Tips Menyusun Value Map (Value Proposition Canvas 2)

#valueproposition #product&services #paincreators #gaincreators



value maps


Pada tulisan sebelumnya, sudah dibahas secara mendalam tentang customer profile yang menjadi bagian pada value proposition canvas. Selain customer profile atau profil pelanggan, pada value proposition canvas, dilakukan juga pendalaman pada value map. Pada tulisan sebelumnya tentang  customer profile, kita menggali informasi mengenai pelanggan, dari sisi pekerjaan atau aktivitas (customer jobs), masalah (pains) dan keuntungan atau manfaat yang ingin diperoleh (gains).

Pada tulisan kali ini mengenai value map, akan dibahas mengenai produk dan layanan yang akan diberikan (product and services), penghilang rasa sakit (pain relievers) serta keuntungan yang ditawarkan (gain  creators).

Product and services

Pada umumnya, saat membangun sebuah bisnis, kita membuah sebuah daftar atau katalog produk yang kita
tawarkan. Sehingga konsumen tinggal melihat ke toko milik kita, apa saja produk yang kita jual. Tidak selamanya
produk yang ditawarkan itu dibutuhkan oleh konsumen. Sebagai penjual atau produsen, yang kita lakukan 
adalah menampilkan produk di etalase, dan berharap konsumen akan membeli. 
Tetapi akan berbeda jika kita menawarkan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan sosial, fungsional maupun emosialnya. Yang dapat memenuhi kebutuhan dasarnya. Sehingga konsumen akan mencari produk yang sesuai yang dapat digunakan dalam aktivitasnya, yang dapat mengatasi rasa sakit atau masalah, serta memberikan keuntungan pada konsumen. .


Sehingga produk yang dihasilkan haruslah dipastikan dapat membuat konsumen akan membeli bahkan merekomendasikan pada konsumen lain untuk membeli. Proposisi nilai yang kita tawarkan dapat disusun dalam beberapa sisi, sebagai berikut :
  • Konsisi fisik barang, seperti produk yang diproduksi.
  • Barang tidak berwujud, 
  • Hak cipta atau layanan tersebut
  • Bantuan purna jual.
  • Produk digital
  • Sarana rekreasi,
  • Rekomendasi online.
  • Jasa keuangan, atau apapun yang dibutuhkan masyarakat..
Tentunya karakteristik setiap produk akan berbeda, dan hal ini yang dapat menjadi dasar dalam menghasilkan 
barang dan jasa. 


Pain Creators

Pain creators menggambarkan bagaimana produk dan layanan yang dibuat dapat mengurangi rasa sakit 
atau masalah yang dihadapi pelanggan tertentu. Jika pelaku usaha menggunakan pain creators sebagai 
dasar dalam menawarkan barang atau jasa, maka konsumen akan merasakan bahwa produk yang 
ditawarkan menjadi obat penghilang rasa sakit. Sehingga pelanggan merasa bahwa produk yang kita 
tawarkan menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Bisa jadi selama ini pelanggan sudah mencoba mengatasi masalahnya dengan membeli satu produk 
dari sebuah perusahaan, tetapi ternyata masalahnya belum teratasi. Dan produk yang kita tawarkan 
jika lebih baik dari produk yang sebelumnya akan menjadikannya sebagai solusi. 

Produk dengan nilai proposisi yang tinggi, dan fokus dalam mengatasi masalah pelanggan akan memberikan nilai yang lebih tinggi. Sehingga pelanggan akan memberikan penghargaan yang lebih pula. Dalam menentukan produk, seorang pelaku usaha dapat menghitung berapa banyak calon pelanggan yang dapat dilayani, serta berapa besar ceruk pasar yang dapat diisi. Dan informasi tersebut telah diperoleh saat kita mengindentifikasi pelanggan pada tulisan sebelumnya.

Daftar pertanyaan di bawah ini dapat membantu untuk mengidentifikasi apa saja yang dapat dijadikan sebagai penghilang rasa sakit. Tanyakan pada diri sendiri, bisakah produk dan layanan yang kita buat, dapat menghasilan :   
  •  Penghematan dalam hal waktu, uang, atau tenaga, 
  • Dapatkah produk upaya membuat pelanggan Anda merasa lebih baik 
  • Dapatkan produk yang ditawarkan menjadi solusi? 
  • pelanggan bertemu atau takut? 
  • Dapatkan produk yang ditawarkan menghilangkan risiko yang ditakuti pelanggan Anda? 
    
    
    Catatan penting : 
    Pereda nyeri bisa lebih atau kurang berharga bagi pelanggan. Yakinkan Anda dapat membedakan yang esensial penghilang rasa sakit dan yangsenang bisa memiliki. 

Gain Creators

Produk dan layanan dapat menciptakan keuntungan bagi pelanggan. Jika kita berniat menghasilkan 
produk yang sesuai dengan harapan dan keinginan pelanggan. Terutama jika bisa memberikan manfaat baik secara fisik fungsi, sosial, emosi positif, hingga penghematan biaya.Konsumen tidak akan segan untuk kembali membeli dan juga merekomendasikan produk kita kepada orang lain. 

Seperti halnya penghilang rasa sakit, seorang pelaku usaha tidak perlu mengidentifikasi manfaat bagi setiap pelanggan secara individu, tetapi fokus pada hal-hal relevan dimana pelanggan merasakan manfaat dari produk, dan produk kita memiliki pembeda dengan yang lain. 

Daftar pertanyaan pemicu berikut dapat membantu Anda memikirkan berbagai cara produk dan
layanan dapat membantu pelanggan Anda mendapatkan yang dibutuhkan, hasil yang diharapkan, diinginkan, atau tidak terduga dan bermanfaat.

Tanyakan pada diri sendiri: Bisakah produk dan layanan Anda ...

  •      menciptakan penghematan yang menyenangkan pelanggan Anda?
  •      menghasilkan hasil yang diharapkan pelanggan Anda atau
  •      yang melebihi harapan mereka? Dengan menawarkan tingkat kualitas, lebih dari sesuatu, atau kurang dari sesuatu.
  • mengungguli proposisi nilai saat ini dan menyenangkan pelanggan Anda? Mengenai spesifi/k fitur, kinerja, atau kualitas.
  • membuat pekerjaan atau kehidupan pelanggan Anda lebih mudah? Melalui kegunaan yang lebih baik, aksesibilitas, lebih banyak layanan, atau biaya kepemilikan yang lebih rendah
  • menciptakan konsekuensi sosial yang positif? Dengan membuat mereka terlihat bagus atau menghasilkan peningkatan kekuatan atau status.     
  • memenuhi keinginan pelanggan tentang impian? Dengan membantu mereka mencapai aspirasi atau mendapatkan bantuan dari kesulitan?
  • menghasilkan hasil positif yang cocok dengan Anda kriteria kesuksesan dan kegagalan pelanggan? Dalam hal kinerja yang lebih baik atau biaya lebih rendah
-
Catatan Penting

Pencipta gain dapat menghasilkan lebih banyak atau hasil dan manfaat yang kurang relevan
untuk pelanggan seperti yang kita miliki terlihat untuk penghilang rasa sakit. Yakinkan
Anda membedakan yang esensial dan senang memiliki pencipta keuntungan. 
  

Hubungan Antara  Customer Profile dan Value Maps


Sebagai pelaku usaha, kita harus dapat menyesuaikan antara profil pelanggan, rasa sakit, dan harapan pada keutungan dengan fitur produk, penghilang rasa sakit dan manfaat yang kita tawarkan. Tentunya mereka akan senang ketika kita dapat menyelesaikan masalah, mengatasi rasa sakit serta memberikan keuntungan.  Kecocokan antara kondisi pelanggan dengan layanan yang kita tawarkan adalah hal yang tidak mudah. Tetapi kita tentunya harus berjuang untuk dapat menemukan kecocokan antara pelanggan dengan kita.
 
Yang dapat kita lakukan adalah menggabungkan keseluruhan puzzle dalam satu kerangka, dan menjadikannya dalam sebuah bangunan yang utuh. Saat mendisain value proposition, kita dapat mengindentifikasi semua hal yang berkaitan dengan customer, dan mendata solusi yang dapat kita lakukan untuk menyelesaikan masalah pelanggan. 

Jika kita berhasil melakukannya, yakinlah bahwa pelanggan akan datang dan membeli produk kita. Dan itu tentunya yang kita harapkan supaya bisnis kita selalu mengalami peningkatan.

 Sumber :

Osterwalder, et all, Value Proposition Design : How to Create Products and Services Customers Want, Wiley Sons,  2015,


 

COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,92,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Tips Menyusun Value Map (Value Proposition Canvas 2)
Tips Menyusun Value Map (Value Proposition Canvas 2)
#valueproposition #product&services #paincreators #gaincreators
https://1.bp.blogspot.com/-W0j1uVfxmq4/XvdfJKwiNCI/AAAAAAAAGqI/18tLvJlkiBMqG4m1jA6oAmhI78_B-DTyACLcBGAsYHQ/s320/gain%2Bcreators1.png
https://1.bp.blogspot.com/-W0j1uVfxmq4/XvdfJKwiNCI/AAAAAAAAGqI/18tLvJlkiBMqG4m1jA6oAmhI78_B-DTyACLcBGAsYHQ/s72-c/gain%2Bcreators1.png
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2020/06/tips-menyusun-value-map-value.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2020/06/tips-menyusun-value-map-value.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung