Nyamannya Staycation di Pesona Alam Resort and Spa Cisarua Bogor

Staycation, Pesona Alam, Cisarua Bogor

Kamis 20 Februari 2020 menjadi moment bersejarah untuk program UMKM Juara tahun 2020. Di hari itu, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil melaksanakan Kick Off program, bersama dengan Bank Jabar Banten. Tahun ini, kami tidak jalan sendiri, tapi akan ada dukungan dari Bank Jabar Banten. acara dilaksanakan di Pesona Alam Resort and Spa Bogor, tepatnya di Taman Safari.

Semula kegiatan akan dilaksanakan di Garut, tapi entah kenapa, pihak BJB memindahkan ke Taman Safari. Awalnya sih saya dan teman-teman sempat misuh-misuh juga. Jauh lah, akses susah, dan sebagainya. Ya, tempat sudah ditentukan, apa boleh buat.  Kita ikut saja, sambil berharap ada hal  menyenangkan yang terjadi.

Dari Bandung, kami berangkat pukul 8 pagi, karena acara akan dimulai pukul 14.00. Sebetulnya sudah lama sekali saya tidak lewat jalur puncak. Terakhir ke puncak tahun 2016, ketika ada workshop di Sukabumi, disambung agenda FGD di Jakarta. Sepanjang perjalanan, dari Bandung sampai Cianjur langit cerah cenderung hangat. Tetapi begitu memasuki area Cipanas, langit pun mulai mendung dan hujan mulai turun.

Tepat pukul 13.00, kami tiba di lokasi. Tampak beberapa kendaraan plat merah sudah berdatangan. Hujan sudah reda, tapi udara dingin masih terasa menusuk. "Duh, saya kok tidak ingat untuk bawa jaket." Fikir saya dalam hati. Terbayang udara malam pasti akan lebih dingin. Apa boleh buat, dengan perbekalan yang ada, saya harus membuat tubuh tetap hangat.

lobby hotel

Suasana di Pesona Alam Resort and Spa

Begitu tiba, oleh petugas hotel kami diarahkan untuk ke restoran di lantai 2. Kami pikir lokasinya di atas, ternyata hotel Pesona Alam ini cukup unik penomorannya. Posisi parkir kendaraan kami ternyata di lantai 2, dekat dengan kolam renanng, satu lantai dengan restoran.  Tapi berhubung habis hujan, kami mengarah ke lobby lalu turun kembali menggunkan lift. (muter-muter juga saat itu, maklum baru tiba, jadi disorientasi.)

Tempat makan cukup besar, dengan aneka macam makanan. Mulai dari menu Indonesia, menu International, dan tentunya beragam dessert. Berhubung lapar, saya banyak makan hari itu, dan tentunya tidak lupa makan sayur. Buat saya menu makan siang itu cukup lengkap dan enak.

Setelah selesai makan siang, kami bergegas menuju ruang pertemuan yang lokasinya sejajar dengan lobby. Kembali kami tersesat, biasa, pengunjung baru, jadi agak sok tahu. Untung ada staf yang berpapasan, sehingga kami bisa melalui pintu darurat.

Ballroom yang kami gunakan, ruangannya cukup besar. Saat itu acara yang diikuti, menggunakan round table untuk 250 orang. Itu pun belum semua ruangan yang digunakan. Masih ada ruangan lain di samping yang jika digabung akan membuat ruangan semakin luas.

Kalau ada agenda meeting, tentunya harus ada mushola dan toilet. Mushola terletak 1 lantai di bawah balroom, Untuk menuju mushola harus menggunakan eskalator. Sayangnya saat itu eskalator mati, jadi saya lumayan olah raga. Ternyata di samping mushola terdapat beberapa ruang pertemuan yang kapasitasnya lebih kecil. Tapi untuk event yang saya ikuti, menggunakan ruang pertemuan yang besar.

Acara berlangsung sejak pukul 14.30 sampai pukul 17.30, tapi itu belum selesai, karena acara akan dilanjutkan setelah makan malam. Saatnya cek in dan merasakan kemegahan Pesona Alam Resort and Spa, begitu dapat kunci kamar, saya dan teman-teman bergegas ke kamar.

kamar hotel

Fasilitas Kamar di Pesona Alam Resort and Spa

Hari itu saya dapat kamar di lantai 3. Saat tiba di lobby kami diberitahu kalau kamar hotel terbagi menjadi dua lokasi, dekat ke balroom atau kolam renang. Kamar hotel yang saya tempati dekat dengan kolam renang. Untuk menuju kamar dari balroom, kami harus melewati lobby dulu. Lumayan sih jaraknya dari balroom. Menuju ke kamar, para tamu diarahkan menggunakan lift.  Hotel yang dikelola oleh Tauzia grup ini masuk kelas bintang 4, dengan 7 tipe : superior, deluxe, deluxe montain view dan deluxe corner. Selain hotel, ada juga tipe vila mulai dari vila superior 1 kamar tidur, vila superior 2 kamr tidur, vila deluxe 2 kamar tidur, dan vila deluxe 3 kamar tidur.

Saya dapat kamar view mengarah ke pepohonan, hiks, tidak dapat mountain view, tapi tidak apa deh. Tipe kamar yang saya tempati adalah superior, twin bed. Saat masuk ke kamar, rasanya nyaman, kamar cukup luas tidak minimalis seperti beberapa hotel. Di kamar, selain tempat tidur, terdapat sebuah sofa memanjang di bawah TV. Kamar tidur dilengkapi AC (tidak saya pasang, soalnya pas udara lagi dingin), TV, dan mini bar.

Tempat penyimpanan pakaian dilengkapi dengan setrika lengkap dengan meja. Tempat penyimpanan bentuknya adalah rak gantung. Di samping tempat tidur disediakan meja. Di atas meja terdapat 2 botol air, lengkap dengan kopi, teh, gula dan pemanas air. Sedangkan di luar kamar, terdapat tempat duduk yang dilengkapi dua buah kursi.

Kamar mandi terdiri dari closet, wastafel dan tempat mandi yang dipisah dinding kaca. Kamar mandi dilengkapi dengan hair dryer, jadi kalau habis berenang dijamin tidak sulit mengeringkan rambut. Toiletris sangat lengkap dan menarik, dengan kemasan kantung serut dari kain. Tak lupa, sandal kamar berbentuk sandal jepit bertuliskan Pesona Alam.

Biasa, semua yang ada di kamar saya coba, kecuali mini bar, yang ini harus bayar ya, tidak gratis. Ac nyala, walau saya matikan lagi. TV... ternyata tidak menyala. Duh, padalah sepi juga di kamar kalau tidak ada TV. Langsung saya telpon recepsionis, dan tak berapa lama, ada teknisi datang. Ternyata, kabelnya ada yang lepas. Hatur nuhun ya akang...

Ada waktu 1 jam ke acara malam, coba rebahan dulu. Setiap tempat tidur terdiri dari 1 bantal dan 1 guling. Kasurnya empuk, bantal gulingnya juga, plus air panas, best deh, selimutan sambil minum teh hangat. Tidak terasa, 15 menit menjelang pukul 19. Saya harus kembali ke ruangan untuk melanjutkan acara. Apalagi malam ini bagian saya yang presentasi. Sempat deg-degan juga, harus bicara di hadapan perwakilan kepala cabang BJB dan kepala Dinas KUMKM se-Jabar. Tapi setelah ganti pakaian, tentunya badan lebih segar.

Acara selesai pukul 22, dan saya pun kembali ke kamar, untuk mengerjakan beberapa tugas lalu tidur. Biasa kalau di tempat baru, saya suka susah tidur. Tapi alhamdulillah mungkin karena lelah dan dingin, saya langsung tertidur. Kostum tidur saya lengkap dengan kaus kaki dan kerudung. Padahal tinggal di Bandung, suhunya tidak terlalu panas, tapi dikasih udara puncak mah, ternyata saya mengalah juga.

Fasilitas minum, mini bar, dan deposit box

kursi duduk di luar kamar

Toiletris

Kamar mandi

Menu Sarapan Lengkap dan Lezat

Pagi hari, saya berencana untuk jalan pagi. Pukul 6 pagi, saya buka jendela kamar, langit tampak mendung dan udara dingin terasa menusuk. Kembali saya menutup pintu kamar dan melanjutkan rebahan. Sebuah wa masuk, mengajak sarapan pukul 8 pagi. Masih ada waktu 1,5 jam untuk rebahan sambil membuka HP. Saya biasa memang tidak butuh waktu lama untuk bersiap. Cukup mandi, pakai maju, dan wajah hanya pakai krim tanpa make up.

Pukul 8, saya mengetuk kamar teman yang tepat berhadapan, lalu kami menuju restoran untuk sarapan. Di pintu resto, petugas pun menanyakan nomor kamar, lalu saya perlihatkan sampul kunci.  Hari itu restoran tampak penuh. Sebagian besar peserta tidak terlihat, mungkin sebagian sudah memilih kembali ke kota masing-masing sejak pagi. Mungkin mereka masih ada tugas yang dikerjakan hari ini.  Saya hari itu sengaja mengosongkan jadwal, khawatir tidak bisa tiba di Bandung tepat waktu.

Sebelum memutuskan akan makan apa, saya berkeliling resto. Tampak menu yang tersedia sangat beragam. Di sayap kanan ada masakan arab, disambung dengan dessert makanan arab. selanjutnya, ada aneka sup, dan soto. Di tengah tersedia menu salad, dessert, dan menu sarapan American Breakfast dan menu Indonesia. Di sisi kiri, tersedia menu aneka olahan telur, nasi goreng, dan sushi. Selanjutnya stall dimsum, Mie Lamien dan aneka minuman hangat dan dingin.

Sebagai penggemar sayur dan buah, menu yang pertama dicoba adalah salad, sayur dan buah. Dilengkapi dengan dimsum (siomay dan kuotie), gak nyambung ya. Lanjut masakan arab, nasi briyani dan kari lengkap dengan salad dan yoghurt.  Tadinya pengen coba lamien, tapi kok perut sudah mulai penuh. Sambil ngobrol sama teman, mulailah mengambil aneka kue. Menu yang diambil adalah bread puding, dan custard. Makin penuh saja tuh perut. Di samping meja, soto mie dan sup seperti yang melambai, tapi asli saya kibarkan bendera putih. Biasanya sih saya suka masih agak maksa, tapi berhubung hari itu partner saya teh Laila lagi diet, jadi yang tadinya mau ambil makanan banyak, saya tahan juga.

Area restoran ternyata terhubung dengan kolam renang. Dan tidak jauh dari kolam renang terdapat beberapa tempat permainan. Mulai dari golf mini. perosotan, ayunan, dan area flying fox. Berhubung gerimis, akhirnya kami foto-foto saja.

suasana di resto

menu favorit pengunjung

Salah satu menu

Fasilitas Pendukung Pesona Alam

Pesona alam resort and spa, tidak hanya menyajikan sarana menginap dan makan saja, tetapi juga dilengkapi fasilitas lain, seperti joging dan sepeda track, spa berembun, kolam renang dan gym, serta klub anak-anak. Beberapa fasilitas didapatkan free, sudah termasuk layanan penginapan. Tetapi, beberapa layanan bisa diperoleh dengan membayar biaya tertentu. Untuk anak-anak, tempat yang luas membuat anak-anak bebas bermain dan berlarian di tempat bermain yang tersedia.

Diantara yang harus membayar, adalah area panahan,  berkuda, memberi makan satwa, simulasi perang hingga glamping. Semua fasilitas di Pesona Alam Spa & Resort menjadi tempat untuk melepas penat dari hiruk pikuk dan padatnya pekerjaan. Pada saat menginap banyak pengunjung yang merupakan keluarga. Menurut para karyawan, weekend atau akhir pekan adalah waktu padat hunian hotel. Iya lah, menginap di Pesona Alam, membuat tubuh serasa batre dicharge. Udara yang sejuk, pemandangan yang indah membuah tubuh serasa segar kembali. Sayang waktu itu karena waktu terbatas jadi tidak merasakan kenyamanan sentuhan spa dan pijatan para terapis.

Semoga ada waktu dan rejeki kembali untuk bisa menikmati layanan di Pesona Alam. Kalau waktu itu berangkat dalam rangka tugas, nanti semoga bisa berangkat dalam rangka berlibur bersama keluarga.

Fasilitas Bermain untuk anak dan kolam renang

COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,14,Event blogger,23,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,93,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Nyamannya Staycation di Pesona Alam Resort and Spa Cisarua Bogor
Nyamannya Staycation di Pesona Alam Resort and Spa Cisarua Bogor
Staycation, Pesona Alam, Cisarua Bogor
Kebun Ceu Meta
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy