq
2.     PP Ar-Risalah Cijantung IV
3.     PP Darussalam
4.     PP Darul Ilmi
5.     PP Miftahul Ulum
6.     PP Darul Hidayah
7.     PP Al Quran Cijantung
8.     PP Al Amin
9.     PP Al Umanaa
10. PP Pagelaran 3

Pengunjung di depan stand Ponpes Cijantung

Stand Ponpes Ar Risalah Ciamis

Stand Ponpes Al Ummana Sukabumi

Kalau urusan belanja mah, emak-emak pastinya senang. Eh, bukan cuman emak. Bapak-bapak juga terlihat berbelanja membeli produk-produk hasil karya pesantren. Dan yang paling banyak diserbu adalah Al Ittifak. Maklum, belum pada belanja. Dan sayuran pun jadi primadona siang tadi. Kapan lagi bisa beli sayuran sehat langsung dari kebun. 


Ibu-ibu Memborong Sayur di Ponpes Al Ittifaq

Senang melihat kegiatan usaha yang telah dilakukan oleh pesantren-pesantren. Semoga melalui program OPOP dapat mendorong pesantren lainnya untujk mandiri, dan mencapai Jabar Juara Lahir Batin. (SNM)

Sumber : dokumentasi pribadi

COMMENTS

Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,53,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,71,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: 1212 Jadi Moment Peluncuran Pesantren Juara di Ponpes Al Ittifaq
1212 Jadi Moment Peluncuran Pesantren Juara di Ponpes Al Ittifaq
Pagi tanggal 1212, udara Bandung sangat sejuk,
https://2.bp.blogspot.com/-RlQdYkJGsjY/XBEJf684nTI/AAAAAAAAFVc/5EfKFURi8_8Wfjj5fiPQgQFLh04VGkZIQCLcBGAs/s400/IMG_20181212_200353.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-RlQdYkJGsjY/XBEJf684nTI/AAAAAAAAFVc/5EfKFURi8_8Wfjj5fiPQgQFLh04VGkZIQCLcBGAs/s72-c/IMG_20181212_200353.jpg
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2018/12/1212-jadi-moment-peluncuran-pesantren.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2018/12/1212-jadi-moment-peluncuran-pesantren.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung