Berburu Soto Banjar Di Tempat Asalnya

Soto merupakan salah satu menu kesukaan saya. Entah itu soto Bandung, soto Madura, soto Padang, termasuk soto Banjar. Hari selasa lalu, s...


Soto merupakan salah satu menu kesukaan saya. Entah itu soto Bandung, soto Madura, soto Padang, termasuk soto Banjar. Hari selasa lalu, saya mendapat tugas memberi pelatihan cara produksi pangan olahan yang baik bagi imdustri kecil menengah di Provinsi Kalimantan Selatan. Dan tetiba, saya jadi rindu Soto Banjar.

 Terdapat beberapa kedai soto di Kota Banjarmasin, dan saya diajak ke Soto Banjar Bang Amat yang berada di daerah Banu Anyar Kota Banjarmasin atau dikenal juga soto bawah jembatan. Menuju kedai Soto Bang Amat tidak bisa dijangkau dengan kendaraan umum, sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi atau taksi.

Kedai
soto Banjar Bang Amat yang berdiri tahun 2003 memang berbeda dengan yang lain, letaknya yang berada  karena berada di pinggir Sungai Martapura memberikan suasana berbeda. Selain itu, setiap hari pengunjung disuguhi alunan musik dari beberapa kelompok. Nah hari ini giliran kelompok pemusik melayu yang tampil. Kelompok pemusik dengan pakaian khas Banjar sebanyak 5 orang beraksi. Lagu yang dilantunkan adalah lagu melayu, menambah suasana makan siang itu.

   
Menu yang dijual di kedai Bang Amat adalah sop/soto banjar, serta sate. Terdapat 4 pilihan menu sop/soto yaitu biasa dan spesial dengan porsi penuh atau separuh. Harga sop/soto biasa mulai dati Rp 17.000, dan sop/soto spesial mulai dari Rp 27.000,- sedangkan satu porsi sate sebanyak sepuluh tusuk dihargai Rp 15.000. Menu minuman yang tersedia adalah teh, air jeruk serta aneka jus, mulai dari Rp 3.000 per gelas. Sop/soto biasa dilengkapi suiran daging ayam dan irisan telur, sedangkan sop/soto spesial dilengkapi potongan paha ayam dan sebutir telur itik.

Oh ya, lalu apa yang membedakan sop dan soto? Sop menggunakan nasi,xsedangkan soto menggunakan ketupat atau lontong. Bagi yang belum pernah makan soto banjar, rasanya sangat berbeda dengan soto di Jawa. Perbedaannya yang pertama : 1. Kuah kental yang berasal dari kaldu ayam dengan citarasa yang cenderung manis, 2. Penggunaan telor itik untuk pelengkap, 3. Perkedel yang digunakan sebagai pelengkap adalah perkedel singkong.

Menikmati soto banjar tak lengkap tanpa perasan jeruk nipis dan tambahan sambal. Musim hujan yang turun akhir-akhir ini menjadi terasa hangat dengan ditemani semangkuk soto banjar.

 Mumpung di Banjarmasin, saya jadi penasaran resep soto Banjar. Ternyata menurut beberapa rekan, soto Banjar terdapat dua versi, yaitu menggunakan susu dan tanpa susu. Umumnya soto yang dijual di pasaran tanpa susu. Nah berikut resepnya Soto Banjar tanpa susu.

 Soto Banjar

Bahan :

 1 ekor Ayam kampung.
 2,5 liter air

10 butir bawang merah , haluskan
5 butir bawang putih, haluskan.
1 ibu jari jahe, dimemarkan

5 butir cengkeh
1 cm kayu manis
1/2 sdt adas manis
1/2 sdt jinten
 3 butir kapolaga
1 sdt merica bubuk
1 sdm garam

pelengkap :
lontong
 Soun putih,
 perkedel singkong

Telur itik rebus,
bawang goreng,
jeruk nipis dan sambal

Cara membuat :
 1. Rebus ayam dengan api kecil sampai lunak.
2. Tumis bumbu sampai harum
3. Masukkan bumbu dalam kaldu 
4. Potong- potong ayam, dan suir dagingnya
5. Siapkan pelengkap dalam mangkuk kecuali sambal dan jeruk nipis.
6. Siram dengan kaldu, beri irisan jetuk nipis dan sambal

  7. Lalu sajikan

Untuk : 5 porsi






















































COMMENTS

BLOGGER: 2
  1. Aiiih jadi bikin soto banjar, makasiiih...nice sharing-nya :)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, sama-sama bunda. Semoga sukses Soto Banjarnya 😊.

    ReplyDelete

Name

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik,1,5 Tips Kendalikan Bobot Badan,1,Amazing Purwakarta,1,Batik Lasem,2,Bebiluck,1,Berkebun,9,Bihun bikini,1,blog competition,9,Catatan Kecil,63,Catatan Kecil kuliner,1,Catatan Kecil. kuliner,1,Cerita Lebaran Asyik,1,Dakwah,2,Entrepeneurship,14,Event blogger,23,EventBlogger,1,Fiksi,3,Garih Batanak,1,Gili Trawangan,1,Giveaway Vivera Siregar,1,Hotel di Sukabumi,1,IOT,1,Juli Ngeblog,1,Kabupaten Balangan,1,kelas inspirasi 5 Bandung,1,Ketupat Kandangan,1,kompetisi blog,4,Kuliner,51,live with Xl,1,lomba blog,1,makanan halal,1,manfaat buah,1,Menu Sehat,2,Mochi Sukabumi,1,Mudik Lebaran 2016,1,Night at Musium,1,Pegadaian Emas,1,pengurusan ijin PIRT,1,perencanaan keuangan,1,perjalanan umroh,4,Petualangan Cahya,1,Rekening Online Bank SInarmas,1,Resep,2,Resep Churros,1,review film,1,Review Hotel,1,Review Produk,2,Roadblog 2016,2,Seputar Bisnis,93,Seputar Blog,1,Seputar Hidroponik,2,Seputar Rhamadlan,2,Siomay Bandung,1,Sirsak,1,sun Life financial,1,tax amnesty,1,Teknologi Pertanian,1,Tips Liburan,1,Tips Mudik Anti Macet,1,Travelling,30,Traveloka,1,warung sayur pintar,1,Weekend Seru,1,Wisata Murah Saat Lebaran,1,
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Berburu Soto Banjar Di Tempat Asalnya
Berburu Soto Banjar Di Tempat Asalnya
https://3.bp.blogspot.com/-ybhfLXEysU4/VsQzt5Ze4WI/AAAAAAAABhY/v2orZE5lZtQ/s320/IMG_20160216_120653.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-ybhfLXEysU4/VsQzt5Ze4WI/AAAAAAAABhY/v2orZE5lZtQ/s72-c/IMG_20160216_120653.jpg
Kebun Ceu Meta
https://www.ceumeta.com/2016/02/berburu-soto-banjar-di-tempat-asalnya.html
https://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2016/02/berburu-soto-banjar-di-tempat-asalnya.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
Maintenance by Hakimtea | Blogger Bandung