Perjalanan Umroh Menjadi Tamu Allah - Manasik

#Manasik #umroh #perjalananibadah #rubitour



Jumat, 11 Oktober 2019, setelah selesai vaksinasi meningitis saya ke kantor Rubi, menyerahkan buku kuning. Di sana, teman-teman mengingatkan jadwal manasik yang akan dilaksanakan Sabtu.

Manasik umroh adalah peragaan ibadah umroh sesuai rukun-rukunnya. Pada saat manasik, diajarkan juga praktik ibadah serta penjelasan yang berkaitan dengan umroh.

Umroh yang diadakan Rubi Tour, pas bertepatan dengan kegiatan Gelar Produk UMKM di Kabupaten Bandung. Kalau ditanya penting mana, keduanya penting. Tapi untuk persiapan umroh, saya harus ikut manasik. Jadi, maafkan ya teman-teman, waktu itu saya terlambat hadir ke Gelar Produk.

Pelaksanaan Manasik

Manasik umroh dilaksanakan pukul 9 pagi di Kedai Abu Bakar, Jl. Parakan Asri I No 9 Bandung. Lokasinya cukup dekat dari rumah, jadi 30 menit pun sampai. 

Tepat pukul 9 pagi saya tiba, diantar suami. Sedangkan ibu berangkat dari Cigadung. Setiba di sana, ibu sudah sampai duluan. Hehe, biasa, yang dekat mah suka nyantai seperti di pantai. 

Penjelasan Manasik oleh Kang Edwin


Pas saya tiba, acara belum dimulai. Di lokasi, tim Rubi Tour beserta beberapa calon jamaah sudah tiba. Pukul 9.15, acara dimulai, dengan pembacaan ayat suci Al Qu'ran. Dilanjutkan paparan yang disampaikan Kang Edwin, pemilik Rubi Tour. 

Paparan manasik secara umum dibagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama penjelasan tentang fikih umroh serta  rukhsoh dan ibadah sunat, sedangkan  bagian kedua mengenai perlengkapan, ittenerary, hingga pembagian kamar. 

Umroh, Fiqih dan Rangkaian Manasik serta Rukhsah dan Ibadah Lain. 


Umroh adalah berkunjung ke Baitullah untuk beribadah melakukan tawaf, sa'i dan tahalul demi mengharap ridlo Allah. 

Pada saat manasik, disampaikan rukun umroh yang terdiri dari :
1. Ihram di miqat
2. Tawaf
3. Sa'i 
4. Tahalul 
5. Tertib

Diagram Ibadah Umroh

Berbeda dengan Haji yang dilaksanakan tanggal 10-13 Dzulhijah, umroh dapat dilakukan kapan saja. 

Sedangkan wajib umroh terdiri dari :

1. Berihrom dari miqat,
2. Menjauhi larangan umroh. 
Jika dilanggar, maka harus membayar denda atau dam. 

Selain kedua hal di atas, dijelaskan juga secara rinci mengenai sunat umroh, cara berihram, miqat dan rangkaian  ibadah lainnya.

Pakaian Ihrom

Rukhsoh adalah keringanan dalam beribadah. Dalam menjalankan ibadah umroh, karena kita dalam perjalanan ada beberapa rukhsoh yang dapat dilakukan. Diantaranya adalah :
1. Shalat (dapat dijama, qoshor, maupun shalat di kendaraan), dan 
2. Wudhu dapat digantikan dengan tayamum.

Walau ada ibadah wajib yang dilaksanakan saat umroh, terdapat juga ibadah sunat yang dianjurkan. Diantaranya adalah membaca Al qur'an, berzikir, shalat sunat, tawaf sunat dan bersedekah. Melihat keutamaannya, sayang jika tidak digunakan dengan sungguh-sungguh.

Perlengkapan Umroh


Seperti perjalanan pada umumnya, saat umroh pun kita harus menyiapkan berbagai perlengkapan. Diantaranya beberapa kelengkapan adalah sebagai berikut :
1. Pakaian selama perjalanan dan umroh menyesuaikan musim
2. Perlengkapan mandi
3. Perlengkapan ibadah
4. Obat-obatan, kosmetik, 
5. Sarana komunikasi,
6. Perlengkapan lainnya. 

Suplemen Buatan Teman-teman Saya Bawa Saat Umroh

Saya bawa secukupnya untuk perjalanan 9 hari. Selain pakaian, perlengkapan seperti kosmetik ternyata penting dibawa. Terutama untuk scincare, seperti lip balm, sun cream. Juga perlengkapan seperti kaca mata, masker. 

Skincare yang Saya Bawa Saat Umroh

Persiapan Lainnya

Untuk jamaah, Rubi Tour menyiapkan beberapa kelengkapan mulai dari koper, tas sandang, ransel, dan tas sepatu. Tak lupa pula, semua diberi mukena dan kerudung (untuk perempuan) dan kain Ihrom (untuk laki-laki). 


Perlengkapan Umroh dari Rubi Tour


Manasik berlangsung hingga pukul 14.30. Di acara manasik, Rubi Tour juga mengundang Bank Syariah Mandiri untuk hadir. Mereka menyiapkan uang riyal untuk ditukarkan. 

Penukaran dilakukan secara paket, dengan penukaran 250 riyal yang terdiri dari pecahan 50, 20, 10, dan 5 riyal. Nilai tukar lebih rendah, tapi, menyediakan uang pecahan kecil. Saya sih gak nukar banyak-banyak. Secukupnya saja, sesuai kebutuhan. 

Flyer Penukaran Riyal Oleh
Bank Syariah Mandiri


Menurut ibu yang sudah mengikuti manasik 2 kali, apa yang disampaikan kang Edwin sangat rinci dan jelas. Kalau kata ibu mah recommended deh. 

Selesai manasik, tinggal menunggu 6 hari persiapan keberangkatan. Dan kalau saya, masih harus menyelesaikan beberapa amanah sebelum berangkat. Masih ada 1 presentasi survey 1,  1 laporan, dan 1 form penilaian, yang harus diselesaikan  sebelum berangkat umroh. 

Termasuk menyiapkan mental saya dan keluarga. Kalau ibu, masih menunggu dokumen. Katanya sih selesai senin. Semoga dilancarkan, Allahumma Yasir Walaa Tu Assir.




COMMENTS

BLOGGER
Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,14,Event blogger,23,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,93,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Perjalanan Umroh Menjadi Tamu Allah - Manasik
Perjalanan Umroh Menjadi Tamu Allah - Manasik
#Manasik #umroh #perjalananibadah #rubitour
https://1.bp.blogspot.com/-f2Zz8IgxNOg/XbKmT1bwvOI/AAAAAAAAGKY/N_Z4R6bZXt8LddQIo27_4ZGt0u_F659ugCLcBGAsYHQ/s400/20191025_103623_0000.png
https://1.bp.blogspot.com/-f2Zz8IgxNOg/XbKmT1bwvOI/AAAAAAAAGKY/N_Z4R6bZXt8LddQIo27_4ZGt0u_F659ugCLcBGAsYHQ/s72-c/20191025_103623_0000.png
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2019/10/perjalanan-umroh-menjadi-tamu-allah_25.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2019/10/perjalanan-umroh-menjadi-tamu-allah_25.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung