Ingin Transaksi Uang Digital, Pilih Yang Terdaftar

Keuangan digital, modal antara, fintektok



Sudah satu bulan saya dipusingkan dengan sebuah SMS tagihan yang tidak saya kenal. "Tolong sampaikan pada saudara X untuk segera membayar pinjamannya. Mohon kerjasamanya." Baca namanya saja asing buat saya, apalagi harus menghubungi. Ah, aya aya wae, nambah kerjaan saja. 

Belum selesai urusan dengan SMS untuk Mr X, selang berapa lama datang SMS lain untuk Mr Y. Pesan yang sama tapi dari pengirim yang berbeda. Duh, saya juga dulu pernah berurusan dengan lembaga keuangan, tapi tidak sampai bikin susah seperti ini. Ternyata masalah ini dihadapi banyak orang. Ada apakah gerangan? 


Perkembangan Keuangan Digital

Teknologi di era digital ini memang keren banget. Tidak hanya membuat kita mudah mengakses berbagai informasi begitu juga dengan transaksi. 
Mau belanja, transfer, menabung, hingga pinjam uang bisa via telpon pintar. Malah di negara lain, pengemis pun pakai telpon pintar. Luar biasa.

Tetapi, ternyata urusan keuangan digital ini jika tidak diatur maka akan membawa kerugian. Seperti yang terjadi sama saya tempo hari. Dikejar orang yang tidak dikenal, hehe.

Kondisi yang terjadi di masyarakat menjadi landasan Fintektok.id bersama Kementrian Kominfo mengadakan edukasi keuangan digital.  #Fintektok6 dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2019 di gedung wisma Buana Universitas Langlangbuana Bandung.

Dalam paparan Pak Luat Sihombing, Direktorat Ekonomi Digital Kominfo, menyatakan bahwa ekonomi digital di.Indonesia tumbuh terus. Bahkan mencapai angka tertinggi di ASEAN.
Saat ini terdapat 7 kelompok keuangan digital atau financial technologi sebagai berikut :
1. Peer to peer lending
2. Payment
3. Market Provisoning
4. Crowdfunding
5. Financial Management
6. Insurance
7. Data & Artificial intelegen
Total terdapat 99 lembaga keuangan di platform digital yang terdaftar di OJK. Sisanya, lebih dari 200 yang sudah dibekukan dan masih mencari mangsa. Serem ya.


Memilih Fintech bersama Modal Antara

Selain Kominfo, terdapat Fintech yang hadir di acara #Fintektok6 yaitu Modal Antara. Dengan tujuan untuk mengurangi peredaran rentenir, Modal Antara hadir sejak Februari 2019. Dengan produk unggulan "Antara panen" sebagai solusi pembiayaan bagi petani.



Bersama rekan-rekannya, Dana Karseno, Presiden Director Modal Antara, menempuh semua prosedur yang diminta OJK. Dalam paparannya, Dana Karseno menyampaikan ciri-ciri fintech abal-abal, sebagai berikut :
1. Tidak terdaftar di OJK
2. Bunga sangat tinggi
3. Penagihan tidak manusiawi
4. Pengajian mudah
5. Mengambil data kontak dan media

Untuk mendapat ijin OJK, tahapannya tidak mudah. Modal antara menempuh waktu 1 tahun. Diantaranya adalah harus memenuhi POJK No 7 tahun 2016.



Menurut Dana, bahwa fintech ditujukan bagi masyarakat yang belum bankable. Sehingga banyaknya pinjaman yang diberikan juga nilainya kecil, mulai Rp 500 rb.

Yang menarik Fintech tidak hanya membuat kesempatan bagi yang memerlukan uang, tetapi juga yang punya uang. Sehingga investor juga dapat berkolaborasi.

Pada dasarnya selama manusia hidup akan membutuhkan uang. Tetapi apapun kebutuhannya, perlu menyesuaikan dengan kemampuan. Sehingga walau dalam keadaan terdesak tidak tergiur tawaran pinjaman yang tidak benar. Maksud hati ingin terbebas rentenir, di dunia maya pun terjerat rentenir digital.
Fintektok.id hadir memberikan edukasi tentang produk keuangan digital.

Mengenal Narada

Selain menyampaikan informasi platform keuangan digital, fintektok 6 juga menghadirkan narasumber dari Narada asset manajemen. Narada adalah perusahaan Reksadana. 

Dalam acara ini, Narada menyampaikan tentang peluang investasi bagi mahasiswa. Mahasiswa diharapkan untuk dapat mengelolsakeuangan sejak dini. 

Dalam mengelola keuangan, Narada memiliki program investasi mulai Rp 100.000. Melalui Narada, maka investor tidak harus stand by  untuk memantau perkembangan investasinya. 

Belajar tentang keuangan perlu dilakukan sejak dini. Tidak hanya setelah bekerja tapi saat masih mengenyam pendidikan. 

Supaya tidak terjebak, cari tahu daftar fintech yang sudah terdaftar. Sesuaikan dengan kebutuhan keuangan. Jangan sampai terjebak fintech ilegal dan hutang tak berkesudahan. Ayo cerdas finansial.

@modalantara
@narada_am
@fintektok
@unlabandung
#fintektok6
#fintech
#investasi
#narada
#pinjamanonline
#fintektok
#mediafintechindonesia








COMMENTS

BLOGGER: 12
  1. Baru dengar tentang Narada. Wah buka investasinya sangat terjangkau ya hanya dgn 100ribu sudah bisa jalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Wah-wah serem ya teh. Apalagi kan banyak itu ya orang yang belum paham tentang lembaga keuangan yang nggak bener itu. Nah, teh kita bisa tahu darimana apakah lembaga keuangan yang kita pilih itu terdaftar di OKJ?

    BalasHapus
  3. Hihihi galfok sama gambar nenek yang lagi pegang lappie itu teh.. Emang ya jaman digital semua orang bisa terkoneksi dengan internet dan melakukan banyak hal. Aku termasuk orang yang kebantu banget sama fintech ini. Soalnya jarang bisa mobile ke mana mana..

    BalasHapus
  4. Ngeri ya, Teh, kalau sampai terjebak dengan fintech yang nakal. Cara nagihnya sampai menghubungi ornag-orang yang pernah kontak dengan peminjam uang. Padahal kan gak ada sangkut pautnya. Oleh karenanya lebih baik hati-hati dan pilih fintech yang berada di bawah OJK saja.

    BalasHapus
  5. Nah ,bener banget nih mbak . Kita perlu jeli dalam hal memenej keuangan. Jangan sampai pinjaman malah menyusahkan diri sendiri dan orang lain

    BalasHapus
  6. Era digital memang memudahkan segala urusan kita termasuk keuangan ya, Ceu. Jadi lebih tahu tentang dunia Fintech, nih. Terima kasih infonya :)

    BalasHapus
  7. Banyak penawaran kayak gini. Awalnya sih memang dipermudah, tapi ngeri di belakangnya. Yg penting memang harus jeli melihat pemberi pinjaman. Dan yg paling penting jgn meminjam untuk gaya hidup konsumtif. Untuk modal atau sekolah anak it's oke.Untuk jalan-jalan, mending tahan deh.

    BalasHapus
  8. Cari tahu daftar fintech yang sudah terdaftar. Sesuaikan dengan kebutuhan keuangan. Jangan sampai terjebak fintech ilegal dan hutang tak berkesudahan. Ayo cerdas finansial. Keep noted. Teknologi memudahkan tapi mesti kita sikapi dengan kehati-hatian.

    BalasHapus
  9. Financial teknologi, pasti banyak membantu. Akan tetapi jika tidak pola penagihan tidak manusiawi, memang harusnya dibekukan saja. ��
    Btw modal antara semoga bisa memberikan solusi financial banyak khalayak.

    BalasHapus
  10. Baru-baru ini teman mengalami hal buruk yang berhubungan dengan masalah finansial. Serem banget, teh. Emang bener kita mesti melek finansial nih.

    BalasHapus
  11. Iya ngeri ya mbak, keuangan sekarang kalau ga pinter manage bisa membludak, adal gesek apalagi enggak kerasa kalau digital ya mbak.

    BalasHapus

Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,53,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,22,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,71,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Ingin Transaksi Uang Digital, Pilih Yang Terdaftar
Ingin Transaksi Uang Digital, Pilih Yang Terdaftar
Keuangan digital, modal antara, fintektok
https://4.bp.blogspot.com/-YbbBmgvlBS8/XJRzUTetEDI/AAAAAAAAFsQ/UljbE9tiNhkVhkfnS9lOxU9k2h5_JVvhQCLcBGAs/s400/IMG20190319102604.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-YbbBmgvlBS8/XJRzUTetEDI/AAAAAAAAFsQ/UljbE9tiNhkVhkfnS9lOxU9k2h5_JVvhQCLcBGAs/s72-c/IMG20190319102604.jpg
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2019/03/ingin-transaksi-uang-digital-pilih-yang.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2019/03/ingin-transaksi-uang-digital-pilih-yang.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung