A to Z Memulai dan Mengelola Usaha Kedai Kopi, Resensi Buku

#resensibuku #usahakedaikopi #wirausaha



Siapa tidak kenal kopi, komoditi yang saat ini masuk ke dalam lima besar komoditi unggulan Indonesia. Walau sebetulnya kopi bukan tanaman asli Indonesia, tetapi dibawa oleh komandan p. asukan Belanda Adrian Van Ommen sekitar tahun 1696. Kisah ini saya dapat dari buku 'A to Z memulai dan Mengelola Usaha Kedai Kopi"yang ditulis oleh sahabat saya Dani Hamdan dan Andika Ajie Sastra.

Kang Dani, biasa saya memanggil namanya, seingat saya sudah lebih dari 5 tahun ini menekuni komoditi kopi. Mulai dari melakukan pendampingan pada petani dan pelaku usaha kopi, hingga menjalankan bisnis kopi. Dan bisa jadi, buku ini adalah bagian dari perjalanan dalam "ngopeni" kopi.

Saya pribadi sebetulnya bukanlah penyuka kopi, alasannya karena gangguan pencernaan yang saya idap sejak lama. Walau begitu, saya menyukai aroma kopi, dan beberapa kali tertarik untuk masuk ke bisnis kopi. Dan, gairah tersebut semakin hadir ketika membaca buku yang ditulis oleh Kang Dani. Buku ini tidak menjelaskan tentang budidaya kopi, atau tentang jenis-jenis kopi. Tetapi, di buku ini justru pembaca akan disuguhi informasi lengkap mengenai kopi. Terlebih tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis kopi.

Buku berbentuk bujursangkar ukuran 20 cm, sudah sejak pertama kali menarik perhatian karena tampilannya yang menarik. Dengan isi tulisan yang  terdiri dari 4 bab isi dan 1 bagian lampiran, terdiri dari 180 halaman buku full color dengan cover kedai kopi lengkap dengan perlengkapannya.

Pada bab 1 yang diberi judul "Sukses membuka dan mengelola usaha kedai kopi" pembaca akan diberikan informasi mengenai sejarah kopi di dunia dan di Indonesia. Juga tentang model usaha kedai kopi dan kelayakan serta perencanaan usaha. Pada bagian ini juga disampaikan berbagai alat yang digunakan (hal 29), pemilihan lokasi (hal 45), hingga jenis minuman berbasis espresso dan menu.

Memasuki bab 2, pembaca disuguhi informasi tentang manajemen strategi kedai kopi, mulai dari aspek manajeen usaha (hal 66), hingga tips  mengelola resiko kedai kopi. Sedangkan di bab 3, informasi yang disampaikan adalah tentang kewirausahaan pada bisnis kopi, hingga kisah sukses para pemilik kedai kopi terutama di 5 tahun terakhir.
 
Sedangkan di bab terakhir, ada informasi mengenai rantai pasok kopi yang menarik untuk didalami. Jika pada bab 1, informasi tentang kopi tidak terlalu detail, justru di akhir bagian buku ini pembaca akan dihanyutkan oleh gurihnya bisnis kopi beserta data-data yang menarik untuk didalami.

Bagi saya yang selama ini awam tentang kopi, membaca buku ini serasa menjadi seorang pakar kopi dalam sekejap. Istilah-istilah per-kopi-an yang selama ini saya dengar dalam pameran kopi, sangat jelas digambarkan oleh Kang Dani dan Kang Andika. Akhirnya saya tahu apa itu Espresso, Americano, Affogato dan Cappucino. Tidak sekedar kopi hitam, maupun kopi susu. Terlebih dengan tata letak, serta gambar yang sangat lengkap.  😆

Bagi rekan-rekan yang akan membuka usaha kedai kopi, buku ini akan sangat membantu dalam menyiapkan usaha. Terlebih dengan banyaknya foto yang ditambahkan akan melengkapi informasi seputar bisnis kedai kopi. Walau harga buku ini tidak murah, tapi informasinya sangat lengkap, dan akan mendukung usaha kedai kopi yang dijalankan. Tidak usah khawatir, dengan membeli buku ini tidak akan menyesal.

Bagi yang akan membeli,  buku ini dapat dipesan melalui fb Dani Hamdan atau boleh japri saya juga.

Judul buku            : A To Z Memulai dan Mengelola Usaha Kedai Kopi
Penulis                   : Dani Hamdan dan Andika Ajie Sastra
Tebal hal                : 182 hal
Penerbit                 : Agromedia Pustaka
Cetakan pertama  : 2020

COMMENTS

BLOGGER: 1
  1. Nuhun untuk Blog Ceu Meta. Ulasannya enak dibaca, mengalir dan inspiratif. Salam (Dani)

    ReplyDelete

Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,14,Event blogger,23,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,93,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: A to Z Memulai dan Mengelola Usaha Kedai Kopi, Resensi Buku
A to Z Memulai dan Mengelola Usaha Kedai Kopi, Resensi Buku
#resensibuku #usahakedaikopi #wirausaha
https://1.bp.blogspot.com/-sklFMTrRNI8/XygwPsW6QNI/AAAAAAAAGwA/GFCyn1AlhSo7rbQTnkPLnsELIOOPq6XigCLcBGAsYHQ/w392-h410/kedai%2Bkopi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-sklFMTrRNI8/XygwPsW6QNI/AAAAAAAAGwA/GFCyn1AlhSo7rbQTnkPLnsELIOOPq6XigCLcBGAsYHQ/s72-w392-c-h410/kedai%2Bkopi.jpg
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2020/07/blog-post.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2020/07/blog-post.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung