5 Peluang Bisnis Menguntungkan Saat Pandemi Covid 19

#BisnisMenguntungkanSaatPandemi #VirusCorona #Halodoc


sumber : pixabay


Tidak terasa satu bulan lebih,  saya harus diam di rumah saja. Semua projek pelatihan, mengajar, survey tertunda. Yang biasanya hampir setiap hari ada kegiatan di luar, sekarang semua di rumah saja. Awalnya sempat bingung harus melakukan apa. Untungnya saya bergabung dengan sebuah asosiasi yang berisikan para pelaku usaha dan mentor bisnis. Apalagi di awal pandemi, kami juga membuat sebuah gerakan relawan yaitu UMKM Crisis Centre, jadi saya tidak galau sendiri banyak teman yang bisa memberikan solusi dan saling membantu menghadapi pandemi. 

Pandemi yang diakibatkan oleh virus corona membuat semua orang, terutama pekerja harian menjadi kebingungan. Termasuk saya, tentunya. Sebagai wirausaha yang tidak digaji, tetapi malah kita menggaji diri kita dan orang lain, berkurangnya pendapatan tentunya menjadi bikin kepala pening. Kenapa tidak, apalagi saat ini adalah bulan Ramadhan yang biasanya pendapatan meningkat berkali-kali, dikhawatirkan malah tidak dapat apa-apa. Tapi betulkan kondisi pandemi membuat pendapatan masyarakat terhenti?

Sebagai wirausaha yang sering berada dalam situasi tidak pasti, kondisi pandemi covid-19 harus tetap membuat kita kreatif. Apapun yang terjadi, bagaimana caranya kita harus survive. Yang namanya pengusaha jangan sampai menadahkan tangan, tapi justru tangan kita harus jadi sumber pendapatan. Trus apa dong peluang bisnis yang masih memiliki prospek saat pandemi covid-19?

Satu hal yang perlu diperhatikan betul saat covid adalah : 1. Masyarakat tidak dapat ke luar rumah akibat kebijakan social distancing dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), 2. Kebutuhan yang paling mendesak bagi masyarakat adalah pangan dan kesehatan, 3. Pengguna smartphone di Indonesia diperkirakan lebih dari 100 juta. Sehingga bisnis yang berpotensi adalah bisnis yang berhubungan dengan ketersediaan bahan pangan, kesehatan, telekomunikasi, dan konten digital beserta rantai pasoknya. Artinya peluang bisnis terdapat di 4 sektor utama yang di hulu serta hilirnya berkaitan dengan 4 sektor tersebut.

5 Peluang Bisnis Saat Pandemi Covid 19

Berikut 5 peluang bisnis yang bisa dilakukan saat pandemi :

1. Berjualan Online

Bisnis online baik melalui marketplace maupun sosial media, saat kondisi pandemi menjadi salah satu yang bisa dilakukan. Di saat pandemi, semua orang harus tinggal di rumah kecuali 8 sektor usaha. Dalam berjualan online, penggunaan sosial media baik whatsapp bisnis, facebook, twitter dan instagram bisa jadi salah satu pilihan. Karena para pengguna sosial media ini umumnya mempunyai pertemanan. Teman-teman di sosial media dapat menjadi salah satu konsumen dari produk yang dijual. Adapun produk yang dijual dapat menyesuaikan pada kebutuhan konsumen. Fokus pada masalah konsumen yang bisa kita bantu selesaikan. Juallah produk sesuai kebutuhan konsumen bukan sesuai dengan barang yang ingin kita jual.

2. Berjualan Sayur pada Lingkungan Terdekat

Tiada orang yang tidak butuh makan, itu sudah pasti. Baik masyarakat di desa maupun perkotaan semua butuh makan. Khusus peluang bisnis berjualan sayur sebetulnya dapat dilakukan untuk yang tinggal di perkotaan, apalagi yang di apartemen. Produk makanan kering bisa dipasok, tapi sayuran, pastinya dua sampai tiga hari sekali harus dibeli. Sebagian besar penduduk kota apalagi dari kalangan kelas menengah sudah enggan ke luar rumah.Ini adalah peluang untuk menyediakan sayur bagi tetangga kita. Tidak harus berbelanja ke pasar, beberapa supplier sayuran sekarang sudah mulai mencari mitra yang bersedia jadi reseller. Tugas reseller adalah menawarkan sayur sesuai kebutuhan konsumennya. Soal modal, bahkan ada supplier yang siap memodali untuk penjualan pertama. Cukup bermodal daftar kebutuhan konsumen, besoknya baru dibayar. Mudah kan.

3. Memproduksi Makanan

Satu bulan pertama, para ibu masih bertahan memasak setiap hari. Tapi mulai bulan kedua, ibu bekerja, umumnya sudah mulai kehabisan ide. Salah satu pertanyaan yang sering muncul di grup ibu bekerja, adalah, hari ini mau masak apa? Ini jadi peluang bisnis buat yang hobi masak. Mengapa tidak, menyalurkan hobi sambil membantu teman-teman menyediaakan masakan. Tentunya lagi-lagi menyesuaikan dengan budget dan selera makan konsumen. Untuk yang satu ini kata kuncinya adalah enak dan terjangkau. Karena dalam kondisi pandemi, semua orang sedang menyimpan uang, jadi tidak boleh boros. Untung tidak usah mematok tinggi, cukup 50 %. Hitung-hitung bisa sambil ikut masak. Dapat uang, plus stok makanan di rumah selalu tersedia, senang kan.

4. Menyediakan Content Digital

"Everybody stay at home, jangan sampai gabut." ujar seorang teman. Untung masih ada internet, jadi walau harus di rumah banyak kegiatan. Bisa lihat youtube, nonton film, ikut pelatihan online atau apapun. Di bisnis digital, apa saja yang bisa dijadikan peluang bisnis? Beberapa peluang bisnis di sektor ekonomi kreatif ini bisa dikerjakan, diantaranya adalah membuat kontent digital mulai dari aplikasi, membuat tulisan, foto produk, hingga menjadi admin olshop. Yang harus dilakukan adalah pertama kali melihat potensi yang kita punya, lalu melakukan penawaran pada orang-orang yang dimungkinkan membutuhkan jasa kita.

5. Bisnis Kesehatan

Kesehatan jadi kebutuhan utama saat pandemi covid 19. Punya uang, bisa makan, tapi sakit, tentunya tidak nyaman. Semua orang sekarang berusaha untuk tetap sehat. Sehingga bisnis kesehatan menjadi salah satu yang menjadi prioritas konsumen. Mulai dari pembelian alat kesehatan, suplemen penunjang kesehatan, hingga jasa konsultasi kesehatan menjadi salah satu sektor yang meningkat permintaanya. Sebagai contoh, produksi masker, hand sanitizer, APD, hingga ramuan herbal menjadi produk yang permintaannya tinggi. Tapi perlu diingat, dalam bisnis kesehatan, ada aturan perijinan yang perlu ditaati. Misalnya harus menyesuaikan dengan SNI, ijin BPOM, dan sebagainya. Jangan sampai niat bisnisnya malah jadi bermasalah dengan pihak berwajib. 

Tetap Sehat Lahir Supaya Kantong Juga Sehat

Sumber : halodoc.dom

Dalam kondisi pandemi, jika memang harus memulai usaha perlu menyesuaikan dengan minat dan
 dan kesehatan tentunya. Percuma juga kondisi kantong sehat, tapi tubuh kita malah sakit. Mau konsultasi ke dokter tapi khawatir karena harus ke luar rumah? Jangan khawatir, hari gini, ke dokter juga cukup di rumah saja. Salah satu cara konsultasi dokter secara digital, adalah melalui HaloDoc.

HaloDoc adalah web yang juga merupakan web yang sudah merambah pada aplikasi untuk bidang kesehatan. Semula orang mengenal HaloDoc sebagai situs edukasi kesehatan. Tetapi sekarang ini HaloDoc menjadi web interaktif yang dapat berinteraksi langsung dengan dokter. Beberapa layanan HaloDoc saat ini adalah tanya dokter, beli obat, rumah sakit dan cari dokter. Bahkan disaat pandemi covid 19, bisa melakukan layanan rapid test covid 19. 

Untuk menggunakan aplikasi halodoc dapat mengunduh di googleplay atau apps store. Atau chat langsung ke dokter melalui web. Untuk mendapatkan layanan halodoc secara langsung, maka kita harus melakukan login no tlp di web halodoc. Lalu bisa menggunakan layanan halodoc tidak hanya membaca artikel kesehatan, tetapi juga hingga konsultasi langsung dan memesan obat. 

Semoga pandemi covid 19 segera pergi dari Indonesia, dan kita dapat beraktivitas kembali seperti biasa. Tetap sehat, tetap semangat, tetap bahagia. Supaya jiwa sehat, fisik sehat dan kantong juga sehat. 



COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,84,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: 5 Peluang Bisnis Menguntungkan Saat Pandemi Covid 19
5 Peluang Bisnis Menguntungkan Saat Pandemi Covid 19
#BisnisMenguntungkanSaatPandemi #VirusCorona #Halodoc
https://1.bp.blogspot.com/-_4hpWbO575E/XqY1I_Cs5LI/AAAAAAAAGeI/Sd4s7JiEnrMOb0SS6hHVPv60-UiIEMCRACLcBGAsYHQ/s320/coronavirus-4937121_1280.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_4hpWbO575E/XqY1I_Cs5LI/AAAAAAAAGeI/Sd4s7JiEnrMOb0SS6hHVPv60-UiIEMCRACLcBGAsYHQ/s72-c/coronavirus-4937121_1280.jpg
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2020/04/5-peluang-bisnis-menguntungkan-saat.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2020/04/5-peluang-bisnis-menguntungkan-saat.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung