Inspirasi Usaha : Bangkit dari Keterpurukan dengan Usaha Ayam Geprek Dapur GG

Pagi ini saya punya janji dengan Kang Adhitya Citra pemilik ayam geprek Dapur GG, salah seorang peserta program 100 UMKM Naik Kelas S...



Pagi ini saya punya janji dengan Kang Adhitya Citra pemilik ayam geprek Dapur GG, salah seorang peserta program 100 UMKM Naik Kelas Sinergitas ABCGM. Pukul 8.30, saya sudah mulai meluncur dari rumah, cuaca sepanjang perjalanan cukup mendung. Sudah beberapa pekan ini Bandung diguyur hujan. Tidak hanya di sore hari, hujan pun seringkali turun sejak pagi. Walau udara Bandung cukup dingin, tidak menyurutkan semangat saya untuk melakukan kunjungan ke Dapur GG.

Tempat Produksi Dapur GG Jl Sekepondok No 8 Bandung

Pukul 9.30, saya tiba di Dapur GG. Udara makin mendung, tampak beberapa orang karyawan Dapur GG sudah mulai bersiap. Bisnis Kang Adhit cuku unik. Tampak dari depan, terdapat spanduk membentang dalam bangunan yang mirip gudang, dan ternyata gudang ini disulap Kang Adhit menjadi dapur tempat memasak ayam geprek. Di era digital, bisnis pun tak perlu display bagus, yang penting higienis. Apalagi konsep Dapur GG adalah delivery service, dengan bermitra dengan penyedia aplikasi transportasi. Pesanan akan diantara sesuai jam layanan, sejak pukul 10-18 setiap harinya kecuali hari Senin.

Saat masuk ke ruangan Dapur GG, saya disambut seorang perempuan cantik berkerudung, yang ternyata adalah istri Kang Adhit. "Bu Meta ya, Pak Adhit ada di rumah. Itu, di sebrang." ujarnya sambil menunjuk sebuah rumah tepat di sebrang tempat produksi. Beruntung Kang Adhit, dengan memanfaatkan ruang yang ada, dapat menjalankan bisnis dari rumah. 

Saya masuk dalam sebuah rumah yang pintunya sudah terbuka. Tampak seorang perempuan muda sedang duduk di ruang tamu. "Pak Adhit ada?" tanya saya pada perempuan tadi. Tak lama Adhitya pun muncul."Eh, Ibu, sudah lama?" tanya Adhit, kemudian dia mempersilahkan saya duduk. "Bu, ijin saya mau interview calon karyawan baru ya." ujar Adhit dan saya pun kembali ke ruangan dapur sambil melihat-lihat. 

Dapur GG, berdiri 25 Februari tahun 2016, merupakan usaha kedua yang dijalani Adhitya setelah mengalami kebangkrutan di bisnisnya yang pertama. Semula Adhitya menjalankan bisnis game online, tetapi kesalahan manajemen dan musibah pencurian membuat usahanya habis dan meninggalkan kerugian yang cukup besar. Bermodalkan uang Rp 1 juta rupiah, dan tekad untuk membayar hutang, membuat Adhitya beserta istrinya Desti Vera, mencoba peruntungan dalam usaha ayam geprek yang sekarang sudah membuahkan hasil.

Tim Produksi Dapur GG
Obrolan saya dengan Adhitya kembali dilanjutkan usai dia mengantarkan karyawan baru ke ruang produksi. Kunjungan mentor menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan di Program 100 UMKM Naik Kelas Sinergitas ABCGM. Walaupun setiap pekan bertemu di kelas online, tetap saja, tatap muka diperlukan, termasuk juga kunjungan ke tempat usaha. Sebagai pendamping, saya mendapat banyak temuan saat berkunjung ke tempat usaha dampingannya. 

Setelah berdiskusi, ada beberapa hal yang masih harus diperbaiki dari usaha yang akan berulang tahun ketiga di Februari 2019 :
1. Pencatatan keuangan
Salah satu kelemahan pelaku usaha mikro kecil adalah di pencatatan keuangan. Tanpa pencatatan keuangan pelaku usaha tidak akan mendapat gambaran, apakah bisnisnya untung, impas atau rugi. Juga tidak dapat melakukan perencanaan yang berkaitan dengan keuangan.

2. Manajemen Produksi
Bisnis kuliner untungnya lumayan, tetapi perjuangannya juga tidak mudah. Setiap harinya dapur GG berproduksi pukul 10-18 dengan jam padat di waktu makan siang. Butuh manajemen waktu yang tepat untuk dapat menyiapkan pesanan sesuai permintaan customer. Tidak jarang Kang Adhit dan tim harus menyetop pesanan di jam padat tadi. SOP dapat menjadi salah satu cara untuk dapat menyajikan pesanan tepat waktu.

3. Manajemen SDM
Pemasaran bagus, produksi tepat, perlu sumberdaya manusia yang cakap. Tidak mudah untuk sebuah usaha baru mencari tenaga kerja yang sesuai harapan. Ini juga menjadi tantangan bagi Dapur GG untuk dapat menyiapkan SDM yang sesuai dengan target perusahaan. Perlu strategi yang tepat, sehingga dengan tercapai tim yang solid untuk dapat memenuhi target perusahaan.

4. Perijinan
Usaha makanan siap saji (kuliner) juga memerlukan perijinan. Berbeda dengan industri rumah tangga, maka di usaha kuliner ijin yang dibutuhkkan adalah sertifikat penyuluhan keamanan pangan dari Dinas Kesehatan, dan sertifikasi halal. Alhamdulilah, Dapur GG sedang dalam proses pengajuan sertifikasi halal melalui fasilitasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kedua sertifikasi ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen akan standarisasi pangan yang disajikan dari sisi kesehatan dan kehalalan.

5. Produk
Ayam geprek Dapur GG memiliki kekhasan di aneka sambal, dengan berbagai tingkat kepedasan. Bagi yang suka pedas, rasanya tidak akan mengecewakan. Dengan Rp 25.000 Kang Adhit menjual paket ayam geprek ditambah 1 gelas thai tea. Harga yang sangat pantas bagi konsumen. Sehingga saya menyarankan Kang Adhit untuk meninjau HPP. Jangan sampai rugi ya kang, harganya bersaing pisan. 


Tak terasa hari semakin siang, dan langitpun semakin mendung. Gerimispun turun, tepat saat saya menyelesaikan kunjungan ke Dapur GG. Jika saat datang dapur GG masih tampak kosong, di saat saya akan pulang, tampak beberapa akang ojol mulai berdatangan. Pantas Kang Adhit mengajukan jadwal pagi hari. Kalau siang hari, tentunya saya tidak ada waktu melakukan pendampingan.

Kang Adhit berencana akan memperluas pasar di tahun 2019. Salut dengan perjuangan dan semangatnya untuk naik kelas. Kang Adhit sudah membuktikan bahwa dengan upaya sungguh-sungguh dan mencari ilmu bisa kembali bangkit dari keterpurukan. Semoga semua materi dan pendampingan di UMKM Naik Kelas dapat membantu Kang Adhit mencapai mimpinya. Tentunya diikuti dengan penambahan omset, asset dan tenaga kerja. Dan pastinya juga memberi manfaat bagi lingkungan, termasuk akan ojol yang menjadi mitra Dapur GG untuk mengantarkan makanan pesanan para pelanggan. Keberadaan akang ojol sangat membantu Kang Adhit.



Bagi yang ingin mencicipi kelezatan ayam geprek Dapur GG dapat langsung pesan melalui aplikasi Go Food dan Grab Food, juga dapat mengunjungi akun instagram @dapurgg Dijamin, pedesnya nendang.


Sumber :
Dokumentasi pribadi

COMMENTS

BLOGGER: 12
  1. Nuhun ceu Meta. Terima kasih sharingnya. Ternyata usaha di dunia kuliner, byk untungnya tapi perjuangannya juga tidak mudah. Klo ke Bandung, kyanya boleh jg coba ayam gepreknya Dapur GG 😉

    BalasHapus
  2. Wih kerdn semangat perjuangannya luar biasa, bisa jadi inspirasi..

    BalasHapus
  3. Menginspirasi sekali cerita ayam geprek GG. Rasanya yang mantap dengan aneka level kepedasan bikin penasaran. Semoga makin sukses ayam geprek GG

    BalasHapus
  4. Kereeen! Sudah pernah bangkrut dalam jumlah besar tapi berusaha bangkit dan memulai kembali. Nggak semua orang bisa begini. Semoga usaha Ayam Geprek GG ini semakin laris manis dan tentunya membawa keberkahan, ya.

    Sambalnya kelihatan menantang banget, ya. Jadi pengen order, nih.

    BalasHapus
  5. Pagi-pagi liat ayam geprek dapur GG..lapeeeer

    Salut dengan Pak Adhit dan istri, saat bangkrut langsung bangkit lagi. Salut juga dengan Bu Mentor yang sabar sekali..Keren Mbak Meta!

    BalasHapus
  6. Wah suka menu ayam geprek nih...bener mb suatu usaha kudu jelas pencatatan kluar msuknya uang, istilahnya manajemennya kudu rapi ya...wah bisa jadi referensi tulisan mb. Mksh yaa...

    BalasHapus
  7. Wow, murmer banget, Mbak. Di sini harga segitu belum dapat minum. SO inspiratif ya, MBak. Pengin akutu bisnis kayak gini.

    BalasHapus
  8. Masya Allah, kuncinya jangan pernah menyerah ketika terjatuh. Segeralah bangkit untuk meraih kesuksesan yang lain. Sukses terus, ya Kang Adit

    BalasHapus
  9. Wah besok ke Bandung patut dicoba nih order ayam gepreknya

    BalasHapus
  10. Eh gimana sih biar bisa mewawancarai pemilik usaha gini, apa perlu ngajuin proposal dulu? Sy belum pernah kalau jalan sendiri, kecuali tugas blogger

    BalasHapus
  11. Kemasannya terlihat higienis dan menarik ya mbak.
    Selalu angkat topi, buat orang2 yg pernah gagal, tapi mampu bangkit dan terus berinovasi, walau dengan lilitan hutang yg ada.
    Mksh sdh berbagi ilmu inspirasi mbak.

    BalasHapus
  12. Salut deh dengan Bu Meta yang konsisten menjadi pendamping UMKM. Sayang ya saya jauh dari Bu Meta. Hihi. Pengen juga belajar bisnis ��

    BalasHapus

Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,1,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,46,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,11,Event blogger,21,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,48,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,68,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,29,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Inspirasi Usaha : Bangkit dari Keterpurukan dengan Usaha Ayam Geprek Dapur GG
Inspirasi Usaha : Bangkit dari Keterpurukan dengan Usaha Ayam Geprek Dapur GG
https://2.bp.blogspot.com/-aB4lOLtFKAE/XAYnGRK1XYI/AAAAAAAAFSA/8GHZ0iW_gRY0mV5PHcBK54GwCqDmC5Y3QCEwYBhgL/s320/Inspirasi%2BBisnis.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-aB4lOLtFKAE/XAYnGRK1XYI/AAAAAAAAFSA/8GHZ0iW_gRY0mV5PHcBK54GwCqDmC5Y3QCEwYBhgL/s72-c/Inspirasi%2BBisnis.jpg
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2018/12/inspirasi-usaha-bangkit-dari.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2018/12/inspirasi-usaha-bangkit-dari.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung