Pendamping Usaha, Antara Trainer, Fasilitator, Mentor, atau Konsultan, Kamu Pilih Mana?

#PengertianPendampingUsaha #Trainer #Mentor #Fasilitator # Konsultan



Tahun 2017 saya diminta menyusun "Modul Pendampingan Usaha" oleh sebuah NGO.  Hal yang sulit adalah mencari definisi atau pengertian untuk kata pendamping. Mulai dari literatur nasional sampai jurnal Internasional, tidak ada sebuah padanan kata yang tepat untuk kata pendamping. Begitu diterjemahkan pun, yang muncul adalah mentor, coach, dan fasilitator. Sehingga akhirnya saya memutuskan menampilkan semua profesi tersebut dalam modul.

Pada kegiatan TOM AMEN tahun 2018, hal tersebut juga muncul dalam diskuksi. Saat itu Cak Samsul Hadi menyampaikan bahwa istilah pendamping hanya ada di Indonesia. Bahkan saat itu akhirnya disepakati untuk membuat sebuah definisi baru tentang pendamping, dengan meramu beberapa peran yang sudah disepakati terlebih dulu.  Dan dalam sesi tersebut, teman-teman juga membuat definisi mengenai profesi tersebut serta aktivitas apa saja yang dilakukan.

Pengertian Pendampingan Usaha

 Apa Itu Pendampingan Usaha?

Secara teori, tidak ditemukan pengertian khusus mengenai pendampingan usaha. Dalam beberapa sumber diperoleh pengertian yang mendekati, diantaranya sebagai berikut :

Pendampingan
  1. Menurut Kementrian Sosial dalam Modul Tenaga Kerja Sukarela, Pendampingan adalah interaksi yang intensi antara pendamping dengan kelompok masyarakat sehingga terjadi proses perubahan kreatif yang diprakarsai oleh para anggota kelompok untuk tujuan peningkatan kualitas hidup dan kemandirian kelompok dampingan.
  2. Menurut Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil, terdapat pemahaman mengenai pendampingan, pemberdayaan, pembinaan dan pengembangan dan pendampingan umkm, sebagai berikut : adalah Kegiatan pemberian layanan jasa pengembangan bisnis untuk meningkatkan kinerja UMKM (baik usaha, kelembagaan maupun permodalan).
Pemberdayaan
Pemberdayaan adalah upaya yang dilakukan oleh pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat dalam bentuk penumbuhan iklim usaha, pembinaan dan pengembangan sehingga Usaha Kecil mampu menumbuhkan dan memperkuat dirinya menjadi usaha yang tangguh dan mandiri, sebagaimana diatur menurut Undang-Undang tentang UMKM.

Pembinaan dan Pengembangan
Pembinaan dan Pengembangan adalah upaya yang dilakukan oleh pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat melalui pemberian bimbingan dan bantuan perkuatan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan Usaha Kecil agar menjadi usaha yang tangguh dan mandiri, sebagaimana diatur menurut Undang-Undang tentang UMKM.

Pendamping KUMKM
Pendamping KUMKM adalah orang/lembaga yang menjalin relasi dengan KUMKM dalam rangka memperkuat dukungan, memotivasi, memfasilitasi dan menjembatani kebutuhan untuk pemberdayaan KUMKM.

Trainer, Fasilitator, Mentor, dan Konsultan


Saat mencari definisi mengenai pendamping di literatur Internasional, saya diantarkan pada beberapa tulisan mengenai trainer, fasilitator, mentor dan konsultan. Semula saya berfikir bahwa pendamping UMKM adalah salah satu dari keempat profesi tersebut. Tetapi, setelah dibaca lebih dalam, ternyata Pendamping UMKM merupakan gabungan dari keempatnya. Coba kalau kita merenung sejenak dengan apa yang selama ini dilakukan. Apakah saya adalah seorang trainer, fasilitator, mentor, atau konsultan?

Seorang pendamping UMKM, saat dia memberikan pelatihan maka dia menjadi trainer.
Seorang pendampig UMKM yang membantu fasilitasi akses perijinan, akses pembiayaan, dan lainnya, maka dia menjadi fasilitator.
Seorang pendamping UMKM yang juga pelaku usaha dan dapat memberikan arahan pada dampingannya tentang apa yang harus dilakukan dan menuntun dampingan untuk mencapai tujuan, maka dia menjadi seorang mentor.
Seorang pendamping UMKM yang memiliki kemampuan analisis sehingga dapat membantu kliennya dalam menyelesaikan masalah, maka dia menjadi konsultan. 

Contohnya, saya pertama kali menjalankan pendampingan sebagai fasilitator, tapi seiring waktu dan kemampuan, mulailah saya menjajal kemampuan menjadi trainer, lalu konsultan. Dan bagi pelaku usaha pangan dan pertanian, saya juga menjadi mentor, karena menjalankan usaha tersebut dan dapat memberikan informasi apa yang harus dilakukan saat ada pelaku usaha yang bergerak di bidang pangan dan pertanian.

Pengertian 

Mentoring
Proses berbagi pengalaman dan pengetahuan dari seorang yang sudah berpengalaman (been there done that) kepada seseorang yang yang ingin belajar di bidang tersebut. Training
Training
Proses menyampaikan pengetahuan, sehingga seseorang menjadi tahu.
Fasilitasi
Proses memudahkan atau menyediakan jalan sehingga dapat mencapai hasil.
Konsultasi
Proses memberikan advis atau nasihat dalam memecahkan suatu masalah
Peran
Mentoring
Menuntun, memberikan tips dan saran, untuk mempercepat proses
Training
Menyampaikan informasi.
Fasilitasi
Memandu untuk mencapai tujuan.
Konsultasi
Memberikan nasihat atau saran berdasarkan analisis menggunakan metoda tertentu

Fokus
Mentoring
Pada pengembangan kapasitas untuk menghindari kesalahan dan mempercepat proses belajar
Training
Peningkatan pengetahuan dan/atau keterampilan
Fasilitasi
Proses belajar
Konsultan
Penyelesaian masalah yang dihadapi klien

Seorang pendamping UMKM dapat melakukan berbagai pola sesuai dengan karakter klien dan tujuan yang ingin dicapai. Mendampingi kelompok usaha pemula, jelas berbeda caranya dengan pelaku usaha kecil (definisi usaha kecil sesuai undang-undang No 20 tahun 2008). Mendampingi usaha milenial, bisa jadi berbeda dengan para purna tugas. 

Adalah pilihan untuk menggunakan metoda yang lebih tepat dan sesuai dengan kemampuan. Bisa jadi hanya salah satu bentuk layanan, bisa lebih dari satu. Apapun itu, lakukan dengan profesional dan dari hati. Sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan kesungguhan akan memberikan hasil maksimal. 

Sumber :
Panduan Pendampingan Usaha Program Yes I Do, PUPUK Bandung



COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,61,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,81,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Pendamping Usaha, Antara Trainer, Fasilitator, Mentor, atau Konsultan, Kamu Pilih Mana?
Pendamping Usaha, Antara Trainer, Fasilitator, Mentor, atau Konsultan, Kamu Pilih Mana?
#PengertianPendampingUsaha #Trainer #Mentor #Fasilitator # Konsultan
https://1.bp.blogspot.com/-_qRKp9sDbOw/XfBKfeHTaaI/AAAAAAAAGTY/ZGYb6LCV3kgpDzaG9BTylSTCG5_U1ZHsQCLcBGAsYHQ/s320/Coach.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_qRKp9sDbOw/XfBKfeHTaaI/AAAAAAAAGTY/ZGYb6LCV3kgpDzaG9BTylSTCG5_U1ZHsQCLcBGAsYHQ/s72-c/Coach.jpg
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2019/12/pendamping-usaha-antara-trainer.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2019/12/pendamping-usaha-antara-trainer.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung