Bubur Manado, Menu Sepinggan Sarat Gizi

Kadang kita bingung ingin sarapan apa. Nasi goreng, mie goreng, atau roti bakar coklat keju, kok radanya berat untuk usia 40-an. Tubu...


Kadang kita

bingung ingin sarapan apa. Nasi goreng, mie goreng, atau roti bakar coklat keju, kok radanya berat untuk usia 40-an. Tubuh rasanya butuh sesuatu yang lebih ringan, sayur bisa jadi pilihan. Diantara sekian banyak menu yang ada, bubur menado yang punya nama lain tinutuan bisa jadi alternatif. Sejak mengenalnya, menu satu ini jadi salah satu menu favorit.

Kegiatan berkebun yang saya lakukan, kadang memberikan hasil panen yang cukup banyak. Terlebih di awal-awal, kami menanam beragam jenis tanaman. Mulai dari tomat, bayam, kangkung, sawi, pakcoy hingga labu, dan pare. Walhasil saya kehabisan ide mengolah makanan, dan bubur  menado kembali jadi pilihan.


 Merujuk pada resep aslinya, terdapat beberapa jenis sayuran yang dugunakan dalam pembuatan menado, antara lain labu kuning, daun singkong,  bayam, kangkung, jagung, dan kemangi. Jika melihat bahan- bahan yang digunakan, kandungan yang terdapat pada sepiring bubur menado secara kasat mata adalah karbohidrat, dari beras, labu kuning dan jagung, protein dari daun singkong dan beraneka vitamin dan serat dari hampir seluruh bahan yang digunakan. Umumnya mengkonsumsi bubur manado seringkali disertai ikan dan sambal. Sehingga penggunaan ikan dapat menambah rasa dan protein tentunya, sedangkan sambal memberikan tambahan vitamin dan mineral.

 Resep Bubur Manado yang saya gunakan adalah sebagai berikut :
 Bahan-bahan:

 1 cangkir beras
1 buah jagung manis
1 buah ubi kuning  atau satu potong labu kuning seberat 200 gram.
5  Buah kacang panjang
1 ikat kangkung
1  ikat daun kemangi
1,5 liter air

 Pelengkap :
 Teri atau ikan asin yang sudah digoreng atau bisa diganti ikan kembung bakar
 Bahan sambal dabu-dabu :
1 buah tomat
5 siung bawang merah
3-5 cabe rawit
 1 buah jeruk nipis.
 garam secukupnya
Satu sendok makan minyak kelapa atau zaitun

Cara membuatnya :
1. bubur, beras dengan air menjadi bubur, kurang lebih 30 menit
2. Siapkan bahan lainnya, antara lain :

Kupas labu atau ubi kuning, potong-potong dengan ukuran 2x2 cm..
 Potong-potong kacang panjang sepanjang 2-3 cm
Petik kangkung dan daun kemangi, sisihkan
Sisir jagung, sisihkan
3. Masukkan sayur mulai dari ubi. Setelah ubi matang, kemudian masukkan jagung manis, kacang panjang, kangkung dan kemangi. Aduk rata dan angkat.
siapkan  Kangkung dan kemangi tidak petlu dimasak lama supaya kandungan vitamin tidak banyak berkurang.

 sambal dabu-dabu, cara membuatnya :
1.iris bawang merah dan cabe rawit, potong tomat berbentuk kotak kecil, simpan dalam wadah atau mangkuk
2. Tambahkan garam, jeruk nipis dan minyak dalam wadah beusi irisan bawang merah, tomat dan cabenrawit

 Cara menghidangkan :
Tuangkan 2 sendok sayur bubur dalam piring, tambahkan ikan dan sambal. Nikmati selagi hangat. Rasa asin dan manis yang dirasakan adalah rasa asli dari sayur dan ikan. Penambahan sambal akan menambah selera makan. 
Resep : 5 porsi


Sarapan akan lebih lengkap ditemani segelas jus sayur. Kalau meminjam ucapan Dr David dari Df Klinik, segelas jus sayur yang diolah secara slow juice, setara dengan konsumsi 200 gram sayur.  Terbayang rasanya  kalau harus mengunyah 200 gram sayur mentah.


Menu jus sayur favorit saya adalah jus apel bayam da jus sawi nenas. Bayam yang merupakan king of vegetable mengandung zat besi yang tinggi sehingga lebih baik dikonsumsi mentah. Karena bayam saat dimasak tidak boleh dihangatkan kembali, karena zat besi akan betubah menjadi nitrit. Penambahan apel akan memberi rasa segar pada jus dan tambahan vitamin C. Saya lebih suka menggunakan apel malang karena asli Indonesia dan tanpa dibungkus liin. Jadi lebih sehat. Untuk bayam, saya pilih yang ditanam di halaman atau membeli bayam organik, kenapa? Karena saya mengkonsumsi bayam mentah tanpa dimasak, kalau yang digunakan bayam yang disemprot pestisida bisa jadi masih ada residu yang tertinggal.

 Sebenarnya konsumsi sayur lebih baik mentah karena enzim akan rusak pada suhu diatas 40 derajat celcius. Jadi jangan harap akan dapat enzim di bubur manado, dan sebagai gantinya, jus sayur dapat memberi asupan enzim.  Bubur manado walau tidak mengandung enzim, masih membrri asupan serat dan vitamin.

Menu sarapan ini bukan hanya saya konsumsi tapi untuk sekeluarga, termasuk anak-anak. Awalnya mereka sempat gtm (gerakan tutup mulut) tapi alhamdulillah lama-lama mau juga. Karena sebenarnya sayuran itu enak, dengan caratan jangan tambah garam, gula apalagi msg. Rasakan sensasi rasa dari setiap jenis sayur yang kita makan, maka ada rasa berbeda yang akan membuat kita ketagihan.

 #Healthyfood #FoodBlogger #MakananSehat #SlowJuice #BuburManado,#SayurOrgan

COMMENTS


Maintenance by Hakimtea
Nama

4 manfaat membeli oleh-oleh saat mudik 5 Tips Kendalikan Bobot Badan Amazing Purwakarta Batik Lasem Bebiluck Berkebun Bihun bikini Catatan Kecil Cerita Lebaran Asyik Dakwah Entrepeneurship Event blogger EventBlogger Fiksi Garih Batanak Gili Trawangan Giveaway Vivera Siregar Hotel di Sukabumi Hut 69 Koperasi Indonesia IOT Juli Ngeblog Kabupaten Balangan kelas inspirasi 5 Bandung Ketupat Kandangan Kuliner live with Xl makanan halal manfaat buah Mochi Sukabumi Mudik Lebaran 2016 Night at Musium Pegadaian Emas pengurusan ijin PIRT perencanaan keuangan Petualangan Cahya Rekening Online Bank SInarmas Resep Resep Churros Roadblog 2016 Seputar Bisnis Seputar Blog Seputar Hidroponik Siomay Bandung Sirsak sun Life financial tax amnesty Teknologi Pertanian Tips Liburan Tips Mudik Anti Macet Travelling Traveloka warung sayur pintar Weekend Seru Wisata Murah Saat Lebaran
false
ltr
item
Kebun Ceu Meta: Bubur Manado, Menu Sepinggan Sarat Gizi
Bubur Manado, Menu Sepinggan Sarat Gizi
https://1.bp.blogspot.com/-TCRt2Vq38tc/VtVsLZgQbhI/AAAAAAAABlA/5xOsv1sET9E/s320/IMG_20150920_073850.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-TCRt2Vq38tc/VtVsLZgQbhI/AAAAAAAABlA/5xOsv1sET9E/s72-c/IMG_20150920_073850.jpg
Kebun Ceu Meta
http://www.ceumeta.com/2016/03/bubur-manado-menu-sepinggan-sarat-gizi.html
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/
http://www.ceumeta.com/2016/03/bubur-manado-menu-sepinggan-sarat-gizi.html
true
2985580080768164105
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy