Mengenal Balangan, Kabupaten Termuda di Provinsi Kalimantan Selatan

Pekan lalu saya dapat tugas untuk melatih di Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan. Kabupaten yang berada di sebelah Timur Kota...



Pekan lalu saya dapat tugas untuk melatih di Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan. Kabupaten yang berada di sebelah Timur Kota Banjarmasin ini ternyata merupakan pemekaran dari Kabupaten Hulu Sungai Utara pada tahun 2004. Dengan wilayah seluas 1.878, 3 km2 dan terbagi pada 8 kecamatan, jumlah penduduknya hanya 121.318 jiwa. Kok hanya, ya iyalah dibanding Kota Bandung yang penduduknya sekitar 4 juta, belum ditambah urbaner seperti saya yang tinggal di Kabupaten dan beraktivitas di Kota Bandung. Saking sedikitnya jumlah penduduk, jalanan tidak  macet (itu mah pasti), dan relatif sepi.

Untuk mencapai Kabupaten Balangan, diperlukan waktu 4-5 jam dari Bandara Samsudin Noor Banjarbaru dengan menggunakan travel yang tersedia di seputaran Banjarbaru. Oh ya, alternatif transportasi lainnya adalah bis Jurusan Banjarmasin-Samarinda yang melewati Kabupaten Balangan. Sayangnya saya lupa tanya biaya transportasi, berhubung saya dijemput tim dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalsel.

Menuju Kabupaten Balangan, kita akan melewati 4 Kabupaten yaitu,  Kabupaten Banjar (Ibukota Martapura), Kabupaten Tapin (Ibukota Rantau), Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Ibukota Kandangan), dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Ibukota Barabai). Oh ya, yang suka  Ketupat Kandangan, bisa klik disini.

Kabupaten yang memiliki lambang buah cempedak ini potensinya tidak kalah. di sektor perkebunan ada karet, sektor pertanian ada cempedak dan waluh kuning, tambang batubara jadi salah satu penyumbang PAD, dan yang unik ada kerajinan tas dari bamban bambu rawa dan terek, sejenis rotan hutan.

Kabupaten Balangan berada di lereng pengunungan Meratus, yang masih memiliki hutan lindung yang alami dan dijaga oleh Suku Dayak yang berdiam di sana. Pegunungan Meratus menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi di Kabupaten Balangan. Bahkan ada air terjun yang sangat jernih. Sayang kemarin saya tidak sempat mampir.

Sebagai kabupaten termuda, Balangan lebih sepi dan sarananya masih terbatas. Penginapan yang tersedia adalah losmen, yang terdapat di Kecamatan Paringin. Kalau urusan perut, tersedia beragam mulai dari menu khas Banjar, makanan Jawa seperti baso, pecelan khas Lamongan hingga nasi Padang. Ada tempat yang cukup ramai di sekitar pasar Modern Balangan yang sepertinya merupakan pusat keramaian disana. Penduduk Kabupaten Balangan pun sangat beragam. Adanya daerah Trans yang menjadi tempat migrasi warga dari Jawa serta tambang batubara yang dikelola PT. Adaro menjadikan Balangan sebagai tempat mencari nafkah dan tinggal warga dari berbagai daerah di Indonesia.

Atas : Tas Bamban, Bawah : kiri, Mandai crispy dan sagu waluh Bawah kanan tas Terek
Oleh-oleh tidak usah khawatir. Ada olahan waluh dan mandai yang merupakan penganan khas Balangan.  Mandai adalah jerami cempedak yang diolah menjadi penganan. Sagu waluh dapat dibeli Rp 13.000, sedangkan Mandai crispy Rp 10.000 uk kecil dan @Rp 20.000 kemasan besar. Sedangkan kerajinan khas Balangan tersedia aneka tas dari Bamban dan Terek dengan harga mulai Rp 75.000.

Masih ingin berpetualang, tinggal melanjutkan perjalanan ke Amuntai ataupun Tanjung, salah satu kota tambang di Provinsi Kalsel. Pastinya jangan cari mall ya, karena tidak ada. Carilah sesuatu yang unik disana. Indonesia is dangerously beautiful. Ingin berpetualang ke hutan Kalimantan, Balangan bisa jadi pilihan.

#KabupatenBalangan #PegununganMeratus #Mandai #MandaiCrispy #AnyamanBamban

COMMENTS

BLOGGER: 5
  1. Replies
    1. Iya betul. Saya pas lihat saja langsung jatuh cinta. Sayang stoknya pas habis kalau mau pesan, nanti saya bantu.

      Delete
  2. mandai krispinya itu sepertinya yang enak..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Betul enak. Habya ada di Balangan. Kalau mau pesan bisa langsung ke yang buatnya. saya cek link nya.
      terima kasih sudah berkunjung.

      Delete

Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,14,Event blogger,23,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,93,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Mengenal Balangan, Kabupaten Termuda di Provinsi Kalimantan Selatan
Mengenal Balangan, Kabupaten Termuda di Provinsi Kalimantan Selatan
https://3.bp.blogspot.com/-_0d_36juyt0/V56zumG_T1I/AAAAAAAACBU/agN3tbtZQogRdOeQNZsAEe5pnP8pXx15QCLcB/s400/CYMERA_20160801_090634.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-_0d_36juyt0/V56zumG_T1I/AAAAAAAACBU/agN3tbtZQogRdOeQNZsAEe5pnP8pXx15QCLcB/s72-c/CYMERA_20160801_090634.jpg
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2016/07/mengenal-balangan-kabupaten-termuda-di.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2016/07/mengenal-balangan-kabupaten-termuda-di.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung