4 Manfaat Membeli Oleh-Oleh Saat Mudik

 Mudik saat lebaran merupakan momentum yang ditunggu setiap orang yang tinggal jauh dari tanah kelahiran. Tidak hanya oleh pemudik,...




 Mudik saat lebaran merupakan momentum yang ditunggu setiap orang yang tinggal jauh dari tanah kelahiran. Tidak hanya oleh pemudik, tetapi juga oleh keluarga di kampung halaman, kerabat, teman bermain saat kecil, dan penjual oleh-oleh khas daerah dan penyedia jasa lainnya. Mudik secara tidak langsung memberikan efek domino peningkatan ekonomi. Bayangkan saja, kota kecil yang biasa dihuni 500 ribu penduduk, selama sepekan dapat meningkat tajam. Penambahan penduduk tersebut pastinya menambah uang beredar di daerah tersebut. 

Mudik dan Minat Berbelanja Para Pemudik
 Saat mudik apa saja yang kita lakukan? Pastinya berkunjung ke rumah sanak saudara, teman masa kecil, berburu penganan atau jajanan khas setempat, bermain ke tempat wisata, dan segudang kegiatan lainnya atau jangan-jangan tinggal di rumah saja s mbari leyeh-leyeh menikmati nyamannya kamar tempat tidur kita saat kecil. 
Umumnya para pemudik sudah menyiapkan sejumlah angka untuk dibelanjakan di tempat yang dikunjungi. Baik untuk membeli makanan, kerajinan, pakaian atau untuk kegiatan berwisata. Belum ada riset (atau saya kurang update) berapa besar alokasi anggaran belanja di tempat yang dikunjungi. Saya sendiri juga menganggarkan untuk belanja dan wisata. Berapa? Ssst rahasia dong.

Haruskah Membeli Oleh-oleh Saat Mudik?
"Jangan lupa oleh-oleh ya", ungkapan yang sering kita dengar saat akan muik atau berkunjung ke suatu daerah. Beban, ya iyalah. Tapi khusus saat Mudik, asli saya tidak keberatan sama sekali kalau harus beli oleh-oleh. Bukan karena saya banyak uang, tapi uang yang saya bawa saat mudik ada alokasinya untuk membeli oleh-oleh. Selain itu dibagikan ke sanak saudara juga untuk mengisi toples disaat kue lebaran di rumah sudah mulai menipis. 
Sebetulnya bagi saya ada hal penting lain, dengan membeli makanan atau kerajinan khas, ituberarti kita sudah berkontribusi bagi penguatan ekonomi warga kita si tempat yang dikunjungi. Coba kalau kita membeli oleh-oleh, berapa banyak orang yang mendapat keuntungan dari hasil pembelian tadi? 
1. Konsumen yang membeli produk
2. Pemilik toko  oleh-oleh
3. Karyawan di toko oleh-oleh
4. Produsen
5. Karyawan yang bekerja di tempat produksi
6.Penyedia bahan  baku
7. Penyedia kemasan
8. Pemerintah daerah 

Nah, ternyata dengan 100 ribu yang kita belanjakan si daerah yang dikunjungi akan memberi manfaat bagi banyak orang. Jika ada 1000 keluarga yang berbelanja,dat dibayangkan berapa banyak uang yang terkumpul. Jika pemilik usaha juga melakukan hal yang sama,maka multiplieer effek akan terus bergulir bagai bola salju.

Secara garis besar, ada 4 manfaat membeli oleh-oleh saat musim :
1. Memberi kebahagiaan bagi yang diberi oleh-oleh
 Hihihi, ya iyalah. Siapa yang menolak pemberian apalagi gratis. Tapi jangan salah, kalau pas yang diberi adalah bos, bisa-bisa bisa naik gaji. Atau kalau yang diberi adalah klien kita,bisa dapat order tuh. Eits, tapi supaya dapat pahala harus ikhlas ya.

2. Mengurangi pengangguran
Daerah yang memiliki produk unggulan umumnya angka pengangguran rendah. Itu sih konsekuensi logis. Kalau punya pekerjaan kan penganggurannya sedikit. 

3. Mengurangi kemiskinan
Punya pekerjaaan artinya punya pendapatan dan jika mencukupi angka kemiskinan rendah dong. 

4. Meningkatkan pendapatan daerah
Daerah yang pengusahanya banyak tingkat pendapatan juga tinggi. Nah bagaimana dengan daerah tempat asal kita? Pelaku usaha juga supaya daerahnya maju, harus rajin bayar pajak dan berzakat.

Ah, Ceu Meta mah bisa saja. Eh, serius. Ini berikan bukan cocokologi. Bukankah sekarang enterpreneur sedang digalakkan. Nah, kalau cuma bisa bikin dan bisa jual, uangnya dapat dari mana. Sebagai warga yang baik, maka kita juga sesekali perlu berbelanja sari produsen lokal. Lebaran ini momentum yang bagus untuk beramal. Hitung-hitung belanja sambil beramal.

Memang ada produsen yang suka nakal. Jadi ini ada tips lagi nih buat rekan-rekan yang mau membeli oleh-oleh apalagi oleh-oleh makanan.

1.Baca label dengan cermat
Makanan yang baik, memiliki 7 informasi wajib pada label. Cek disini ya apa saja yang harus tertera pada label makanan. 7 info wajib label makanan

2. Amati tampilan produk
Lihat tampilan produk, apakah sudah berjamur, berubah warna, rasa, kerenyahan atau bau. Jika di label ada tanda kadaluwarsa kita bisa membandingkan tampilan dengan info di label. Kemasan juga berpengaruh. Makanan berkemasan atau dibungkus akan lebih bersih.

3. Beli di tempat yang bersih
Namanya juga makanan, maka harus bersih jika tidak ingin kena diare. Memang banyak tempat penjualan makanan yang tidak atau kurang higienis. Tapi kalau ingin terbebas dari sakit perut, pilihlah tempat berjualan yang bersih. Tidak harus berupa Ac tetapi pastinya tidak dihubungi lalat, lantainya becek, banyak binatang berkeliaran. Kalau makanan bersih pasti kita nyaman.


Belum beli oleh-oleh? Yuk beli, insya Allah gak bakal rugi. Niatkan saja buat ahodakoh dan barang dapat, pahala juga dapat.

#JuliNgeblog #4ManfaataMembeliOleh-olehSaatMudik

COMMENTS

BLOGGER: 4
  1. baca ini jd kesindir, soalnya kmarin pas beli oleh2 saya ngomel ke suami yg belinya mnurut saya kebanyakan, hihihi...
    pdhl tnyt bnyk manfaatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mbak Nathalia, bukan maksud menyindir. Dulu juga saya fikir buang uang, tapi setelah banyak gaul sama UKM, ternyata belanja kita akan banyak membantu mereka.
      Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  2. Oleh oleh itu pasti terbeli mba, walau gak ada niat beli hehehe.. Minimal oleh oleh makanan, itu pasti kebeli.. Mungkin sudah terbiasa membeli untuk buah tangan, yang dibeliin juga pasti senang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali. Manfaat buat kita, buat yang kita beri juga penjual dan produsen. Semoga barokah buat semua. Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete

Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,14,Event blogger,23,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,93,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: 4 Manfaat Membeli Oleh-Oleh Saat Mudik
4 Manfaat Membeli Oleh-Oleh Saat Mudik
https://1.bp.blogspot.com/-xn6hThvcSPc/V4XNjGRBWOI/AAAAAAAAB9I/DUAR2JC0rXQy9j5nh7BWBlRwMUDqXIdPQCLcB/s640/CYMERA_20160713_121232.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-xn6hThvcSPc/V4XNjGRBWOI/AAAAAAAAB9I/DUAR2JC0rXQy9j5nh7BWBlRwMUDqXIdPQCLcB/s72-c/CYMERA_20160713_121232.jpg
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2016/07/4-manfaat-membeli-oleh-oleh-saat-mudik.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2016/07/4-manfaat-membeli-oleh-oleh-saat-mudik.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung